eye makeup remover

7 Rekomendasi Eye Makeup Remover Terbaik Tahun 2020

Banyak pecinta makeup yang memfokuskan pada riasan daerah mata agar menghasilkan riasan mata yang dramatis dan indah. Contohnya riasan smokey eye pada eyeshadow, cat eye untuk eyelinernya, dan dilengkapi alis yang bold. Namun, kita harus hati-hati dalam membersihkan daerah mata karena bagian itu sangat lembut. Kita pun tidak boleh sembarangan menggunakan eye makeup remover untuk membersihkannya.

Oleh karena itu, banyak brand kosmetik yang mengeluarkan produk khusus untuk membersihkan mata atau yang sering disebut sebagai eye makeup remover. Di artikel ini kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih eye makeup remover yang baik dan memperkenalkan produk-produk rekomendasi kami.

Manfaat eye makeup remover

Eye makeup remover diciptakan karena makeup remover untuk wajah saja tidak cukup lembut untuk daerah mata. Meski begitu, masih banyak orang yang menggunakan makeup remover biasa untuk daerah mata. Untuk itu, kami akan memberikan alasan mengapa Anda harus menggunakan eye makeup remover.

Kulit di sekitar mata sangatlah sensitif

eye makeup remover

Banyak wanita yang merias mata dengan full makeup, seperti menggunakan produk eyeshadowbase, maskara, maupun eyeliner. Produk seperti maskara dan eyeliner pun biasanya bersifat waterproof yang berarti akan susah dihapus. Bahkan, beberapa dari Anda akan menggosok-gosokkan mata dengan kasar saat menghapusnya. Faktanya, hal tersebut justru dapat merusak mata Anda. Kulit di sekitar mata merupakan kulit yang tipis, sehingga mudah terbentuk kerutan. Selain itu, jika Anda tidak membersihkan sisa-sisamakeup dengan bersih, bintik-bintik di sekitar mata akan muncul.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan produk makeup remover khusus untuk mata sehingga Anda dapat lebih mudah membersihkan riasan mata.

Gunakan eye makeup remover hanya untuk mata

eye makeup remover

Kandungan eye makeup remover lebih kuat dibandingkan dengan makeup remover biasa. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan sentuhkan produk eye makeup remover yang Anda pakai dengan area lain selain mata. Lebih baik jika Anda membersihkan daerah mata terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat membersihkan makeup di wajah Anda dengan makeup remover yang lain.

Cara memilih eye makeup remover

1. Pilih tipe eye makeup remover

eye makeup remover

Eye makeup remover memiliki beberapa tipe, seperti wiping typesheet type, dan mascara type.

Wiping type adalah tipe eye makeup remover yang diusap menggunakan kapas. Caranya adalah dengan menuang produk tersebut pada kapas, lalu diusap dengan perlahan ke daerah mata. Tipe ini merupakan tipe yang paling banyak dijual di pasaran.

Sheet type merupakan tipe eye makeup remover yang berbentuk seperti tisu atau lembaran yang basah. Produk eye makeup remover sudah terkandung di dalam tisu basah tersebut. Anda hanya perlu mengambil satu lembar dan mengusapkannya ke daerah mata. Sheet type ini sangat praktis jika dibawa bepergian karena sangat mudah digunakan kapanpun tanpa tumpah.

Mascara type adalah jenis eye makeup remover yang menyerupai spoolie maskara. Jenis ini sangat mudah digunakan untuk menghapus maskara, apalagi maskara yang berformula waterproofMascara type juga dapat membersihkan maskara lebih bersih dibanding tipe lainnya.

Anda dapat memilih tipe manapun sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menyukai makeup mata yang terfokus pada maskara, mascara type mungkin akan lebih tepat dibanding dengan tipe yang lain. Jika Anda sedang bepergian, sheet type merupakan tipe yang paling praktis untuk digunakan.

2. Pilih produk dengan bahan yang ramah di kulit

eye makeup remover

Eye makeup remover memiliki kandungan yang lebih kuat dari makeup remover biasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Beberapa produk dapat membuat mata Anda kering, atau bahkan berminyak.

Sebelum membeli produk eye makeup remover, Anda harus mengetahui apakah produk tersebut sesuai dengan jenis kulit di daerah mata Anda atau tidak. Untuk kulit sekitar mata yang kering, lebih baik gunakan produk yang mengandung pelembab. Sedangkan untuk yang berminyak, lebih baik menggunakan produk yang tidak mengandung minyak.

3. Sadar akan kandungan bahan pembuat iritasi

eye makeup remover

Beberapa orang memiliki sensitivitas terhadap kandungan tertentu yang ada di dalam kosmetik. Contohnya adalah alkohol. Alkohol dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering karena mengurangi kelembaban yang ada di dalam kulit. Selain alkohol, kandungan lain seperti sodium lauryl ether sulfate yang dapat membuat kulit kita iritasi. Kandungan-kandungan tersebut sebaiknya dihindari.

Jika Anda sensitif terhadap wewangian, Anda dapat memilih produk eye makeup removeryang tidak memiliki fragrance di dalamnya. Namun, jika Anda tidak mengalami masalah apapun terhadap kandungan-kandungan tersebut, Anda dapat tetap menggunakan produk tersebut.

4. Gunakan merek yang sama dengan riasan mata

eye makeup remover

Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan eye makeup remover dari merek yang sama dengan riasan mata Anda. Biasanya merek yang sama memiliki formula yang mirip sehingga akan meminimalisir resiko kerusakan kulit. Jika Anda masih ragu mana eye makeup remover yang cocok untuk Anda, membeli merek yang sama dengan riasan mata Anda adalah pilihan terbaik.

5. Bagi pengguna eyelash extension, gunakan pembersih bebas minyak

eye makeup remover

Bulu mata dengan eyelash extension memang memerlukan perawatan yang lebih detail. Apalagi, dalam menghapus riasan wajah. Anda harus ekstra hati-hati agar bulu mata tambahan tersebut tidak rontok. Agar eyelash extension dapat bertahan lama, gunakan pembersih yang tidak mengandung minyak. Lem yang digunakan pada eyelash extensionbiasanya cepat luruh jika terkena minyak. Jadi, jika Anda ingin eyelash extension Anda tetap indah dan awet, hindarilah produk dengan bahan kandungan minyak.

7 Rekomendasi eye makeup remover terbaik

7. Etude House Lip & Eye Remover

eye makeup remover

Lihat produk ini di Shopee

Rp. 65.000

Penghapus riasan mata yang lembut dan ringan

Eye makeup remover ini memiliki formulasi yang ringan. Tidak hanya dapat digunakan untuk menghapus riasan di mata, tetapi juga untuk bibir. Produk ini aman untuk daerah mata dan bibir yang sensitif. Meskipun formulanya ringan, produk ini mampu mengankat riasan berat sekalipun hingga bersih.

Produk eye makeup remover dari merek asal Korea ini dikemas dalam kemasan botol kecil yang mudah dibawa ke mana-mana. Cara pemakaiannya pun mudah, Anda tinggal menggunakan kapas atau tisu sebagai media pembersihnya. Produk ini paling cocok dipakai untuk Anda yang memiliki kulit normal hingga kulit kering.

6. Wardah EyeXpert Eye Makeup Remover

eye makeup remover

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 21.200

Mengandung dual action formula

Eye makeup remover ini mengandung dual action formula yang dapat mengangkat riasan mata yang waterproof sekalipun. Selain itu, produk ini juga dapat membersihkan riasan di mata tanpa menyisakan rasa berminyak setelah menggunakannya. Produk ini tidak mengandung alkohol, cocok sekali bila Anda ingin produk yang jelas kehalalannya.

Produk dari Wardah ini juga dapat melembapkan kulit, lho! Tersedia 2 ukuran, 50 ml dan 100 ml dengan harga yang cukup terjangkau. Kocok dahulu kemasannya sebelum gunakan. Anda cukup menuangkannya pada kapas, lalu mengusapkannya dengan lembut ke area sekitar mata. Riasan pun hilang dalam sekejap.

5. Pixy Eye & Lip Makeup Remover

eye makeup remover

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 21.500

Mengandung natural honey yang tidak menyebabkan kulit kering

Produk dari Pixy ini sesuai untuk daerah mata dan bibir yang sensitif karena tidak mengandung alkohol. Keunggulannya adalah mengandung natural honey, sehingga tidak akan membuat kulit menjadi kering meskipun Anda menggunakannya berulang kali. Mata dan bibir Anda pun jadi tetap lembab setelah dibersihkan dari makeup.

Produk ini juga mampu mengangkat waterproof makeup. Harga Pixy Eye & Lip Makeup Remover ini juga tidak membuat kantong kempis. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan kulit normal. Cara penggunaannya sangat mudah, tuangkan produk secukupnya ke kapas lalu usap dengan perlahan ke mata atau bibir.

4. Maybelline Clean Express Eye & Lip Makeup Remover

eye makeup remover

Lihat produk ini di Shopee

Rp. 45.000

Mampu membersihkan waterproof  makeup dengan cepat

Produk ini diformulasikan khusus untuk membersihkan riasan mata yang tebal dengan satu kali usap. Anda juga bisa tenang karena produk ini tidak akan membuat mata pedih. Produk ini juga lembut dan ringan. Untuk Anda yang berkulit sensitif, tidak perlu khawatir karena produk ini telah diuji secara dermatologis dapat mencegah timbulnya alergi pada kulit.

Tidak hanya untuk riasan mata saja, produk ini juga dapat digunakan untuk mengangkat riasan di bibir seperti bekas lipstik. Produk ini cocok untuk segala jenis kulit dan direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Hanya dengan mengocok ringan satu kali saja, kedua cairan yang terpisah di dalam produk akan dapat menyatu dengan sempurna.

3. La Tulipe Eye Makeup Remover

eye makeup remover

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 22.000

Bebas zat pewarna dan dapat menumbuhkan bulu mata

Produk eye makeup remover dari merek lokal ini memiliki formula yang lembut dan juga tidak lengket. Produknya juga tidak mengandung zat pewarna, sehingga sudah pasti aman untuk semua jenis kulit. Uniknya, selain ampuh mengangkat sisa-sisa makeup, produk ini juga dapat membantu menumbuhkan dan melentikkan bulu mata.

Produk ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. Berbeda dengan produk makeup remover biasa, Anda tidak perlu mengocok produk ini, cukup tuangkan produk ke kapas, lalu usapkan ke daerah mata dengan perlahan hingga bersih. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit berminyak sekalipun! Ini berkat formulanya yang tidak lengket di kulit.

2. NIVEA Daily Essentials Double Effect Eye Make-up Remover

eye makeup remover

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 50.000

Menghilangkan maskara waterproof dengan cepat

Menghapus maskara memang butuh perjuangan. Kita harus benar-benar membersihkannya agar kulit dan bulu mata tetap sehat terawat. Dengan NIVEA Daily Essentials Double Effect Eye Make-up Remover ini, Anda bisa dengan mudah membersihkan maskara bahkan yang waterproof  sekalipun. Selain itu, produk ini akan melindungi bulu mata Anda dari kerusakan.

Produk ini juga dapat melembapkan area mata sehingga mata tetap segar setelah dibersihkan. Dengan harga yang cukup terjangkau, produk ini cocok untuk semua jenis kulit. Produk ini juga aman digunakan untuk kulit yang sensitif karena formulanya lembut.

1. Laneige Lip & Eye Remover Waterproof

eye makeup remover

Lihat produk ini di Bukalapak

Rp. 20.000

Dengan kandungan aloe vera dan chamomile yang merawat kulit

Seperti yang terlihat pada namanya, produk ini tidak hanya bisa digunakan pada area mata saja, tetapi juga efektif digunakan untuk membersihkan sisa makeup pada bibir. Produk ini tidak hanya mengangkat sisa-sisa makeup sampai bersih, tetapi juga merawat kulit.

Dengan ekstrak aloe vera dan ekstrak chamomile, kulit Anda akan tetap lembap tanpa membuatnya jadi berminyak setelah pemakaian produk. Kandungan-kandungan lain dari produk ini juga aman dan tidak membuat iritasi di mata. Jadi, aman juga untuk digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Kesimpulan

Mata merupakan bagian sensitif jadi kita perlu merawatnya dengan baik. Apalagi, jika kulit sekitar mata kita sering ditutup dengan makeup. Maka dari itu, perlu produk khusus mata untuk membersihkannya.

Eye makeup remover merupakan produk yang diformulasikan khusus untuk mata. Akan tetapi, tidak semua produk cocok dengan kulit Anda. Jangan lupa untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar terhindar dari masalah kulit. Semoga artikel ini membantu, ya!

Sumber

Share your thoughts