sabun jerawat terbaik

7 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik Untuk Kulit Berjerawat Tahun 2020

Banyak dari kita sering sebal karena jerawat yang tak kunjung hilang. Semua orang pasti pernah berjerawat, baik ketika remaja maupun setelah menginjak usia dewasa. Tidak hanya perempuan, laki-laki pun ada yang mudah jerawatan. Sudah banyak produk sabun untuk kulit berjerawat yang beredar di masyarakat, namun mencari sabun jerawat terbaik untuk diri sendiri tidak semudah mencari produk-produk yang telah beredar tersebut.

Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk mana yang bagus untuk menghilangkan jerawat. Theraskin, Pond’s, Acnes, Mineral Botanica, dan lain-lain. Ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Mari kita cek satu persatu!

Cara memilih sabun muka untuk kulit berjerawat

Pertama-tama, kita akan mengulas bagaimana cara memilih sabun jerawat terbaik yang cocok untuk kulit berjerawat. Poin yang akan kita bahas adalah tentang jenis jerawat, jenis kulit, dan jenis sabun muka.

Pilihlah berdasarkan jenis jerawat

Ada 3 tipe jerawat yaitu jerawat dewasa, jerawat remaja, dan jerawat laki-laki. Jerawat bisa muncul karena berbagai macam sebab, dan cara penanggulangannya pun juga berbeda.  Pertama-tama, mari kita cek tipe jerawat Anda!

Jerawat dewasa

jerawat dewasa

Dari namanya saja, kita bisa langsung tahu ini adalah jenis jerawat yang terjadi setelah kita dewasa. Jerawat ini sering muncul di bagian dagu, bagian depan wajah, garis wajah, dan penyebabnya pun beragam. Umumnya, jerawat tipe ini muncul karena kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, maupun karena pengaruh hormon.

Selain itu, penyumbatan kotoran di pori-pori juga menjadi salah satu penyebabnya. Pola hidup yang tidak teratur juga dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Untuk itu, pilihlah sabun jerawat terbaik yang dapat membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori. Karena kemungkinan jerawat tipe ini bisa muncul kembali, maka kita harus memperbaiki pola hidup kita.

Jerawat remaja

jerawat remaja

Jerawat remaja adalah jerawat yang sering terjadi di usia belasan, di mana sering muncul di bagian dahi dan pipi. Kelebihan sekresi sebum menjadi penyebab utamanya. Hal ini dipengaruhi oleh hormon, itulah sebabnya mengapa jerawat sering muncul di area T wajah.

Ketika sekresi sebum ini bertambah banyak, bakteri penyebab jerawat pun berkembang biak dan akan terus bertambah parah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya iritasi. Untuk itu, akan lebih baik jika kita dapat menekan perkembangbiakan bakteri dengan cara mengeluarkan sekresi sebum tersebut. Oleh karena itu, pemilihan sabun jerawat terbaik untuk kulit kita merupakan kunci yang penting.

Jerawat laki-laki

jerawat laki-laki

Jerawat laki-laki adalah jerawat yang sering terlihat pada daerah rahang hingga leher. Selain akibat mencukur dan stres, jerawat ini juga disebabkan oleh sekresi berlebihan akibat pengaruh hormon.

Kondisi wajah yang kering juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat ini. Kebanyakan laki-laki tidak menggunakan pelembap sesudah mencuci muka sehingga wajah menjadi kering. Untuk melindungi kulit, sebum muncul ke permukaan, dan inilah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Sama halnya dengan jerawat remaja, jerawat laki-laki juga sering menimbulkan iritasi. Karena itu, pilihlah sabun jerawat terbaik yang bisa menekan iritasi pada wajah. Lakukanlah perawatan dengan memberikan toner sesudah mencuci muka sehingga kulit wajah Anda tidak kering.

Pilihlah sesuai dengan jenis kulit Anda

sabun jerawat terbaik

Ada 4 jenis kulit yaitu kulit berminyak, kulit kering, kulit campuran, dan kulit sensitif.

Kulit berminyak ditandai dengan wajah yang berminyak dan tampak licin, terutama di area T seperti hidung, pipi, dan dagu. Untuk jenis kulit ini, diperlukan pembersih wajah yang cukup kuat untuk membersihkan kulit secara menyeluruh.

Kulit kering cenderung mudah menjadi kering kembali meskipun sudah menggunakan pelembap wajah. Gunakanlah sabun muka yang juga berfungsi sebagai pelembap.

Kulit campuran adalah perpaduan antara jenis kulit kering dan jenis kulit berminyak. Karena kualitas kulit orang berbeda-beda, ada banyak orang khawatir akan hal ini. Namun, sesungguhnya menggunakan sabun muka biasa pun tak masalah, asalkan sesudah itu Anda tidak lupa untuk mengoleskan lotion atau pelembap wajah sesudah mencuci muka.

Selanjutnya adalah jenis kulit sensitif. Mencari produk sabun jerawat terbaik yang pas untuk kulit yang sering bermasalah bukanlah hal yang mudah. Untuk jenis kulit ini, akan lebih aman jika kita menggunakan produk yang tidak mengandung bahan pengawet. Cobalah untuk menggunakannya!

Memilih berdasarkan jenis sabun muka

Secara garis besar, sabun muka terbagi menjadi 3 jenis yaitu: sabun batangan, sabun cair, dan sabun bubuk. Karena ketiga jenis sabun ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka berhati-hatilah dalam memilihnya!

Sabun batangan, memiliki kemampuan membersihkan yang kuat

sabun jerawat terbaik

Kelebihan dari sabun batangan adalah kemampuan membersihkannya yang kuat. Karena sabun ini dapat mengeluarkan busa, selesai mencuci wajah, Anda akan merasa segar. Berbeda dengan sabun cair, sabun batangan sangat baik untuk kulit karena tidak mengandung bahan kimia maupun bahan sintetis lainnya. Sabun ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan jenis kulit sensitif. Namun, sabun ini kurang pas untuk jenis kulit kering karena dapat membuat kulit wajah Anda menjadi semakin kering.

Sabun cair, mudah berbusa dan nyaman digunakan

sabun jerawat terbaik

Sabun muka yang paling umum adalah sabun cair. Keunggulan dari jenis sabun ini adalah harganya yang murah, serta mudah mengeluarkan busa. Karena sabun ini mengandung bahan yang dapat melembapkan kulit, Anda akan merasa nyaman sesudah mencuci muka. Sabun ini cocok untuk kulit kering maupun kulit kulit campuran.

Namun, karena jenis sabun muka ini mengandung bahan surfaktan, serta berbagai macam bahan pengawet lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan membersihkan serta melembapkan, produk ini kurang direkomendasikan untuk jenis kulit sensitif. Meskipun sabun muka yang lembut serta mudah mengeluarkan busa nyaman untuk digunakan, untuk Anda yang berkulit sensitif pilihlah produk yang tidak mengandung bahan pengawet.

7 Rekomendasi sabun jerawat terbaik untuk mengatasi kulit berjerawat

Berikut adalah 7 rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda!

7. Acnes

sabun jerawat terbaik

Lihat produk ini di Shopee

Rp. 21.500

Krim pembersih untuk membasmi jerawat

Acnes Creamy Wash mengandung Vitamin C dan E sebagai antioksidan yang mampu melindungi wajah dari radikal bebas dan melembutkan kulit wajah Anda. Selain itu produk ini mengandung salicylic acid yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat serta mengurangi peradangan(kemerahan) pada kulit wajah akibat jerawat. Produk ini diklaim mampu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

6. Ponds Acne Solution

sabun jerawat terbaik

Lihat produk ini di Lazada

Rp. 21.500

Jerawat bersih dengan teknologi unik lock + clear technology

Anda bisa mendapatkan wajah bersih karena produsen mengklaim bahwa jerawat Anda akan berkurang dalam 3 hari*. Produk ini mengandung Active Thymo-T Essence, Pond’s Acne Solution menggunakan teknologi unik Lock + Clear Technology untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat langsung pada sumbernya.

5. JF Sulfur

sabun jerawat terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 9.200

Sabun jerawat dengan triple action untuk membersihkan jerawat Anda dengan tuntas

JF sulfur acne care / anti acne skin care soap diformulasikan oleh dokter kulit untuk kulit berjerawat dengan triple action yaitu membersihkan kulit yang berjerawat, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi kelebihan minyak. Sabun ini mengandung sulfur dan zat aktif alami, sehingga dapat merawat kulit kering dengan pemakaian teratur.

4. Royalty Cleansing Soap

sabun jerawat terbaik

Lihat produk ini di Bukalapak

Rp. 150.000

Sabun pembersih yang cocok untuk kulit sensitif

Sabun pembersih wajah yang terbuat dari bahan alami seperti, Phoyto Cell Tech, PCT Mallus Domestica. Dan produk ini cocok digunakan untuk kulit yang sensitif. Produsen mengklaim bahwa produk ini telah terdaftar di BPOM sehingga aman digunakan.

Kegunaan produk ini antara lain mengangkat semua kotoran yang ada pada wajah, menghilangkan komedo secara bertahap, menghilangkan pori-pori pada wajah, Membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal, menghilangkan jerawat, dan membantu mempercepat jerawat mengering.

3. Neutrogena Oil Free Acne Wash Facial Cleanser

sabun jerawat terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 190.000

Perpaduan Aloe dan Chamomile untuk merawat kulit berjerawat

Dengan aloe dan chamomile yang alami, Neutrogena Oil-Free Acne Wash Redness Soothing Facial Cleanser ini sangat efektif untuk membersihkan wajah dari jerawat dan komedo tanpa menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan dapat mengurangi kemerahan akibat jerawat.

Pembersih ini dapat menenangkan iritasi sehingga kulit Anda terlihat dan terasa lebih bersih dan lebih sehat karena chamomile yang terkandung di dalam produk ini. Selain itu, face wash ini mengandung asam salisilat yang terbukti efektif membersihkan jerawat.

2. Mineral Botanica Acne Care Facial Wash

sabun jerawat terbaik

Lihat produk ini di Shopee

Rp. 20.500

Facial wash dengan pH seimbang yang mampu mengangkat kotoran dengan tuntas

Facial wash dengan pH seimbang yang lembut pada kulit namun mampu mengangkat kotoran. Diformulasikan untuk jenis kulit yang cenderung berminyak dan berjerawat. Produk ini mengandung triclosan sebagai anti bacterial dan asam salisilat yang efektif dalam merawat kulit yang berjerawat. Sehingga kulit Anda akan terasa lebih halus dan bersih.

1. Theraskin Acne Wash

sabun jerawat terbaik

Lihat produk ini di Shopee

Rp. 32.000

Sabun wajah yang mengandung tea tree oil yang direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat

Sabun wajah ini mengandung Tea Tree oil yang dapat menyerap minyak dan merawat wajah yang berjerawat. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Sehingga kulit Anda akan terbebas dari jerawat.

Cara mencuci muka yang baik dan benar

Berikut ini kami akan memperkenalkan bagaimana cara mencuci muka dengan baik dan benar.  Mencuci muka dengan benar itu penting, karena pencucian yang benar akan membantu mencegah jerawat datang kembali. Untuk Anda yang sering mencuci muka dengan asa-asalan saja, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Bilas wajah Anda dengan air hangat

sabun jerawat terbaik

Saat mencuci muka, apakah Anda benar-benar yakin bahwa Anda telah melakukannya dengan baik? Tahukah Anda, mungkin masih ada kotoran yang tersisa di pori-pori wajah Anda?. Untuk menghindari hal tersebut, maka bilaslah wajah Anda dengan menggunakan air hangat saat mencuci muka. Jangan terlalu panas, namun cukup dengan suhu sekitar 30 derajat. Dengan begitu, kotoran di wajah Anda akan terangkat dengan lebih sempurna.

Tunggu sampai benar-benar berbusa

sabun jerawat terbaik

Menggosok sabun hingga berbusa merupakan hal penting saat Anda akan mencuci muka. Karena, jika  busa tersebut hanya sedikit, akan menyulitkan Anda saat membersihkan wajah. Maka dari itu, cucilah wajah Anda sesudah sabun tersebut benar-benar berbusa.

Poin penting selanjutnya adalah mencuci wajah berdasarkan elastisitas busa, dan bukan menggunakan jari tangan Anda. Cucilah wajah dari mulai dahi, hidung, kemudian pipi. Bilas sampai bersih, agar jangan sampai ada busa sabun yang masih tersisa di wajah Anda.

Mengeringkan wajah dengan handuk

sabun jerawat terbaik

Lap wajah Anda dengan menggunakan handuk hingga benar-benar bersih dan tidak ada bekas busa yang tersisa. Tekan handuk Anda pada wajah dengan perlahan-lahan, dan jangan menekan terlalu kuat. Tugas Anda adalah menyerap air di wajah Anda dengan menggunakan handuk, dan bukan mengeringkan wajah dengan handuk.

Kesimpulan

Nah, bagaimana penilaian Anda setelah membaca ulasan di atas? Anda sekarang pasti sudah paham kenapa jerawat bisa muncul, bukan?! Pilihlah sabun jerawat terbaik yang sesuai dengan kondisi kulit Anda dan jagalah pola hidup sehat agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga. Selamat mencoba!

Sumber

Share your thoughts