cara menghilangkan jerawat

Mudah dan Cepat!! Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Siapa saja pasti merasa terganggu jika memiliki jerawat. Masalah kulit yang satu ini bahkan sering membuat kita jadi tidak percaya diri. Untuk mengatasinya butuh cara menghilangkan jerawat dengan tepat agar tidak meninggalkan bekasnya. Buat Kamu yang sedang tidak percaya diri karena punya jerawat, coba baca artikel ini sampai akhir!

Apa itu jerawat dan penyebabnya?

cara menghilangkan jerawat

Jerawat atau dalam istilah medis sering disebut Acne Vulgaris adalah kondisi yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan adanya benjolan merah meradang dan bersisik pada permukaan kulit. Kondisinya dapat bersifat ringan, sedang atau parah. Jerawat ringan dapat digambarkan sebagai beberapa bintil kecil dan benjolan merah, sedangkan jerawat sedang dan parah melingkupi bagian yang lebih luas pada wajah, leher, punggung dan dada. Ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat, diantaranya :

  • Adanya produksi sebum berlebih. Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak.
  • Terjadi sumbatan pada folikel rambut.
  • Terdapat bakteri Propionibacterium acnes.
  • Adanya aktivitas hormon androgen berlebih.
  • Stres dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.
  • Mengonsumsi obat-obatan seperti penggunaan litium, kortikosteroid atau obat antikejang.

Cara menghilangkan jerawat

Jerawat bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara. Namun jika Kamu berada pada kondisi darurat dan perlu meminimalkan jerawat secepat mungkin, cobalah beberapa langkah di bawah ini.

Benzoil Peroksida

cara menghilangkan jerawat

Benzoil peroksida membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat dan mengupas lapisan kulit mati, sehingga kulit akan diperbaharui menjadi tampak cerah dan muda kembali. Benzoil peroksida dikemas dengan kadar konsentrasi yang berbeda-beda, tetapi kadar konsentrasi 2,5% memiliki manfaat yang sama dengan kadar konsentrasi 5 hingga 10%, dan kadar konsentrasi yang lebih rendah menyebabkan iritasi yang lebih ringan pada kulit.

Asam salisilat

cara menghilangkan jerawat

Asam salisilat bermanfaaat membunuh bakteri penyebab pertumbuhan jerawat. Selain itu, juga untuk meluruhkan sel kulit mati dengan lebih cepat, sehingga pertumbuhan sel-sel kulit baru akan berjalan lebih cepat. Oleskan sedikit asam salisilat pada tempat-tempat munculnya jerawat. Lakukan setelah kamu mencuci muka.

Garam laut

cara menghilangkan jerawat

Campurkan satu sendok teh garam laut dengan dua sendok makan air hangat. Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskan air garam langsung pada jerawat. Jangan membilasnya. Garam laut akan membunuh bakteri dan mengeringkan jerawat.

Tea tree oil

cara menghilangkan jerawat

Tea tree oil adalah minyak esensial anti bakteri yang dapat membasmi mikroba yang mulai bersarang di dalam pori-pori kulit dan memiliki sifat anti radang yang dapat mengurangi kemerahan dan ukuran jerawat, sehingga menjadi reda dan tidak jelas terlihat. Cara menggunakannya cukup basahi kapas dengan sedikit tea tree oil, lalu oleskan pada jerawat sesuai kebutuhan, sambil memastikan bahwa Kamu tidak mengoleskannya terlalu banyak.

Aspirin

cara menghilangkan jerawat

Aspirin mengandung zat yang berfungsi untuk mencegah radang pada kulit, sehingga jerawat menjadi reda dan tidak menonjol lagi. Hancurkan tablet aspirin, lalu tambahkan air secukupnya hingga bubuk aspirin membentuk tekstur pasta. Dengan kapas, oleskan pasta aspirin pada jerawat hingga membentuk lapisan tipis. Pastikan bahwa jerawat benar-benar tertutupi oleh pasta aspirin, lalu biarkan hingga kering. Biarkan pasta aspirin bekerja melawan jerawat selama satu malam.

Astringen

Astringen adalah zat yang menyebabkan kontraksi pada kulit atau dengan kata lain, mengecil. Beberapa jenis astringen dari apotek mengandung bahan antimikroba, yang selain mengurangi ukuran jerawat juga bermanfaat untuk membasminya. Berikut adalah beberapa jenis astringen yang dapat Kamu gunakan:

Astringen yang dijual bebas di toko

cara menghilangkan jerawat

Ada banyak jenis dan ukuran astringen yang dijual. Temukan astringen yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Katakan kepada petugas toko bahwa Kamu membutuhkan astringen yang tidak terlalu keras untuk kulit.

Astringen alami

cara menghilangkan jerawat

Beberapa contohnya adalah:

  • Lemon : Iris lemon, lalu usapkan pada area kulit yang berjerawat. Setelah itu, gunakan toner untuk menyeimbangkan PH pada kulit.
  • Kulit pisang : Dapat bermanfaat dalam mengurangi ukuran jerawat. Cukup usapkan kulit pisang pada area kulit yang berjerawat.
  • Witch hazel : Salah satu jenis astringen lain yang juga bagus dan banyak digunakan. Oleskan sedikit witch hazel pada area kulit yang berjerawat, lalu biarkan hingga kering.
  • Teh hijau : Celupkan kantung teh hijau ke dalam air panas, lalu keluarkan kantung, kemudian letakkan pada area kulit yang berjerawat selama beberapa saat.

Es Batu

cara menghilangkan jerawat

Pembengkakan pada jerawat dapat dikurangi dengan menempelkan es batu pada jerawat secara langsung atau Kamu bisa melapisinya menggunakan kain kasa atau handuk tipis. Hal ini dikarenakan darah pada area kulit yang ditempeli dengan es batu akan melambat.

Obat Tetes Mata

cara menghilangkan jerawat

Obat ini juga bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat. Bubuhkan obat tetes pada kapas, lalu oleskan secukupnya pada jerawat. Akan lebih baik lagi jika sebelum Kamu mengoleskannya pada jerawat, kapas yang telah dibasahi tetes mata disimpan di kulkas terlebih dahulu karena suhu dingin bisa meredakan radang pada jerawat.

Tips mencegah jerawat muncul kembali

Supaya usahamu menghilangkan jerawat tidak sia-sia, maka kamu harus melakukan perawatan secara rutin. Kamu tentu tidak mau nantinya jerawat akan muncul kembali, berikut ini ada cara mencegah jerawat agar tidak datang lagi.

  • Rutin membersihkan wajah
  • Hindari make up berlebih
  • Rajin olahraga
  • Mengatur pola makan sehat

Kesimpulan

Kami telah memberikan beberapa cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Apakah kamu sudah memenentukan mau menggunakan cara yang mana? Selamat mencoba! Jangan lupa untuk selalu merawat kulit agar tetap sehat dan tidak timbul jerawat lagi.

Sumber

 

 

 

 

Share your thoughts