Yoga

Manfaat Yoga untuk Wanita, Cobain Yuk!

Pengertian Olahraga Yoga

Yoga

Olahraga yoga adalah salah satu jenis olahraga yang menggabungkan antara gerakan-gerakan pada tubuh dan kekuatan dari konsentrasi. Jenis olahraga satu ini bisa terbilang olahraga tertua di dunia yang sudah diperkenalkan sejak ribuan tahun yang lalu. Olahraga yang berasal dari India ini mulai banyak digemari dari berbagai kalangan, tua hingga muda karena manfaat beryoga mampu memberikan ketenangan pikiran dan mental.

Manfaat Olahraga Yoga

Khusus wanita, olahraga yoga memiliki banyak manfaat yang lebih dari sekedar menurunkan berat badan. Seperti apa manfaat yoga bagi wanita? Berikut ulasannya

Melatih Kesabaran

Yoga

Manfaat olahraga yoga bagi wanita yang pertama adalah melatih kesabaran. Olahraga ini mengandalkan pada pernafasan, sehingga bisa memberikan efek yang baik bagi ketenangan dan kesabaran. Hitungan nafas yang terhitung biasanya 3 sampai 7 kali. Jadi sebisa mungkin tahan gerakan tersebut hingga hitungan nafas selesai. Dengan melewatinya, disitulah letak kesabaran dilatih. Orang yang rajin meditasi dan beryoga, biasanya memiliki pancaran aura yang menyejukan.

Media Relaksasi

Yoga

Gerakan-gerakan utama yang ada pada olahraga yoga adalah gerakan-gerakan anggota tubuh yang dilakukan secara perlahan. Gerakan-gerakannya pun bersifat meregangkan otot-otot yang kaku. Dengan gerakan perlahan dan tenang ini akan membuat tubuh menjadi rileks dan lebih santai. Olahraga ini baik untuk menenangkan pikiran bagi para wanita yang sedang dalam masa PMS. Karena biasanya pada masa PMS, emosi pada wanita sering tidak stabil maka dengan melakukan gerakan yoga dapat membantu menstabilkannya / memperbaiki mood.

Olah Kekuatan Tubuh

Yoga

Banyak orang yang malas beryoga karena menganggap gerakannya kurang spesifik dan tidak memberi efek. Padahal jika mengikuti gerakannya dengan benar, justru olahraga ini bisa membantu mengolah kekuatan dan flesibilitas tubuh. Contohnya saat melakukan pigeon pose. Pigeon pose akan membuat tulang punggung, lengan serta kaki lebih lentur. Saat menahan gerakan-gerakan yoga, kekuatan tubuh pun terbentuk. Gerakan ini juga bisa meredakan rasa nyeri pada punggung yang diakibatkan harusnya duduk berjam-jam di kantor.

Mendukung Program Diet / Menurunkan Berat Badan

Yoga

Olahraga yoga pada dasarnya memiliki gerakan-gerakan yang tidak terlalu membuat lelah namun memiliki manfaat yang sama besarnya seperti olahraga pada umumnya. Sama seperti olahraga lainnya, beryoga juga akan membantu untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Dengan berlatih satu jam saja, olahraga ini dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki santai dengan durasi yang sama. Namun harus seimbangkan dengan pola makan sehat juga.

Baik Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Yoga

Salah satu manfaat dari olahraga yoga yang membuat para wanita berlomba-lomba untuk mengikutinya adalah menjaga kesehatan dan kecantijan kulit. Dengan rutin melakukan olahraga ini, tubuh akan semakin bersih dari racun dan zan radikal bebas yang ada di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat. Dengan keluarnya racun-racun dan zat antioksidan dari dalam tubuh, maka kulit anda pun akan terasa sehat dan halus. Selain itu, kulit juga akan terasa lebih kencang dan terjaga kelenturannya.

Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Yoga

Memiliki  jiwa yang terpelihara dengan baik bisa berdampak pada kualitas tidur. Istirahat berkualitas adalah hal yang sulit didapatkan di jaman sekarang karena semakin banyak beban pikiran yang dimiliki wanita masa kini. Pasca berlatih yoga, semua bagian otot yang tadinya kaku akan perlahan meregang. Peregangan ini yang membuat tubuh menjadi lebih rileks untuk beristirahat. Tak hanya itu, pikiran yang tenang setelah melakukan olahraga yoga juka akan memperbaiki kualitas tidur di malam hari.

Meningkatkan Gairah Hubungan Intim

Yoga

Bagi yang sudah menikah, olahraga yoga mampu meningkatkan performa berhubungan intim dengan pasangan. Peningkatan peredaran darah di berbagai tubuh setelah rutin beryoga, termasuk daerah pinggang ke bawah, merupakan alasan utama di balik meningkatnya gairah hubungan intim.

Kesimpulan

Secara umum, olahraga yoga memiliki manfaat yang sangat baik terutama bagi kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh dan fisik saja, namun kesehatan mental dan pikiran pun juga akan terjaga. Melihat banyaknya manfaat yoga bagi wanita, olahraga ini tentu sangat direkomandasikan untuk kamu yang ingin selalu hidup sehat. Bahkan tampak cantik dengan berat badan ideal.

Share your thoughts