cara mengatur keuangan saat hadapi resesi 2023

Penting! Ini Dia Beberapa Cara Untuk Mengatur Keuangan Saat Hadapi Resesi 2023

Cara Mengatur Keuangan Saat Hadapi Resesi 2023 – Akhir-akhir ini, resesi menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari banyak ahli yang berpendapat mengenai terjadinya resesi pada tahun depan. Resesi merupakan bagian yang tak terhindarkan dari siklus ekonomi negara. 

Apa Itu Resesi 

cara mengatur keuangan saat hadapi resesi 2023

Resesi merupakan keadaan yang terjadi saat ekonomi suatu wilayah menurun selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun. Selama periode ini, produk domestik bruto (PDB) menurun serta meningkatnya pengangguran. Pada saat yang sama, perubahan dramatis dapat terjadi pada harga komoditas seperti minyak atau gas serta bahan pangan. 

Cara Mengatur Keuangan Saat Hadapi Resesi 2023

cara mengatur keuangan saat hadapi resesi 2023

Resesi akan berdampak pada pemerintah, bisnis, dan individu. Banyak pekerja akan kehilangan pekerjaan selama resesi, kemudian mencari pekerjaan akan menjadi semakin sulit. Selain itu, karena harga pokok yang meroket, pengeluaran juga akan melebihi pendapatan.  

Banyak orang ingin memiliki finansial yang kuat dan stabil, akan tetapi dengan resesi di depan mata. Maka kamu harus mulai menerapkan struktur peraturan yang ketat untuk keuangan kamu. Seberapa baik manajemen keuangan kamu saat ini? Apakah kamu yakin berada dalam situasi yang stabil dan siap untuk menghadapi dampak resesi tahun 2023? 

Kamu bisa mencoba untuk mulai mengatur keuangan kamu dengan menggunakan beberapa cara-cara ini. 

Cara Mengatur Keuangan Saat Hadapi Resesi Dengan Mengatur Pengeluaran

Resesi memang belum terjadi. Akan tetapi, lebih baik jika mulai sekarang kamu mengatur keuangan. Kamu bisa memulainya dengan memisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Kamu bisa mengurangi anggaran untuk aktivitas seperti liburan atau hangout bersama teman-teman kamu. Pengurangan anggaran ini akan memberi kamu uang ekstra yang bisa kamu alokasikan untuk investasi, tabungan, dan tujuan lain seperti dana darurat. 

Cara Mengatur Keuangan Saat Hadapi Resesi Dengan Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk menghadapi resesi tahun depan. Kamu mungkin sudah menyadari betapa pentingnya membuat dana darurat. Dana darurat yang terbaik adalah yang bisa menutupi pengeluaran kamu selama tiga sampai enam bulan. Oleh karena itu kamu perlu menyiapkan dana darurat, untuk menghadapi masalah keuangan yang mungkin bisa datang saat terjadi resesi.  

Cara Mengatur Keuangan Saat Hadapi Resesi Dengan Mulailah Berinvestasi

Menabung di bank selama resesi bukanlah pilihan yang layak karena kemungkinan besar hal itu akan terkena dampak negatif inflasi. Oleh karena itu, kamu bisa memilih berinvestasi sebagai strategi menabung jangka panjang. Investasi dapat kamu lakukan pada aset berisiko rendah seperti obligasi negara ritel, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan deposito. 

Cara Mengatur Keuangan Saat Hadapi Resesi Dengan Mencari Pendapatan Sampingan

Resesi sangat rentan menyebabkan berbagai bisnis mengalami kerugian hingga bangkrut, yang mengakibatkan PHK oleh perusahaan. Untuk mempersiapkan peristiwa yang tidak diinginkan seperti ini, kamu harus mencari sumber pendapatan tambahan. 

Kesimpulan

Dampak resesi terhadap ekonomi suatu negara memang tidak main-main. Selain memiliki dampak terhadap negara, resesi juga berdampak pada finansial individu. Oleh karena itu, untuk menghadapi resesi kamu perlu mempersiapkan keuangan kamu agar kuat dan stabil. Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan kamu saat hadapi resesi 2023, semoga bermanfaat yaa. 

Share your thoughts