sleeping mask

Tepat Memilih Sleeping Mask, Bikin Wajah Makin Terawat

Padatnya aktivitas membuat kulit sering terpapar sinar matahari, debu dan kotoran yang membuat kulit wajah menjadi rusak. Untuk itu kulit memerlukan perawatan yang dapat mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, berminyak, berjerawat, tanda-tanda penuaan dini atau masalah kulit yang lainnya. Selain menggunakan perawatan harian, kulit juga memerlukan perawatan setiap minggunya. Salah satunya dengan menggunakan sleeping mask.

Sleeping mask merupakan salah satu skincare yang digunakan pada malam hari. Seperti masker wajah pada umunya, masker ini memiliki banyak nutrisi yang dapat mengatasi masalah kulit wajah. Masker ini memiliki berbagai macam pilihan sesuai jenis dan kondisi kulit. Untuk itu sebelum menggunakan produk ini, sebaiknya kenali dahulu jenis kulit kalian. Karena jika salah memilih akan berdampak buruk pada kulit wajah. Agar tidak salah dalam memilih sleeping mask, yuk simak penjelasan berikut ini, check this out!

Cara Memilih Sleeping Mask Sesuai Jenis Kulit

1. Kulit Kering

sleeping mask

Kulit kering adalah kondisi yang terjadi akibat kekurangan cairan pada lapisan luar pada kulit. Untuk itu jenis kulit ini dapat menggunakan sleeping mask dengan kandungan mosturizer tinggi seperti hyaluronic acid, ceramides dan glycerin. Kandungan tersebut dapat membantu melembapkan kulit wajah, serta dapat membantu mengembalikan dan mempertahankan kadar cairan dalam kulit. Selain itu kandungan bahan alami seperti aloe vera dan madu juga memiliki manfaat melembapkan kulit.

2. Kulit Berminyak dan Berjerawat

sleeping mask

Jenis kulit ini disebabkan karena kelenjar minyak memproduksi terlalu banyak, sehingga membuat pori-pori wajah menjadi tersumbat dan memicu timbulnya jerawat. Jenis kulit ini dapat menggunakan sleeping mask dengan kandungan water based dan tea tree. Kandungan tea tree mampu mengontrol produksi minyak pada kulit wajah, mengeringkan jerawat dan menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, jenis kulit ini juga dapat menggunakan sleeping mask dengan kandungan green tea yang memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Kandungan ini juga dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

3. Kulit Sensitif

sleeping mask

Munculnya kemerahan pada kulit wajah, kulit terasa panas jika terkena bahan aktif, muncul ruam, gatal dan kulit mengelupas adalah tanda-tanda kulit sensitif. Kondisi kulit ini dapat menggunakan sleeping mask dengan kandungan centella asiatica atau ekstrak daun pegagan. Kandungan tersebut dapat membantu meredakan peradangan pada kulit sensitif, dan melembapkan kulit wajah. Selain kandungan centella asiatica, pemilik kulit sensitif juga dapat menggunakan kandungan bunga chamomile dan ekstrak aloe vera.

4. Kulit Kombinasi

blank

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang sulit untuk dirawat, karena dengan T-zone yang cukup berminyak serta kering dan kemerahan. Oleh karena itu jenis kulit ini dapat menggunakan produk dengan perpaduan bahan yang dapat menghidrasi kulit sekaligus meredakan kemerahan pada kulit, seperti aloe vera dan centella asiatica. Dengan kandungan tersebut produksi minyak yang berlebih akan berkurang.

5. Kulit Normal

blank

Kulit normal merupakan jenis kulit yang dapat menggunakan sleeping mask apa pun. Namun, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya gunakanlah produk yang tidak terlalu kering, berminyak ataupun sensitif.

Kesimpulan

Nah, demikian cara memilih sleeping mask sesuai jenis kulit. Kulit kalian termasuk jenis kulit yang mana nih?

Share your thoughts