tips makeup

Tips Makeup Untuk Pengguna Softlens

Softlens atau lensa kontak merupakan alat bantu untuk memperjelas penglihatan. Akan tetapi beberapa orang menggunakan softlens untuk menunjang penampilannya karena softlens dapat mengubah warna mata dan mempercantik penampilan penggunanya. Namun terkadang softlens dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata apabila cara penggunaanya kurang higienis. Untuk itu perlu berhati-hati dalam menggunakan softlens. Khususnya untuk kamu yang suka menggunakan makeup, karena makeup mata bisa saja menimbulkan iritasi. Berikut tips makeup untuk pengguna softlens agar tetap aman dan nyaman. Yuk simak!

Tips Makeup Untuk Pengguna Softlens

1. Selalu Perhatikan Kebersihan Tangan

Seperti yang sudah dijelaskan, pengguna softlens berisiko terhadap iritasi dan infeksi. Maka, sebelum menggunakan softlens cuci tanganmu terlebih dahulu dan pastikan tanganmu kering sebelum menggunakan softlens. Karena air juga mengandung bakteri dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata.

2. Gunakan Softlens Sebelum Mengaplikasikan Makeup

Pastikan untuk memakai softlens terlebih dahulu sebelum menggunakan makeup. Memakai softlens setelah menggunakan makeup akan lebih sulit, karena terkadang memakai softlens dapat membuat mata berair sehingga membuat makeup kamu menjadi berantakan. Untuk itu pakailah softlens terlebih dahulu sebelum menggunakan makeup.

3. Gunakan Produk Oil Free

tips makeup

Dalam memilih makeup, sebaiknya gunakan produk makeup yang tidak mengandung minyak. Produk makeup yang mengandung minyak memang lebih mudah digunakan. Akan tetapi kandungan minyak yang terdapat pada makeup dapat membuat pengguna softlens tidak nyaman. Karena produk makeup dengan tekstur krim yang mengandung minyak bisa saja luntur dan masuk ke mata. Sehingga membuat softlens menjadi keruh dan mengganggu penglihatan, serta dapat menyebabkan iritasi pada mata.

4. Hindari Tightlining

tips makeup

Tightlining merupakan teknik makeup dengan menggambar eyeliner pada bagian antara bulu mata atas dan bawah. Menggunakan makeup pada area yang sangat dekat dengan mata dapat menyebabkan mata berair, kering dan membuat softlens menjadi kotor. Sehingga meningkatkan risiko iritasi pada mata.

5. Perhatikan Penggunaan Maskara

tips makeup

Selain penggunaan eyeliner yang perlu diperhatikan dalam menggunakan makeup untuk pengguna softlens yaitu penggunaan maskara. Hindari penggunaan maskara yang menyebabkan gumpalan atau maskara yang memiliki serat. Gumpalan maskara yang kering dan mengeras dapat jatuh ke mata. Sehingga membuat softlens kotor dan mengakibatkan iritasi dan gatal pada mata.

Kesimpulan

Nah itu beberapa proses makeup para pengguna softlens atau lensa kontak. Semoga proses makeup para pengguna softlens jadi lebih mudah dengan menerapkan tips makeup di atas. Selamat mencoba 😀

Share your thoughts