merawat kulit

Tips Merawat Kulit Wajah Saat Musim Hujan

Saat musim hujan ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan, misalnya menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit. Cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dengan mengkonsumsi tambahan vitamin C dan olahraga secara teratur. Selain menjaga kesehatan tubuh, ternyata saat musim hujan kulit juga membutuhkan perawatan loh ladies. Karena udara lembap saat musim hujan dapat membuat wajah terlihat kusam dan menimbulkan jerawat. Untuk mencegah terjadinya masalah pada kulit wajah, ada beberapa perawatan wajah yang perlu kamu lakukan saat musim hujan. Nah, berikut beberapa tips merawat kulit wajah saat musim hujan.

Tips Merawat Kulit Wajah Saat Musim Hujan

1. Menjaga Kebersihan Wajah

merawat kulit

Menjaga kebersihan wajah merupakan hal utama yang perlu kamu lakukan dalam merawat kulit wajah, terlebih saat musim hujan. Karena udara yang cenderung lembap, membuat kulit relatif lebih berminyak. Tumpukkan minyak yang berlebih dapat mempermudah munculnya komedo dan jerawat. Untuk menghindari hal itu terjadi, kamu perlu membersihkan wajah 2-3 kali sehari. Gunakanlah produk pembersih wajah sesuai dengan jenis kulitmu dan pastikan produk tersebut aman untuk digunakan. Bila perlu kamu juga dapat melakukan teknik double cleansing untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih.

2. Gunakan Toner

blank

Saat musim hujan penggunaan toner juga penting, karena saat musim hujan ada pertumbuhan bakteri dan kuman pada kulit wajah. Penggunaan toner terbukti dapat membantu membersihkan kulit dari sisa kotoran yang menempel pada wajah dan membuat kulit terasa lebih segar. Toner paling tepat digunakan setelah kamu selesei membersihkan wajah dan sebelum mengaplikasikan produk makeup.

3. Gunakan Pelembap

blank

Pada musim hujan udara cenderung lebih lembap, sehingga kamu merasa tidak perlu menggunakan pelembap. Namun, faktanya saat musim hujan kulit tetap membutuhkan pelembap sebagai sumber hidrasi maupun nutrisi. Karena udara yang lembap justru membuat kulitmu kering. Untuk itu, gunakanlah pelembap dengan formula ringan dan cepat menyerap ke kulit.

Untuk pemilik kulit kering, gunakanlah pelembap yang mengandung minyak jojoba, madu atau ekstra almond agar kulit lebih lembap dan bebas iritasi. Sedangkan untuk pemilik kulit berminyak gunakanlah pelembap berbahan dasar air maupun berbentuk gel. Karena formula tersebut dapat membantu kulit tetap lembap tanpa membuat wajah berminyak.

4. Gunakan Sunscreen

blank

Sinar matahari saat musim hujan tetap mengandung sinar UV. Sinar UV dapat membuat kulit wajah kusam, munculnya flek hitam, dan masalah kulit lainnya. Untuk itu, gunakan suncreen agar kulit tetap terlindungi dari efek buruk sinar UV. Sunscreen sebaiknya kamu gunakan setelah mengaplikasikan pelembap, kamu dapat menggunakan suncreen dengan Sun Protecting Factor (SPF) minimal 25.

5. Eksfoliasi Secara Rutin

merawat kulit

Pori-pori tersumbat dan produksi minyak berlebih merupakan dua masalah kulit yang terjadi saat musim hujan. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan melakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu menggunakan produk dengan kandungan scrub lembut dan pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Scrub akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori yang tersumbat.

6. Perbanyak Minum Air Putih

merawat kulit

Udara dingin pada musim hujan membuat seseorang tidak merasa haus, meski begitu kebutuhan air putih tetap harus terpenuhi. Karena penguapan cairan melalui kulit tetap terjadi. Apabila asupan airnya tidak terpenuhi, kulit juga dapat terancam kesehatannya. Oleh karena itu, saat musim hujan kamu tetap harus mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari. Memperbanyak konsumsi air putih tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh loh ladies, tetapi juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulir agar lebih terawat dan lembap.

Kesimpulan

Pada dasarnya, saat musim hujan udara cenderung lebih lembap. Udara yang lembap saat musim hujan dapat membuat wajah kusam, menimbulkan jerawat dan membuat kulit wajahmu terasa kering. Untuk itu, rawatlah kulitmu agar terhindar dari permasalahan tersebut. Karena merawat dan menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Selamat mencoba 🙂

 

 

 

Share your thoughts