penghilang flek hitam

5 Bahan Alami Pengusir Jerawat

Jerawat biasanya menjadi salah satu momok bagi para remaja, khususnya para wanita. Tidak hanya para remaja yang merasa risih dengan adanya jerawat yang muncul di wajah, bagi kalangan orang dewasapun juga merasa terganggu dengan adanya benda kecil tersebut. Banyak brand kosmetik yang mengeluarkan produk skincarenya sebagai skincare pengusir jerawat.

Tapi tidak banyak produk skincare yang menggunakan bahan alami sebagai zat aktif untuk pengusir jerawat. Oleh karena itu kita harus hati-hati dalam memilih produk yang mengandung bahan-bahan alami untuk pengusir jerawat. Kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai bahan alami yang dapat mampu mengusir jerawat.

5 Bahan Alami yang Ampuh Pengusir Jerawat

1. Tea Tree Oil

bahan alami anti jerawat

Tea Tree oil ini mengandung anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang meskipun Anda membutuhkan waktu yang agak lama. Cara menggunakan bahan alami ini Anda cukup mencampurkan beberapa tetes tea tree oil secukupnya dengan 20-40 tetes ekstrak witch hazel, lalu aplikasikan dengan kapas. Anda cukup melakukannya hingga 2x sehari saja, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit jika Anda melakukannya terlalu sering.

2. Green Tea

bahan alami anti jerawat

Green tea mengandung senyawa anti mikroba dan antioxidan yang dapat membantu untuk menghilangkan jerawat bandel. Caranya cukup mudah, yaitu Anda dapat menggunakan secangkir green tea yang telah didinginkan untuk cuci muka atau letakkan kantong green tea yang telah Anda seduh (jika Anda menggunakan teh celup) di area jerawat yang timbul.

3. Madu

madu anti jerawat

Banyak manfaat yang dihasilkan dari bahan alami yang satu ini, salah satunya dapat membantu menyembuhkan jerawat karena terdapat kandungan antibiotik di dalam madu alami. Anda cukup menuangkan sebanyak 1 sendok makan, kemudian oleskan secara merata pada bagian wajah yang berjerawat.

Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker, dengan mencampurkan 1/2 cangkir madu dengan 1 cangkir oatmeal tawar (plain), lalu diamkan selama 30 menit.

4. Daun Mint

daun mint anti jerawat

Daun mint selain digunakan sebagai minuman juga dapat membantu mengurangi minyak yang tersumbat pada pori-pori wajah. Jika Anda ingin menggunakannya untuk mencegah jerawat, Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan daun mint yang telah dicincang halus dengan 2 sendok makan yogurt plain dan oatmeal plain (gunakan blender untuk menghaluskan oatmeal menjadi bubuk). Aplikasikan campuran tersebut di wajah dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

5. Echinacea

obat anti jerawat

Echinacea merupakan salah satu obat tradisional yang digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dan mencegah demam dan flu, selain itu antibakteria dan antiinflamasi yang terkandung pada Echinacea juga dapat digunakan sebagai zat aktif untuk pengusir jerawat. Anda dapat menggunakan teh Echinacea untuk mencuci muka, caranya dengan merendamkan sehelai kain ke dalam teh Echinacea lalu diusapkan ke bagian wajah.

Kesimpulan

Jerawat merupakan fase yang pasti kita alami saat di usia remaja ataupun dewasa. Oleh karena itu pemilihan produk skincare yang digunakan sebagai pengusir jerawat harus tepat dan aman. Demikian paparan mengenai bahan alami pengusir jerawat dari kami, semoga dapat bermanfaat.

Share your thoughts