skin care

5 Produk Skin Care yang Harus Dimiliki Untuk Pemula

Penggunaan skin care secara teratur dapat membuat kulit wajah menjadi sehat dan cerah. Selain itu juga dapat mencegah penuaan dini dan bisa diibaratkan sebagai investasi jangka panjang agar saat sudah tua nanti kulit wajahmu tetap terjaga kesehatannya. Namun untuk pemula pemilihan skin care terasa membingungkan dan sulit untuk dipahami. Selain pemilihan skin care yang susah untuk dipahami, para pemula juga masih banyak yang terbalik dalam urutan pemakaian skin care.

Sebelum melakukan perawatan wajah sebaiknya kamu juga tau jenis kulit yang kamu miliki. Mengetahui jenis kulit yang kamu miliki dapat membantu kamu dalam pemilihan skin care yang tepat.  Karena permasalahan itu, maka artikel kali ini akan membahas tentang 5 tahap skin care yang wajib dipahami pemula. Simak sampai selesai ya.

Jenis-jenis kulit wajah

Jenis kulit wajah setiap orang bebeda-beda. Perbedaan ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni kandungan air pada kulit yang dapat memengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak berpengaruh terhadap kelembutan dan nutrisi kulit serta tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu. Jenis kulit kamu juga bisa berubah seiring bertambahnya usia atau dari faktor lain seperti faktor genetik dan penyakit yang diderita.

Macam-macam jenis kulit wajah :

skin care

Kulit wajah normal

Kulit wajah ini cenderung memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan kandungan minyak, sehingga tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak.

Kulit wajah kering

Jenis kulit yang kurang memiliki kelembapan di lapisan kulit terluar sehingga menyebabkan kulit terlihat kering, kasar dan pecah-pecah seperti sisik.

Kulit wajah berminyak

Wajah dengan jenis kulit berminyak biasanya disebabkan karena adanya produksi sebum dari kelenjar minyak yang berlebih. Wajah akan terlihat mengkilap pada siang hari dan juga pori-pori terlihat besar.

Kulit wajah kombinasi

Jenis kulit ini merupakan perpaduan dari kulit wajah berminyakdan kering. Biasanya memiliki kulit di zona-T (dagu, hidung, dan dahi), sementara area yang lain cenderung normal atau kering.

Kulit wajah sensitif

Jenis kulit wajah sensitif mudah mengalami kemerahan, gatal, kering, pengelupasan serta terbakar ketika terjasi kontak dengan pemicunya, seperti lingkungan, tanaman, makanan bahkan produk kosmetik.

Tahapan pemakaian skin care

Dalam pemakaian skin care haruslah sesuai dengan urutan agar hasil yang diperoleh memuaskan dan maksimal. Berikut uaraiannya :

1. Milk Cleanser

skin care

Sesuai namanya, lotion ini serupa susu (namun bukan susu) yang berfungsi membersihkan wajah dari sisa make up dan sebagai pembersih wajah menjelang tidur. Cara pemakainnya pun mudah. Cukup oleskan milk cleanser pada wajah sambil dipijit dengan lembut agar kotoran terangkat, lalu bersihkan dengan kapas.

2. Facial wash

skin care

Facial wash adalah jenis sabun yang berfungsi untuk membersihkan area wajah dengan lembut, mengurangi noda dan jerawat serta mengangkat semua debu, minyak dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, facial wash juga membuat kulit kamu terasa lebih bersih dan segar. Pastikan kamu memilih facial wash sesuai dengan jenis kulitmu agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

3. Toner

skin care

Toner adalah cairan  yang berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah kulit. Berfungsi mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan kembali pH kulit setelah cuci muka serta juga membantu agar skin care yang kamu pakai lebih meyerap ke dalam wajah.

Toner sendiri terbagi menjadi 2, yakni

  1. Exfoliating toner atau juga biasa disebut acid toner digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan sisa-sisa kotoran.
  2. Hydrating toner untuk melembabkan wajah setelah proses eksfoliasi.

4. Moisturizer

skin care

Juga biasa  disebut pelembab berfungsi menjaga kelembapan wajah sehingga wajahmu lebih kenyal, sehat dan terhindar dari keriput. Moisturizer wajib dipakai pada pagi dan malam hari untuk mendapat hasil yang maksimal. Saat memilih moisturizer kamu harus benar-benar memerhatikan jenis kulitmu. Karena jika tidak sesuai justru akan menimbulkan masalah baru untuk kulit.

Untuk kulit kering pilih moisturizer dengan tekstur balm atau face oil agar dapat mengunci hidrasi di kulit, sedangkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak pilihlah moisturizer bertekstur gel agar cepat menyerap ke kulit. Untuk kamu yang jenis kulitnya sensitif bisa memilih moisturizer dengan bahan dasar yang berfungsi melembutkan, seperti chamomile, calendula atau aloe vera.

5. Sunblock

skin care

Setelah menggunakan moisturizer jangan lupa untuk menggunakan sunblock agar kulitmu mendapat perlindungan yang cukup terhadap sinar matahari. Pilihlah yang memiliki spectrum sehingga kulitmu terhindar dari sinar UVA dan UVB.

Kesimpulan

Itulah tahapan pemakaian basic skin care yang harus kamu kuasai. Bagaimanapun kulit wajahmu memerlukan perawatan secara rutin agar tetap terlihat sehat dan membantu membuat kondisi kulit menjadi lebih baik lagi. Tidak ada salahnya untuk mulai mempraktekannya bukan? Selamat mencoba!

Sumber

 

Share your thoughts