7 Rekomendasi Kutek Terbaik Tahun 2020

Kutek atau cat kuku, sering dikenal dengan sebutan manikur. Akan tetapi, sebenarnya manikur adalah perawatan jari secara keseluruhan, sedangkan produk untuk mewarnai kuku lebih tepatnya disebut kutek, atau nail polish. Saat ini di pasaran tersedia berbagai macam pilihan kutek terbaik dengan fitur berbeda dan harga beragam tergantung merek dan kualitas yang ditawarkan.

Kali ini kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih kutek terbaik agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik seperti di salon! Kemudian kami akan memperkenalkan 7 produk rekomendasi terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memoleskan sendiri kutek yang sesuai dengan selera Anda. Mari kita simak pembahasannya!

Perbedaan kutek dan manikur

kutek terbaik

Secara umum manikur dikenal sebagai produk yang digunakan untuk mewarnai kuku. Akan tetapi, sebenarnya istilah yang tepat adalah “kutek” atau “nail polish”. Manikur sendiri adalah perawatan yang dilakukan pada jari  secara keseluruhan, termasuk perawatan kutikula atau merapikan bentuk kuku.

Cara memilih kutek terbaik

Pada saat akan memilih kutek terbaik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Selain karena alasan merek atau warna favorit, ada hal-hal lain yang harus dipertimbangkan agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut penjelasannya.

Pilih yang sesuai dengan warna kulit

Warna kutek yang tersedia di pasaran sangat bervariasi dan setiap warna ini biasanya diperuntukkan untuk warna kulit yang berbeda. Ada warna kutek yang cocok bagi Anda yang memiliki kulit putih, seperti warna kebiruan atau warna kekuningan bagi yang memiliki kulit kecoklatan atau gelap. Mari kita bahas warna kutek mana yang cocok untuk kulit Anda!

Warna kebiruan cocok untuk kulit putih

kutek terbaik

Bagi Anda yang berkulit putih, biasanya akan lebih cocok jika Anda mengunakan kutek dengan warna kebiruan atau warna-warna yang dikenal dengan isitilah “cool color”. Yang masuk dalam kategori warna ini antara lain adalah warna biru, biru muda, biru dongker, turquoise, dan warna kebiruan lainnya. Anda bisa memilih salah satu dari warna tersebut untuk mendapatkan kuku dengan hasil yang menawan. Selain itu, kutek dengan warna beige atau keputih-putihan juga bersifat netral dan cocok untuk Anda yang berkulit putih.

Warna kekuningan cocok untuk kulit coklat

kutek terbaik

Untuk Anda yang memiliki warna kulit kekuningan atau coklat gandum, warna kutek yang cocok digunakan adalah warna yang hangat seperti warna merah, oranye, atau kuning. Warna-warna tersebut terlihat pas dan masuk dengan warna kulit tersebut. Kutek dengan warna beige yang kecoklatan atau kutek dengan warna putih juga bisa digunakan untuk jenis kulit ini.

Cek apakah cepat kering atau tidak

Berdasarkan waktu penyimpanannya, kutek dibagi menjadi kategori “biasa” dan “cepat kering”. Meskipun kutek yang cepat kering bisa menghemat waktu saat Anda memoleskannya, kutek tipe ini juga mudah menggumpal jika disimpan dalam jangka waktu lama. Jika Anda sering menggunakan kutek, mungkin tipe cepat kering tidak masalah untuk Anda pilih. Akan tetapi, jika Anda hanya sesekali menggunakan kutek tersebut, pilihlah dengan tipe normal yang tidak cepat kering dan tidak mudah menggumpal.

Tipe normal tidak cepat kering dan tahan lama

kutek terbaik

Pada umumnya, kutek tipe normal memiliki ketahanan yang lebih lama di dalam botol. Kutek ini tidak akan cepat kering atau menggumpal walaupun lama tidak digunakan. Dengan kata lain, kutek ini cocok bagi Anda yang hanya sesekali menggunakan kutek.

Jika Anda menginginkan kutek yang tahan lama dan ingin menggunakannya sampai habis, pilihlah tipe normal ini. Hanya saja kelemahannya adalah butuh waktu lebih lama juga untuk mengeringkan kutek ini setelah dipoleskan. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan lampu LED, spray khusus untuk mengeringkan kutek, atau dengan mencelupkan ujung jari Anda ke dalam air.

Tipe cepat kering yang tidak terlalu tahan lama

kutek terbaik

Kutek tipe ini cocok bagi Anda yang sering menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari. Jenis kutek ini memiliki keunggulan yaitu hemat waktu dalam proses pengeringan setelah dipoleskan. Untuk Anda yang hanya memiliki waktu singkat di sela-sela jam makan siang atau ingin segera memoleskan kutek sesaat sebelum bepergian, disarankan untuk memilih kutek tipe ini.

Hanya saja kutek tipe ini juga cepat kering dan mudah menggumpal di dalam botol. Untuk menyiasati agar kutek ini bisa digunakan sampai habis, Anda bisa memasukan cairan pengencer kutek untuk mengembalikannya ke tekstur semula.

Pilih berdasarkan jenis catnya

Kutek dibagi menjadi beberapa jenis jika dilihat dari catnya, tergantung dari efek, tekstur atau hasil akhir yang ingin dihasilkan. Hal tersebut sangat penting untuk menentukan bagaimana cara yang benar untuk mengaplikasikan kutek tersebut. Dengan mengenali jenis catnya, seperti misalnya kutek yang mengandung glitter, memberi efek seperti mutiara, dan sebagainya, Anda bisa menyesuaikan cara mengoleskannya dengan tepat.

Jadi, setelah menentukan warna yang tepat dan tipe kutes yang normal atau cepat kering yang Anda butuhkan, selanjutnya pastikan Anda mengetahui jenis cat pada kutek yang Anda inginkan.

Kutek dengan glitter lebih direkomendasikan untuk pemula

kutek terbaik

Kutek dengan warna gelap dan yang terdapat glitter berukuran agak besar (bukan glitter yang berbentuk bubuk halus) di dalamnya, akan membantu pemula menutupi polesan kutek yang tidak rata pada kuku. Glitter berbentuk powder ataupun yang berukuran lebih besar, masuk dalam kategori kutek yang mudah penggunaannya. Semakin banyak jumlah glitter-nya, semakin mudah Anda menyamarkan bagian kutek yang tidak rata. Asalkan Anda berhati-hati memoleskannya agar jangan sampai melewati permukaan kuku, hasil akhirnya akan tetap terlihat bagus.

Apabila Anda menggunakan warna kutek yang tidak mengandung glitter, disarankan untuk menggunakan warna yang cenderung gelap seperti warna coklat. Warna standar yang mendekati putih akan terlihat mencolok jika Anda tidak rata memoleskannya.

Tipe sheer bagi pengguna intermediate

kutek terbaik

Sheer type adalah kutek dengan warna yang ada nuansa transparannya. Kutek tipe ini sebenarnya tidak benar-benar transparan, tetapi lebih mirip dengan warna susu. Kutek jenis ini hasilnya lebih sulit merata sehingga lebih direkomendasikan untuk Anda yang sudah cukup terbiasa menggunakan kutek.

Bagi Anda yang akan melukis kuku menggunakan kutek lebih dari satu warna, dianjurkan untuk menggunakan tipe ini dan tipe glitter untuk menutupi bagian yang tidak merata dengan hasil akhir yang menawan.

Warna mutiara untuk pengguna yang sudah mahir

kutek terbaik

Produk dengan warna yang mengkilap disarankan bagi Anda yang sudah ahli dalam memoleskan kutek. Untuk mendapatkan perpaduan warna yang indah, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan saat memoleskannya. Oleh karena itu, kutek tipe ini tidak terlalu disarankan untuk para pemula.

Gunakan base coat dan top coat 

kutek terbaik

Banyak kutek terbaik yang dijual, mulai dari harga murah sampai harga ratusan ribu. Dari harganya kita akan melihat perbedaan yang jelas, misalnya kepekatan warna yang dimiliki atau seberapa tahan lamanya suatu produk. Kutek yang dijual dengan harga murah terkadang warnanya kurang bagus, berbeda dengan kutek yang harganya cukup mahal yang memiliki komposisi warna yang lebih indah ketika diaplikasikan.

Jika Anda ingin berinovasi pada kuku Anda, seperti memberikan efek shading atau efek retak, biasanya cat kuku tersebut memiliki harga cukup mahal. Untuk hasil yang lebih maksimal, oleskan base coat sebelum Anda mulai memoles kutek dan gunakan top coatsebagai finishing untuk mendapatkan efek mengilap pada kuku. Kutek dengan harga mahal biasanya sudah memiliki fungsi base coat dan top coat sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah.

7 Rekomendasi kutek terbaik

Setelah membahas cara memilih kutek yang sesuai dengan kebutuhan dan pemakaian, selanjutnya kami akan memperkenalkan produk kutek terbaik yang direkomendasikan untuk mempercantik penampilan kuku Anda. Mari kita simak!

7. Zoya Professional Lacquer

kutek terbaik

Lihat produk ini di Blibli.com

Harga Rp. 140.000

Produk lokal bersertifikat halal

Satu lagi brand lokal yang mengeluarkan produk nail polish adalah Zoya. Kutek merek ini sudah memiliki sertifikasi halal sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang. Kutek ini mempunyai warna yang berpigmen sehingga sangat dianjurkan menggunakan base coat yang bisa melindungi kuku Anda.

Selain warna turquoisenya yang radiant ini, produk dari Zoya ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna, mulai dari yang soft sampai yang ber-glitter. Produk ini tidak mengandung DBP, formaldehyde, paraben, atau zat kimia tambahan lainnya sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir efek samping yang mungkin dihasilkan.

6. Revlon ColorStay Gel Envy

kutek terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga Rp. 69.999

Harga terjangkau dengan hasil memuaskan

Produk kecantikan dari brand Revlon memang menjadi salah satu favorit di kalangan masyarakat, termasuk produk kuteknya yang satu ini. Nail polish dari Revlon kebanyakan didominasi oleh warna-warna cerah dengan hasil yang natural pada kuku. Hanya saja, cat kuku ini agak encer sehingga Anda perlu mengoleskannya beberapa kali agar terlihat menawan.

Harga cat kuku dari Revlon terbilang cukup murah sehingga Anda bisa membeli beberapa warna sekaligus untuk menambah koleksi. Selain itu, cat kuku ini cukup mudah dibersihkan dengan menggunakan aseton atau cairan pembersih kuku.

5. NYX Nail Lacquer

kutek terbaik

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga Rp. 30.000

Cat kuku encer namun tahan lama

Kutek dari NYX ini tersedia dengan 83 warna pilihan, mulai dari pilihan warna soft, warna dengan efek berkilau seperti mutiara, sampai yang ber-glitter. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Kutek ini mempunyai sikat yang ramping sehingga memudahkan Anda untuk memoleskannya pada kuku.

Cat kuku ini cukup cepat mengering dan Anda cukup mengoleskannya minimal 2x untuk mendapat hasil yang maksimal. Kutek NYX ini teksturnya agak encer sehingga Anda tidak perlu khawatir kutek akan menggumpal bahkan jika disimpan dalam jangka waktu lama.

4. Essie Hide & Go Chic

kutek terbaik

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga Rp. 65.000

Dikemas dalam botol kecil dan simpel

Brand ini telah mengeluarkan berbagai produk untuk perawatan kukumulai dari nail polish sampai nail care. Kutek Essie dikemas dalam botol yang kecil dan simpel sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Isinya memang tidak terlalu banyak, tetapi hanya dengan sekali poles saja Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan!

Bulu sikat yang dimiliki kutek ini didesain tidak terlalu lebar, tetapi cukup tebal. Bagi Anda pemula mungkin akan sedikit sulit untuk langsung mendapatkan hasil yang rapi. Akan tetapi, dengan mencobanya berulang kali, lama kelamaan Anda akan terbiasa.

3. OPI Nail Lacquer Sweet Heart

kutek terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga Rp. 149.000

Siapa saja bisa menggunakan OPI

Siapa yang tidak kenal dengan kutek bermerek OPI, salah satu brand yang cukup banyak berinovasi dalam memproduksi nail polish. Produk ini tersedia dengan berbagai pilihan warna, musim, maupun efek-efek yang ditimbulkan seperti retak atau mengilap. Banyak salon kecantikan menggunakan kutek OPI untuk perwarnaan kuku karena hasilnya bagus.

OPI mengeluarkan beberapa pilihan warna untuk kutek dengan tipe sheer, dan salah satunya adalah OPI sweet heart iniProduk ini tidak benar-benar transparan, tetapi juga mengilap. Produk ini cocok bagi Anda yang cukup terbiasa melukis kutek pada kuku. Kisaran harga cat kuku merek ini memang agak mahal. Namun, variasinya beragam dan hasilnya memuaskan.

2. Chanel Le Vernis 

kutek terbaik

Lihat produk ini di Lazada

Harga Rp. 370.000

Dilengkapi bioceramics and ceramide

Brand Chanel merupakan salah satu merek yang sudah mendunia dengan berbagai produk unggulannya. Kutek Chanel Le Vernis ini hadir dengan berbagai varian warna yang beragam, mulai dari warna soft sampai warna-warna cerah. Nail polish ini diformulasikan untuk warna yang tahan lama dan hasil yang mengilap setelah diaplikasikan pada kuku Anda.

Kutek ini dilengkapi dengan bulu sikat yang  lembut dan mudah digunakan. Kandungan bioceramics and creamides di dalamnya mampu memberikan perawatan dan memelihara kesehatan kuku Anda. Meskipun ukurannya cukup kecil, Anda bisa memakainya sampai habis karena tipenya tidak cepat kering atau menggumpal walaupun dibiarkan dalam waktu yang lama.

1. Inglot O2M Breathable Nail

kutek terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga Rp. 190.000

Dirancang untuk menjaga kesehatan kuku

Produk merek Inglot yang berasal dari Polandia ini tersedia dalam banyak pilihan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan pemakaian. Kutek ini memastikan kuku Anda tetap bernafas sehingga kuku tetap sehat walaupun sedang diolesi nail polish. Dengan menggunakan kutek Inglot, kuku Anda tidak hanya menjadi cantik secara penampilan, tetapi juga tetap sehat.

Dari segi seberapa cepat keringnya setelah dioleskan, kutek ini berada di tengah-tengah, tidak terlalu lama kering tetapi juga tidak terlalu cepat kering. Kutek Inglot cukup mudah untuk digunakan, tidak menggumpal saat dioleskan dan tahan lama. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda tidak perlu memoleskan cat kuku ini berulang kali.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara memilih kutek terbaik dan membaca produk rekomendasi di atas, apakah Anda sudah menentukan kutek terbaik mana yang  Anda inginkan? Kami harap ulasan di atas bisa membantu Anda menemukan nail polish yang paling cocok untuk Anda.

Pilihlah kutek yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget Anda. Miliki kutek terbaik untuk menambah koleksi dan mendapatkan kuku yang cantik menawan!

Sumber

Share your thoughts