lip balm terbaik

7 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Merawat Bibir Kering Tahun 2020

Bibir yang sehat dan terawat merupakan nilai tambah yang dapat menunjang penampilan Anda. Kulit bibir memiliki tekstur lebih lembut dan lebih tipis daripada kulit di bagian tubuh lain, sehingga membutuhkan perawatan khusus. Karena tidak memiliki kelenjar minyak dan kelenjar keringat, kulit bibir rentan menjadi kering. Lip balm merupakan salah satu produk skin care yang penting untuk  melembapkan bibir dan mencegah kondisi bibir kering dan pecah-pecah. Saat ini sudah banyak produk lip balm terbaik dari berbagai merk.

Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih lip balm dan memperkenalkan beberapa produk lip balm terbaik yang kami rekomendasikan. Temukan lip balm terbaik favorit Anda!

Cara memilih lip balm terbaik

Terdapat berbagai macam lip balm terbaik yang tersedia di pasaran. Ada yang berwarna, ada yang berbau wangi, dan ada pula yang dilengkapi dengan perlindungan sinar UV.

Jenis dari lip balm juga bermacam-macam. Ada yang padat, krim, dan juga cair. Hal ini dipengaruhi oleh kadar pelembap yang dimilikinya. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat akan memilih lip balm terbaik yang cocok untuk Anda.

Kemasan atau bentuk dari lip balm

lip balm terbaik

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih produk lip balm adalah kemasan atau bentuknya, karena hal ini akan mempengaruhi bagaimana Anda mengaplikasikan lip balm pada bibir Anda. Bila Anda suka mengoleskan lip balm dengan jari pada bibir Anda, maka Anda dapat memilih bentuk jar atau pot. Jika Anda suka bentuk gel atau cair, maka bentuk tube dapat Anda pilih. Dan Anda dapat memilih jenis stick, bila Anda suka mengoleskan lip balm bentuk padat seperti lipstik pada bibir Anda.

Kandungan dari lip balm

lip balm terbaik

Karena penggunaan lip balm adalah langsung pada bibir Anda dan digunakan dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya Anda mengerti kandungan di dalamnya. Berikut beberapa kandungan yang perlu Anda perhatikan saat memilih lip balm.

Kadar pelembap

Fungsi utama dari lip balm adalah memberikan kelembapan pada bibir, sehingga hal penting dalam memilih lip balm adalah kadar pelembap yang terkandung di dalamnya.

Pada umumnya lip balm memiliki kandungan emollient atau pelembap berbahan alami. Beberapa bahan yang mengandung emollient adalah minyak jojoba, minyak biji almond, cocoa buttershea butterbeeswax dan petroleum mineral oil.

Namun, lebih baik berhati-hati dengan penggunaan petroleum mineral oil, karena bila tidak mengalami pemurnian dengan sempurna, bahan ini bisa jadi berbahaya bagi kulit Anda. Sehingga bila Anda tidak yakin dengan kualitas pemurniannya, sebisa mungkin hindari lip balm yang mengandung bahan ini. Berikut beberapa kandungan yang merupakan bagian dari petroleum mineral oil:

  • microcrystalline wax
  • butylated hydroxytoluene (BHT)
  • petrolatum
  • parafin cair
  • parafin.

Untuk Anda yang memiliki bibir kering, pilihlah lip balm dengan kadar pelembap yang tinggi. Produk lip balm dengan kadar kelembapan tinggi pada umumnya dapat bertahan pada bibir untuk waktu cukup lama meski hanya dengan sekali usap.

Semakin natural kandungan dari lip balm, maka akan lebih baik. Namun bagi Anda yang memiliki alergi, pastikan produk lip balm terbaik yang akan Anda beli tidak mengandung bahan yang dapat memicu alergi Anda.

Perasa dan wewangian

Beberapa individu suka dengan lip balm yang memiliki wangi manis atau buah-buahan, namun sebagian lain menghindarinya. Hal ini merupakan pilihan masing-masing individu bergantung pada kesukaannya. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit bibir yang sensitif, lebih baik pilihlah produk yang bebas pewarna dan wewangian, untuk mencegah iritasi yang akan membuat bibir Anda semakin kering.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bila lip balm mengandung perasa, contohnya rasa buah-buahan, pada umumnya akan memiliki sedikit rasa manis, sehingga menimbulkan kecenderungan untuk menjilat bibir. Hal ini akan menyebabkan lapisan lip balm terjilat dan bibir akan menjadi kering.

Tambahan fungsi

Kini banyak lip balm terbaik yang dilengkapi dengan berbagai tambahan fungsi, seperti perlindungan terhadap sinar UV. Hal ini perlu diperhatikan terutama bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, apalagi Indonesia merupakan negara tropis dengan matahari yang cukup terik! Beberapa jenis lip balm juga dilengkapi dengan kandungan yang bertujuan untuk mencerahkan warna bibir, sehingga tidak tampak kusam atau gelap. Selain itu, ada juga lip balm yang memiliki kandungan lip tint sehingga dapat memberikan warna yang cantik pada bibir Anda meski tidak bold seperti lipstick.

7 Rekomendasi lip balm terbaik untuk merawat bibir kering

Berikut kami rekomendasikan beberapa produk lip balm terbaik untuk Anda. Pastikan Anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

7. The Body Shop Born Lippy Stick

lip balm terbaik

Lihat produk ini di Lazada

Rp. 89.000

Melembapkan bibir Anda dengan rona merah muda

Lip balm keluaran The Body Shop hadir dengan kandungan Community Fair Trade Marula Oil dan beeswax yang mampu membantu mengembalikan kondisi bibir Anda menjadi lembut dan sehat.

Dilengkapi dengan inovasi enam warna yang cantik, lip balm ini cocok untuk Anda yang ingin bibir lembut dan dapat Anda gunakan saat sedang tidak mood mengenakan lipstick. Dapatkan bibir lembap dan sehat disertai dengan rona merah muda yang cantik setelah mengoleskan lip balm ini!

6. Wardah Lip Balm

lip balm terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 18.700

Satu lip balm, banyak fungsi!

Bagi Anda yang suka mengoleskan lip balm dengan jari, produk dari Wardah ini dapat menjadi pilihan karena berbentuk jar. Diperkaya dengan jojoba oil, olive oil dan juga vitamin E yang ampuh sebagai moisturizer, setelah menggunakan produk ini, bibir Anda akan terasa lembut, lembap, dan berkilau!

Meski mengandung parafin cair, namun Anda tidak perlu khawatir karena produk ini telah memiliki ijin BPOM kok! Dengan harga yang terjangkau, lip balm ini juga dilengkapi dengan UV protection, sehingga cocok bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

5. Nivea Lip Original Care

lip balm terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 35.000

Perawatan bibir yang tahan lama!

Bagi Anda yang kerap sibuk dengan aktivitas seharian, produk lip balm dari Nivea dapat menjadi pilihan untuk menjaga kelembapan bibir Anda. Dengan kandungan shea butter, lip balm ini mampu memberikan perawatan pada bibir Anda hingga 12 jam.

Lip balm klasik ini juga mengandung panthenol yang menimbulkan sensasi dingin pada saat Anda mengulaskan pada bibir lho!

4. Maybelline Baby Lips Electro

lip balm terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 32.000

Lip balm yang tidak membosankan!

Maybelline hadir dengan inovasi lip balm berwarna elektrik neon yang cerah dan colorful, serta dapat membuat penampilan Anda semakin menarik, cocok bagi Anda yang ingin bibir tetap lembap dan sehat namun juga ingin tampil berbeda!

Meski warnanya tidak tahan selama lipstik, namun kelembapannya yang diperkaya dengan shea butter dan vitamin E dapat Anda rasakan hingga 8 jam. Produk ini mengandung petrolatum, namun aman menurut badan pengawas obat Amerika Serikat (FDA), sehingga Anda tidak perlu khawatir!

3. Sebamed Lip Defense

lip balm terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 45.000

Perlindungan menyeluruh untuk bibir Anda!

Produk lip balm dari Sebamed ini memiliki triple protection yakni melembapkan bibir kering, melindungi bibir dari paparan sinar matahari serta meremajakan kulit bibir. Dengan kandungan natural, produk ini aman bagi Anda yang memiliki bibir sensitif.

Tidak hanya itu, lip balm ini juga dapat menemani aktivitas Anda di luar ruangan karena dilengkapi dengan SPF 30.

2. L’Occitane Shea Moisturizing Organic Lip Balm

lip balm terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 17.900

Bahan natural yang ampuh mengatasi bibir kering!

Bila Anda memiliki masalah pada bibir Anda seperti bibir kering dan pecah-pecah, jangan khawatir! Dengan kandungan utama shea butterlip balm dari L’Occitane ini terbukti ampuh melembapkan, menutrisi dan melindungi bibir kering dan pecah-pecah.

Bila Anda memiliki kulit bibir sensitif, lip balm yang bersertifikasi organik ini aman untuk Anda gunakan.

1. EOS Organic Lip Balm

lip balm terbaik

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 29.000

Si bulat yang kaya akan nutrisi!

Bila Anda menyukai lip balm yang memiliki aroma manis aneka buah, maka produk dari EOS ini dapat menjadi pilihan. Dengan kemampuan mengembalikan kelembapan bibir dan membuat bibir menjadi lebih sehat, lip balm ini berbahan dasar organik dan natural, sehingga aman bahkan bagi Anda yang berkulit bibir sensitif.

Produk yang sangat populer di Amerika Serikat ini memiliki bentuk bulat seperti bola, sehingga mudah untuk digunakan dengan presisi yang tepat di bibir!

Kesimpulan

Demikian paparan mengenai cara memilih lip balm terbaik dan beberapa rekomendasi produk dari kami. Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah menemukan lip balm terbaik yang Anda suka? Jangan lupa jaga selalu kelembapan dan kesehatan bibir Anda ya!

Sumber

Share your thoughts