kulit kombinasi

7 Rekomendasi Sabun Kulit Kombinasi Terbaik Tahun 2020

Apakah Anda sedang mencari sabun kulit kombinasi? Sebelum menjawabnya, Anda harus tau bahwa setiap orang jenis kulit wajah yang berbeda-beda, seperti kulit normal, kulit berminyak, atau kulit kering. Namun, ada pula orang yang memiliki jenis kulit kombinasi, yaitu cenderung berminyak di zona T yang termasuk bagian hidung, dahi, dan dagusedangkan pada area pipi, rahang, dan sekitarnya yang disebut juga zona U cenderung normal hingga kering. Sehingga, Anda perlu memilih sabun kulit kombinasi terbaik yang cocok untuk Anda gunakan.

Cukup banyak orang yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi tapi kurang tepat memilih sabun kulit kombinasi, akibatnya, kondisi kulit wajah mereka semakin parah dan produksi minyak atau sebum di wajah menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membantu Anda menemukan sabun muka batangan yang tepat untuk kulit kombinasi.

Orang Indonesia memiliki jenis kulit kombinasi?

sabun kulit kombinasi

Orang Indonesia sendiri banyak memiliki jenis kulit wajah kombinasi. Hal ini disebabkan zona T memiliki lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan zona U. Hal ini jugalah yang menyebabkan zona T menjadi lebih berminyak.

Setiap individu memiliki jumlah kelenjar minyak dan produksi sebum yang berbeda. Terkadang, permasalahan kulit kombinasi bisa muncul disebabkan faktor usia, sekresi sebum berlebih akibat faktor eksternal seperti paparan sinar UV dan pendingin ruangan, memakai produk perawatan wajah yang tidak tepat, dan berbagai faktor lainnya. Dengan demikian, sudah sewajarnya Anda harus memberikan perhatian khusus dan menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai.

Cara memilih sabun kulit kombinasi terbaik

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya Anda dapat memilih sabun yang tepat. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya!

Pilih sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di wajah

sabun kulit kombinasi

Kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi terlalu fokus dengan sebum berlebih di zona T sehingga dengan segera memilih sabun muka yang ampuh menghilangkan sebum di wajah. Perlu diketahui bahwa sabun muka yang terlalu kuat dalam menghilangkan sebum malah dapat membuat kulit menjadi kering dan kaku, padahal wajah juga memerlukan sebum dalam jumlah normal.

Sebum di wajah bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Apabila wajah terlalu kering, kulit akan memproduksi sebum lebih banyak lagi sehingga wajah Anda malah semakin mengilap. Oleh karena itu, pilihlah sabun muka yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di wajah.

Pilih sabun yang lembut dan menghasilkan banyak busa

sabun kulit kombinasi

Bagi pemilik kulit kombinasi disarankan untuk menggunakan sabun kulit kombinasi yang berbentuk batangan yang dapat menghasilkan banyak busa dan lembut. Busa yang banyak dan lembut mampu mengangkat sebum dari kulit wajah secara efektif tanpa membuat wajah menjadi kering. Bagaimanapun, wajah tetap memerlukan sebum dalam jumlah normal untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal dan awet muda.

Selain itu, pemilik kulit wajah kombinasi disarankan untuk tidak mencuci muka lebih dari satu menit. Terlalu lama menggosok wajah secara berlebihan dapat berakibat hilangnya seluruh sebum di wajah yang kemudian akan memperburuk kondisi wajah Anda. Pastinya Anda tidak mau kondisi wajah Anda semakin parah, bukan?

Pilih sabun yang mengandung pelembap

sabun kulit kombinasi

Biasanya sabun batangan bersifat basa dan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, sifat basa pada sabun juga bisa membuka pori-pori kulit wajah sehingga seluruh kotoran dan sebum terangkat saat mencuci muka. Untuk tetap menjaga kelembapan kulit wajah, pilihlah sabun batangan yang mengandung pelembap seperti hyaluronic acid, royal jelly, minyak zaitun, atau glycerin. 

Hyaluronic acid, royal jelly, minyak zaitun, dan glycerin adalah pelembap alami yang dapat menjaga elastisitas kulit wajah Anda. Dengan menggunakan sabun batangan yang mengandung pelembap, wajah Anda tidak akan menjadi kering.

Pilih sabun dengan aroma favorit Anda

sabun kulit kombinasi

Sabun cuci muka akan digunakan setiap hari, karena itu penting bagi Anda untuk memilih sabun dengan aroma yang sesuai dengan selera Anda. Sabun muka berbentuk batang yang beredar di pasaran kini memiliki bermacam-macam aroma, seperti aroma buah atau bunga. Beberapa sabun bahkan mengandung aroma yang berasal dari essential oil yang sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah.

Sabun muka batangan yang tidak beraroma mungkin membuat Anda tidak semangat mencuci muka, padahal jika Anda tidak mencuci muka, wajah Anda bisa terlihat kusam. Oleh karena itu, perhatikan aroma pada sabun yang Anda gunakan karena selain bisa memperbaiki mood, aroma segar membuat kegiatan cuci muka jadi lebih menyenangkan.

7 Rekomendasi sabun kulit kombinasi berbentuk batangan

Berikut ini adalah 7 rekomendasi sabun cuci muka batangan terbaik untuk kulit kombinasi yang telah kami rangkum untuk Anda. Pilihlah sabun cuci muka yang tepat sesuai kebutuhan Anda, ya!

7. Bathaholic Charcoal Tea Tree

sabun kulit kombinasi

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 60.000

Bersih tuntas dengan perpaduan charcoal dan tea tree

Face Soap Charcoal Tea Tree ini mengandung minyak alami yang dapat menjaga kelembaban kulit wajah. Selain itu, sabun ini mengandung karbon aktif yang dapat membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah dengan baik, dibantu oleh Tea Tree oil, untuk menghindarkan kulit wajah dari bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Sabun kulit kombinasi ini mungkin bisa menjadi salah satu yang perlu Anda coba.

6. Sebamed Clear Face Cleansing Bar

sabun kulit kombinasi

Lihat produk ini di Shopee

Rp. 80.000

Membersihkan dan menutrisi kulit tanpa merusak kulit

Sebamed Clear Face – Cleansing Bar adalah pembersih yang 100% bebas sabun dan membantu membersihkan tubuh Anda sehingga halus dan lembut. Pembersih ini juga meminimalkan risiko kekeringan atau iritasi pada kulit Anda. Dengan pelembab kompleks dengan minyak gandum, vitamin dan asam amino, Sebamed Clear Face – Cleansing Bar memberi nutrisi pada kulit Anda sehingga kulit Anda pun tampak bersih dan sehat.

Sebamed merupakan salah satu merek terkemuka untuk obat perawatan kulit dengan nilai pH 5,5 kulit yang sehat. Semua produk dari Sebamed mengandung bahan aktif berkualitas tinggi yang membersihkan dan memberi nutrisi pada kulit tanpa merusak mantel perlindungan asam alami. Lebih dari 120 studi ilmiah telah menguji efektivitas dan kompatibilitas kulit dari semua produk Sebamed telah mengkonfirmasi bahwa produk perawatan kulit mereka baik untuk kulit sensitif dan bermasalah

5. Body Talk Gentleman’s Bar Almond Mint

sabun kulit kombinasi

Lihat produk ini di Shopee

Rp. 45.000

Sabun all-in-one bar!

Sabun handmade ini memiliki beragam varian salah satunya adalah varian almond mint. Sabun ini cocok untuk seluruh tubuh Anda mulai dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan saat bepergian dan menginap, tetapi tetap ingin merawat kulit wajah, sabun ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Selain itu, Anda tidak perlu repot membawa shampoo maupun face wash, karena sabun ini juga bisa digunakan sebagai shampoo dan face wash.

Almond dikenal baik untuk melembapkan, menghaluskan, meredakan iritasi, hingga mengangkat sel kulit mati. Sementara, daun mint berkhasiat untuk meredakan jerawat, mengurangi komedo, memudarkan noda hitam pada wajah, dan mengangkat sel kulit mati.

4. RDL Cucumber Brightening Soap

sabun kulit kombinasi

Lihat produk ini di Bukalapak

Rp. 22.500

Ekstrak mentimun yang dapat mengencangkan dan mengurangi kadar minyak berlebih tanpa membuat wajah kering

Sabun RDL Cucumber Brightening Soap adalah Sabun dengan extract Mentimun/Timun yang memiliki khasiat mengencangkan dan mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit. Sehingga dapat membuat wajah Anda lebih segar dan cerah serta kandungan air dalam mentimun yang berfungsi menghindarkan kulit dari kekeringan,  ditambah extract vutamin A, C dan E yang menutrisi kulit menjadi lebih lembut dan awet muda.

Sangat cocok digunakan wajah yang berjerawat karena bersifat menenangkan peradangan jerawat serta mengurangi noda-noda bekas jerawat. Selain itu, sabun ini juga dapat Anda gunakan sebagai sabun kulit kombinasi.

3. Merry Life Diamond Face Facial Soap

sabun kulit kombinasi

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 250.000

Detoksifikasi dengan kandungan bahan alami

Diamond Face Facial Soap adalah sabun eksklusif yg diformulasikan khusus untuk wajah dengan manfaat mendetoksifikasi, membersihkan, memutihkan, mencerahkan, mengecilkan ukuran pori-pori, menghaluskan permukaan kulit dan memperbaiki tekstur kulit Anda.

Diamond Face Facial Soap merupakan formula eksklusif yang terdiri dari bahan-bahan alami seperti Lingzhi Powder, Aloe Vera, Citrus Fruits, Olive Oil, Jojoba Oil, Cocos Nucifera Oil, Brown Rice Oil, Deep Sea Minerals, Extract Green Tea dan Red Tea dalam bentuk sabun yang unik dan efektif untuk pemakaian sehari-hari.

2. L’Occitane Ultra Gentle Soap

sabun kulit kombinasi

Lihat produk ini di Tokopedia

Rp. 280.000

Busa krim yang sangat lembut juga menjadikan kulit halus dan segar

Lembut digunakan sebagai sabun pembersih wajah sehari-hari, Ultra Rich Face Soap diformulasikan dengan pembersih berbahan dasar nabati. Sabun yang melembapkan ini kaya akan Shea Butter (7%) dan secara lembut membersihkan kulit tanpa menjadikannya kering, serta menjaga lapisan hidrolipidic kulit. Menghasilkan busa bagai krim dan menjadikan kulit terasa nyaman, halus dan segar. Terdapat pula kandungan sunflower seed oil yang mampu menjaga kulit dari sinar matahari dan menghilangkan jerawat.

Kemudian, sabun ini menghasilkan busa krim yang sangat lembut sehingga aman digunakan bahkan untuk bayi sekalipun. Sabun berwarna putih ini juga mampu membuat kulit Anda menjadi sangat halus dan kenyal.

1. New Image Alpha Lipid Bio-Rejuv

sabun kulit kombinasi

Lihat produk ini di Shopee

Rp. 440.800

Sabun yang bebas detergen dan ramah lingkungan

Selama ini kita mengenal detergen sebagai bahan utama pembuat sabun. Namun, sebenarnya banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh detergen itu sendiri, di antaranya adalah membuat kulit kering dan mencemarkan lingkungan. Bagi pemilik kulit wajah kombinasi, detergen dapat membuat kulit di zona T semakin berminyak. Anda harus lebih memperhatikan komposisi sabun yang Anda beli.

Sabun ini sendiri merupakan sabun bebas detergen yang dapat membersihkan kulit wajah dengan teknologi bioaktif. Senyawa bioaktif ini juga mampu menutrisi dan menumbuhkan sel-sel kulit baru sehingga wajah Anda akan tampak muda.

Cara mendeteksi jenis kulit wajah kombinasi

sabun kulit kombinasi

Mendeteksi jenis kulit wajah kombinasi tidaklah sulit. Cukup basuh wajah Anda hanya dengan menggunakan air, kemudian keringkan dengan handuk, lalu diamkan selama 20 menit. Apabila zona T di wajah Anda berminyak, sedangkan zona U kering, bisa dipastikan bahwa Anda memiliki jenis kulit kombinasi.

Anda bisa mengulangi cara di atas jika mulai timbul banyak masalah kulit atau ketika pelembap wajah Anda sudah tidak terasa ampuh seperti sediakala, padahal Anda sudah melakukan rutinitas perawatan wajah dengan benar. Hal tersebut bisa jadi karena kulit Anda telah mengalami perubahan kondisi karena faktor usia dan lingkungan. Mendeteksi kondisi kulit wajah dapat membantu Anda menemukan perawatan terbaik untuk kulit wajah Anda.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda sudah menemukan sabun yang tepat? Pemilihan sabun yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit dapat membuahkan hasil yang maksimal sehingga wajah Anda bebas dari masalah kulit dan terjaga kesehatannya. Selain itu, disiplin dalam mencuci muka juga menjadi kunci untuk menyeimbangkan kadar sebum pada kulit wajah kombinasi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sebelumnya bingung memilih produk yang tepat untuk kulit kombinasi.

Sumber

Share your thoughts