sabun wajah penghilang komedo

7 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik Tahun 2020

Komedo merupakan masalah wajah yang dihadapi oleh hampir semua wanita di dunia. Cara merawatnya pun tidak boleh sembarangan. Jika kita tidak menggunakan produk khusus perawatan wajah berkomedo, kondisi komedo malah bisa jadi lebih parah. Untuk itu, diperlukan sabun wajah penghilang komedo terbaik agar komedo tidak bertambah banyak.

Anda juga perlu tahu penyebab munculnya komedo di wajah agar dapat mengatasinya dengan cara yang tepat. Kami juga akan memberikan informasi tentang bagaimana cara memilih produk sabun wajah penghilang komedo dan beberapa produk sabun wajah penghilang komedo yang tepat untuk tipe kulit Anda.

Mengapa pori-pori menjadi gelap?

Sebelum Anda memilih sabun wajah penghilang komedo, Anda perlu tahu penyebab komedo Anda terlebih dahulu. Untuk itu, kami akan memberikan informasi tentang faktor pemicu yang menyebabkan komedo muncul ke permukaan.

Terdapat sebum dan kotoran di pori-pori

sabun wajah penghilang komedo

Jika Anda memiliki tipe wajah yang berminyak, sebum atau minyak di sekitar hidung pasti menjadi masalah tersendiri untuk Anda. Namun, apakah Anda menyadari bahwa sebum tersebut juga merupakan penyebab munculnya komedo di hidung Anda?

Komedo dapat muncul ke permukaan ketika produksi minyak pada kulit berlebihan. Minyak tersebut akan menyumbat pori-pori Anda, lalu teroksidasi. Dari proses tersebut, munculah bintik-bintik hitam yang biasa disebut komedo. Selain itu, sisa-sisa makeup lama yang tidak terangkat dari pori-pori kulit juga turut berperan dalam pembentukan komedo.

Pori-pori yang terbuka

sabun wajah penghilang komedo

Kondisi ini dapat terjadi karena kondisi kulit kering dan penuaan kulit. Biasanya, rongga pori yang terbuka tersebut menampilkan warna gelap seperti bayangan. Daerah pori yang terbuka tersebut dapat memicu produksi sebum yang berlebihan, bahkan dalam kondisi kulit kering sekalipun. Untuk itu, hati-hatilah dengan produk sabun wajah penghilang komedo yang dapat mengurangi minyak tapi tidak memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit Anda.

Pengaruh paparan sinar ultraviolet

sabun wajah penghilang komedo

Melanin yang terdapat pada kulit akan diproduksi secara berlebihan jika kulit terpapar sinar ultraviolet. Akibatnya pori-pori menjadi berwarna gelap. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda menggunakan produk sabun wajah penghilang komedo yang dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet.

Cara memilih sabun wajah penghilang komedo

Untuk membersihkan komedo yang ada di wajah, kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu agar komedo dapat teratasi dengan tepat. Berikut adalah beberapa penyebab komedo dan formula tepat untuk mengatasinya.

Pilih berdasarkan penyebab munculnya komedo

Anda perlu tahu kandungan yang tepat pada produk sabun wajah penghilang komedo untuk mengatasi komedo di wajah. Berikut ini kami berikan informasi tentang bahan-bahan yang ampuh untuk menghilangkan komedo Anda berdasarkan penyebabnya.

Penyumbatan akibat sebum di wajah: pilih produk dengan formula clay dan enzim

sabun wajah penghilang komedo

Jika komedo Anda muncul karena adanya sumbatan sebum dan sisa makeup yang masuk ke pori-pori, produk yang mengandung enzim dan clay tepat untuk Anda. Dengan menggunakan produk berkandungan enzim, sumbatan tersebut akan lebih mudah luruh dari pori-pori. Hal tersebut dikarenakan enzim memiliki sifat dapat menguraikan protein dan lipid yang berarti dapat pula menguraikan sumbatan-sumbatan pada pori.

Biasanya, enzim yang terdapat pada sabun pencuci muka adalah enzimpapainbromelain, and protease. Jika Anda memiliki masalah komedo akibat terdapatnya penyumbatan sebum, Anda dapat memeriksa apakah kandungan tersebut ada di dalam sabun wajah penghilang komedo yang Anda pilih.

Clay atau lumpur juga dapat meluruhkan secara efektif. Selain itu kandungan-kandungan seperti asam salisilat, asam buah, arang (charcoal), asam glikolat, asam laktat juga dapat membantu meluruhkan kotoran tersebut. Jika bahan-bahan tersebut ada dalam satu produk, produk tersebut akan sangat efektif membersihkan komedo.

Akibat pori-pori terbuka: pilih produk dengan aloe vera atau hyaluronic acid

sabun wajah penghilang komedo

Pori-pori terbuka dapat disebabkan oleh keringnya kulit. Untuk itu kulit membutuhkan pelembab lebih agar pori-pori dapat mengecil sehingga komedo tidak lagi muncul. Bahan yang baik untuk membantu permasalahan tersebut adalah aloe vera dan hyaluronic acid. Pilihlah produk pencuci muka yang mengandung bahan yang dapat melembapkan. Bahan-bahan seperti gliserin, squalane, dan ceramide juga bagus untuk melembabkan kulit. Lebih baik lagi jika produk pembersih muka tersebut mengandung busa sehingga dapat lebih efektif dalam membersihkan kulit dari kotoran.

Akibat paparan sinar ultraviolet: pilih yang mengandung bahan antioksidan

sabun wajah penghilang komedo

Jika komedo yang ada di wajah Anda terjadi karena paparan sinar ultraviolet, produk sabun wajah penghilang komedo yang tepat untuk mengatasinya adalah yang mengandung antioksidan. Antioksidan dapat berupa vitamin C dan E. Kedua vitamin tersebut merupakan antioksidan yang baik untuk kulit. Selain itu, zinc dan zat besi juga terbukti efektif untuk membantu menghilangkan komedo akibat sinar ultraviolet.

Perhatikan kandungan bahan lainnya

sabun wajah penghilang komedo

Selalu perhatikan bahan dari sabun wajah penghilang komedo yang akan Anda beli untuk menghilangkan komedo di wajah. Jika Anda tidak memperhatikan kandungan dari produk tersebut, bisa jadi komedo Anda malah akan menjadi lebih banyak. Seperti yang telah disebutkan di atas, kandungan pelembab seperti hyaluronic acid dan ceramide merupakan kandungan yang baik untuk kulit Anda.

Sebagai tambahan, face wash memang mengandung bahan-bahan yang dianggap baik untuk kulit. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati dan tetap memeriksa kandungan produk agar wajah Anda tetap terlindungi dari kerusakan.

Perhatikan keamanan produk

sabun wajah penghilang komedo

Karena produk skincare langsung bersentuhan dengan kulit, pastikan bahwa produk tersebut mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit Anda. Perhatikan kandungan bahan-bahan aditif seperti pengawet (contohnya paraben), pewangi, atau bahan lainnya. Setiap individu memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap bahan kimia tertentu. Jika kandungan tersebut tidak berpengaruh buruk terhadap kondisi kulit Anda, tidak masalah untuk tetap memakainya.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang tidak cocok di kulit Anda.

Pilih produk dengan sedikit kandungan surfaktan

sabun wajah penghilang komedo

Perbedaan antara sabun wajah batangan dan facial foam adalah kandungan surfaktannya. Surfaktan merupakan zat yang dapat menyatukan air dan minyak. Akan tetapi, zat ini seringkali menjadi penyebab utama masalah kulit terasa kaku dan tidak nyaman.

Meskipun tidak begitu baik untuk kulit, surfaktan memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran di wajah. Surfaktan juga sangat berperan dalam menghilangkan komedo di wajah Anda. Meskipun begitu, tetap batasi penggunaan surfaktan dengan memilih  face wash berkandungan surfaktan yang tidak banyak.

Perlu diingat bahwa memang baik jika Anda menggunakan face wash yang tidak mengandung surfaktan sama sekali, namun tidak ada salahnya Anda tetap menggunakan face wash yang mengandung surfaktan. Terutama jika produk tersebut tidak membuat wajah Anda semakin bermasalah.

Pertimbangkan kinerja dan harga produk

sabun wajah penghilang komedo

Sabun muka merupakan produk skincare yang wajib digunakan setiap hari. Oleh sebab itu, harga juga perlu dipertimbangkan. Meskipun produk tersebut memiliki kandungan yang baik dalam menghilangkan komedo, Anda pasti akan berpikir dua kali untuk membelinya jika harganya terlalu mahal. Agar kantong Anda tidak kempis hanya karena membeli produk sabun wajah, pilihlah produk dengan harga yang wajar dan sesuai budget, ya!

7 Rekomendasi sabun wajah penghilang komedo terbaik

Di bawah ini merupakan rekomendasi produk sabun wajah penghilang komedo terbaik yang telah kami pilih dengan cermat untuk mengatasi komedo di wajah Anda. Pilihlah sesuai dengan tipe komedo Anda!

7. Biore Pore & Oil Clear Facial Foam

sabun wajah penghilang komedo

Lihat produk ini di Shopee

Harga Rp. 23.300

Tuntas bersihkan minyak berlebih dan kotoran hingga ke pori

Biore Facial Foam Pore & Oil Clear merupakan salah satu produk dari KAO yang luar biasa, karena mengandung ‘Micro Scrub’ yang dapat membersihkan hingga ke pori kulit, serta mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Dengan Skin Purifying Technology, dan Witch Hazel yang dikenal sebagai penyegar untuk meringkas pori yang dapat menjadikan kulit cerah dan tak berminyak.
Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah komedo karena penyumbatan sebum dan kotoran. Selain itu, produk ini juga cocok untuk Anda yang memiliki pori terbuka.

6. Acnes Natural Care Deep Pore Face Wash

sabun wajah penghilang komedo

Lihat produk ini di Shopee

Harga Rp.26.500

Dengan microbeads scrub yang optimal membersihkan pori-pori

Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Facewash merupakan salah satu pembersih wajah yang dapat digunakan untuk membersihkan kulit dari adanya masalah jerawat dan komedo di wajah Anda. Sabun wajah yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dengan kandungan natural scrub dan olive oil sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit saat digunakan, produk ini menjadi salah satu rekomendasi karena dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Produk ini juga mengandung antibakteri yang dapat mencegah kulit Anda dari jerawat. Anda dapat menggunakannya 2 sampai 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

5. Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam

sabun wajah penghilang komedo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga Rp. 23.000

Bersihkan pori-pori dan cerahkan kulit

Produk ini diformulasikan dengan vitamin B3 dan Activated Carbon yang dikenal dapat menyerap dan mengangkat kotoran dari permukaan sampai kedalam pori-pori kulit wajah Anda. Pond’s Pure White dengan 3x Purify Power membuat wajah Anda 3x lebih bersih bercahaya. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki pori-pori gelap karena terlalu banyak terpapar sinar matahari.

4. Clean and Clear Daily Pore Cleanser

sabun wajah penghilang komedo

Lihat produk ini di Shopee

Harga Rp. 23.320

Mampu menghilangkan komedo sekaligus mengecilkan pori-pori.

Kandungan Salicylic Acid, Apple Extract, Micro Beads, dan PURERICE yang bekerja dengan dua cara untuk membersihkan komedo dan membantu mengecilkan pori-pori kulit Anda. Jadi kulit terasa bersih dan lembut. Selain itu, produk ini dapat membersihkan komedo dan pori yang tersumbat pada sumbernya, menyerap dan mengurangi minyak berlebih yang menyebabkan komedo dan mencegah terbentuknya komedo baru (Oil control).

Cara pemakaian : Tuangkan secukupnya pada telapak tangan yang basah dan gosok hingga berbusa. Usapkan pada wajah dan pijat perlahan-lahan, hindari area mata. Bilas dengan air hingga bersih. Gunakan dua kali sehari.

3. Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash

sabun wajah penghilang komedo

Lihat produk ini di Shopee 

Harga Rp. 32.500

Face wash tanpa busa dengan agen exfoliate yang lembut

Gentle Exfoliating Daily Face Wash merupakan salah satu face wash yang tidak memiliki kandungan busa sehingga sangat efektif untuk membersihkan kulit wajah Anda karena tidak akan menyumbat pori dan menimbulkan komedo.

Mengandung ekstrak neem dan lemon yang dapat mengurangi kadar minyak pada wajah, selain itu juga mengandung aloe vera yang dapat menenangkan dan melembabkan kulit Anda. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kotoran dan minyak yang tersumbat di pori.

2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

sabun wajah penghilang komedo

Lihat produk ini di Shopee

Harga Rp. 182.000

Agen eksfoliasi ringan dengan BHA alami dan pH rendah

Dengan pH yang telah disesuaikan dengan pH alami tubuh, produk ini mampu memberikan lingkungan yang ideal untuk kulit. Produk ini juga mengandung beta hydroxy acid (BHA) alami yang dapat memperbaiki tekstur kulit dan sekaligus mengeksfoliasinya. Kandungan tea tree oil-nya mampu mengontrol minyak di wajah dan mengecilkan pori.

Selain itu, produk bertekstur gel ini ampuh membersihkan seluruh wajah hingga ke pori dan tidak akan menyumbatnya. Cocok untuk semua jenis kulit dan direkomendasikan oleh Anda yang memiliki masalah pori-pori yang terbuka. Produk ini tidak akan membuat kulit Anda kering.

1. Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam

sabun komedo

Lihat produk ini di Shopee

Harga Rp. 205.000

Pembersih wajah dengan busa yang halus

Produk dari Laneige ini memiliki tiga kelebihan dalam produknya. Pertama, memberikan kelembapan pada kulit dengan kandungan mint, sehingga kulit terasa nyaman setelah dibersihkan. Kedua, efektif membersihkan pori dengan gelembung halusnya. Ketiga, melembapkan kulit dengan moisture capsule-nya.

Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam ini juga dapat mengendalikan jumlah sebum di wajah tanpa menghilangkan kelembapannya. Produk ini dapat digunakan oleh Anda yang memiliki pori-pori tersumbat oleh kotoran. Komedo akan terangkat dan pori-pori, sehingga wajah akan terasa lebih bersih.

Kesimpulan

Komedo dapat muncul di wajah karena bermacam-macam faktor. Untuk itu, pemilihan sabun wajah yang tepat memang perlu agar komedo yang muncul ke permukaan tidak semakin banyak.

Di dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan produk-produk yang baik untuk menghilangkan komedo yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi wajah berkomedo Anda!

Sumber

Share your thoughts