7 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik di Tahun 2020

Serum wajah merupakan solusi untuk masalah kulit wajah seperti keriput, kasar, kering, jerawat, pori-pori yang terbuka, dan berbagai masalah kulit wajah lainnya. Merek terkenal seperti SK-II dan L’Oreal bahkan telah membuat serum wajah all in one yang mengandung ceramide.

Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai macam serum wajah yang memiliki harga dan kualitas terbaik, dan bisa Anda dapatkan melalui toko online. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih serum wajah dengan benar, sekaligus merekomendasikan serum yang memiliki efek memutihkan dan melembapkan wajah Anda.

Pentingnya serum bagi wajah

Banyak diantara kita yang sudah merasa cukup hanya dengan menggunakan krim harian biasa. Namun, tahukah Anda perbedaan antara krim harian biasa dengan serum wajah?

Zat yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit adalah cornium dan ceramide. Oleh sebab itu, serum yang mengandung bahan ceramide merupakan solusi untuk membuat kulit wajah Anda selalu lembap.

Mungkin masih banyak di antara kita yang berpikir bahwa mengaplikasikan toner sesudah mencuci muka dapat menahan kandungan minyak yang ada,  agar wajah tetap lembap. Sesungguhnya, meskipun kulit wajah Anda sudah diaplikasikan dengan toner, masih akan ada area yang belum terlapisi oleh toner. Perlahan-lahan kelembapan kulit wajah akan hilang melalui area yang tidak terlapisi oleh toner.

Daripada Anda mengaplikasikan permukaan wajah Anda dengan toner, akan lebih baik jika Anda mengaplikasikan serum, yang terbukti dapat mengikat kelembapan wajah Anda. Semakin kuat bahan aktif yang terkandung di dalamnya, semakin kuat pula kemampuannya dalam melembapkan wajah Anda.

Serum wajah VS pelembab wajah (moisturizing lotion)

7 rekomentasi serum wajah

Serum dan moisturizing lotion memiliki fungsi yang mirip, yaitu menjaga kelembapan kulit wajah. Banyak orang yang tidak tahu perbedaan antara kedua produk tersebut. Namun tahukah Anda, bahwa sesungguhnya serum dan moisturizing lotion merupakan dua jenis produk yang berbeda?

Secara umum, serum lebih mengacu pada produk yang mengandung pelembap dan pemutih wajah. Tujuannya adalah agar bahan aktif tersebut dapat masuk dengan mudah dan meresap ke dalam kulit. Sedangkan moisturizing lotion berfungsi untuk menjaga kelembapan dan menutrisi kulit dengan kandungan lotion yang bersifat oily (berminyak).

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan memakai moisturizing lotion, setelah Anda mengaplikasikan serum.

Jenis-jenis serum wajah

Setiap orang mendambakan kulit cantik. Namun, tiap orang memiliki idealisme yang berbeda mengenai kulit cantik. Untuk menjawab perbedaan tersebut, serum dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan fungsinya, yaitu serum untuk memutihkan, untuk melembapkan, dan untuk mencegah proses penuaan. Pilihlah serum wajah yang sesuai dengan kondisi kulit dan hasil yang Anda inginkan.

Untuk dapat melihat perubahan yang terjadi pada wajah, paling tidak Anda harus memakai serum tersebut selama 1 bulan sejak pemakaian pertama. Karena setiap orang memiliki kondisi wajah yang berbeda, maka hasil yang didapat pun akan berbeda. Pastikan untuk menggunakan serum tersebut setiap hari, lalu tunggu dan lihatlah hasilnya.

Untuk memutihkan

Serum yang mengandung pemutih tidak hanya berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, namun juga melindungi wajah Anda dari sinar UV, yang dapat membuat munculnya bintik hitam dan kusam pada wajah. Serum wajah yang mengandung pemutih ditujukan untuk Anda yang ingin meratakan warna kulit dan  mencegah bintik hitam di wajah akibat sengatan matahari.

Untuk melembabkan

Kulit yang memiliki daya kelembapan rendah adalah masalah yang sulit dihilangkan, namun bisa diperbaiki. Agar kelembapan kulit tetap terjaga, maka Anda harus menggunakan serum yang benar-benar mengandung bahan pelembap yang baik. Serum yang mengandung pelembap ditujukan untuk Anda yang memiliki kulit kering, berkerut, dan untuk Anda yang ingin  merawat kulit wajah Anda agar tetap sehat.

Mencegah penuaan

Serum jenis ini berfungsi untuk mengencangkan kulit dan mencegah kerutan yang sering muncul seiring dengan pertambahan usia, terutama di sekitar garis mata. Serum jenis ini ditujukan untuk Anda yang ingin menjaga kekencangan kulit sejak dini, dan untuk Anda yang sudah berusia dan ingin menjaga kulit wajah agar tetap tampak awet muda.

Cara memilih serum wajah

Dengan menggunakan serum setiap hari, Anda bisa langsung melihat perubahan yang terjadi pada wajah Anda. Agar Anda dapat menentukan apakah Anda cocok dengan serum tersebut dan apakah Anda dapat menggunakan serum tersebut secara berkelanjutan, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan.

Memilih berdasarkan kemampuannya dalam melembapkan

Produk kecantikan yang dapat melembapkan kulit merupakan idaman setiap wanita di setiap generasi. Khususnya, serum yang memiliki kelembapan tinggi, karena serum jenis ini mengandung ceramide. Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan saat memilih serum adalah ada tidaknya beauty essence dalam serum tersebut.

Kini sudah semakin banyak produk kecantikan yang mengandung pelembab di dalamnya. Berikut adalah contoh jenis-jenis pelembap yang terkandung dalam produk kecantikan.

Zat yang dapat melembapkan

Ceramide

Ceramide merupakan zat yang ditemukan pada kulit manusia, yang juga dapat digunakan oleh orang yang berkulit sensitif. Ceramide dapat memperbaiki dan melembapkan kulit kasar dan kering. Zat ini tidak dapat larut dalam air, sulit menyatu dengan cairan pembersih wajah, sehingga pas untuk dijadikan sebagai serum.

Sphingolipid

Sphingolipid adalah kelompok lipid yang memiliki struktur rantai panjang. Zat ini dapat memberikan  hasil yang sama seperti ceramide.

Hydrogenated soya lecithin, cholesterol stearate

Zat ini memiliki efek yang sama seperti ceramide, namun kemampuan melembapkannya lebih rendah dari ceramide.

Zat yang mampu menjaga kelembapan

Hyaluronic acid (asam hialuronat)

Hyaluronic acid merupakan zat yang terdapat dalam jaringan tubuh manusia, yang berfungsi untuk mengikat air. Dengan adanya zat ini, kulit akan menjadi lembut dan kenyal, karena zat ini mampu meningkatkan produksi kolagen.

Kolagen

Kolagen adalah zat yang berada dalam tubuh manusia, yang mampu mengganti sel-sel kulit mati dan menjaga kekenyalan kulit. Kolagen berada di dalam otot yang berfungsi sebagai pengikat antar jaringan tubuh seperti otot, kulit, tulang, dan pembuluh darah.

Elastin

Elastin berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan fleksibel. Sebagai contoh, saat Anda mencubit kulit Anda dan melepaskannya, kulit Anda akan kembali seperti semula. Hal ini terjadi karena kulit Anda mengandung elastin.

Zat yang higroskopi (kemampuan menyerap molekul air)

Natural Moisturizing Factor (NMF)

NMF merupakan kombinasi beberapa zat seperti asam amino, asam laktat, peptida, dan lain sebagainya. Zat-zat ini sering dipakai untuk produk kecantikan.

Propylene glycol (PG)

PG adalah senyawa organik berbentuk cairan yang tidak berwarna dan tidak berbau, yang biasa dipakai dalam produk kecantikan.

Kandungan minyak

Mineral oil

Mineral oil adalah turunan petrolium atau yang biasa kita sebut dengan minyak bumi. Mineral oilyang terdapat dalam produk kecantikan sudah mengalami proses pemurnian yang tinggi sehingga aman digunakan.

Minyak nabati

Minyak nabati yang sering digunakan adalah minyak kelapa, kacang kedelai, minyak zaitun, dan alpukat.

Minyak hewani

Sumber minyak hewani adalah ayam dan sapi. Produk susu seperti keju, mentega, dan susu juga termasuk ke dalamnya.

White mineral oil

Merupakan campuran hidrokarbon dengan presisi tinggi yang berasal dari minyak mentah dan sangat murni.

Untuk pori-pori kulit yang sehat, pilihlah serum yang mengandung vitamin

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan bintik hitam pada kulit, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan serum yang mengandung pemutih di dalamnya. Krim pemutih merupakan kombinasi bahan-bahan yang dapat mengurangi jumlah melanin berlebih dalam kulit, yang menjadi penyebab munculnya bintik hitam pada wajah.

Vitamin C banyak terkandung dalam produk kecantikan yang dapat memutihkan kulit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang efektif, untuk membantu mencerahkan kulit. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Periksalah kemampuan serum dalam melembapkan kulit

Kita bisa tahu apakah suatu wax ampuh menjaga style rambut, dengan memeriksa ulang tampilan rambut setelah lewat beberapa jam setelah pemakaian. Begitu juga dengan serum. Cara memastikan kemampuan serum dalam melembapkan wajah adalah dengan membandingkannya saat dipakai pertama kali di pagi hari, dan pada malam hari sesudah seharian beraktivitas.

Namun, karena tingkat kekeringan wajah berubah tergantung suhu dan kelembapan, maka sulit bagi Anda untuk menilainya dengan segera.

Anda bisa melakukan sedikit tes dengan cara mengoleskan serum tersebut pada separuh wajah Anda bagian kiri atau kanan di pagi hari, kemudian cek kembali bagaimana kondisinya saat malam hari. Karena Anda tidak dapat melihat perbedaan yang signifikan hanya dalam sehari dua hari pemakaian, maka Anda perlu melakukannya sampai sekitar 1-2 minggu setelah pemakaian yang konsisten setiap harinya.

Memilih berdasarkan cost performance

Harga serum yang mahal tidak menjamin kualitas serum tersebut juga baik. Salah satu faktor penyebab harga serum cenderung mahal adalah besarnya biaya untuk memasang iklan dan biaya untuk penelitian.

Hal terpenting ketika memilih serum adalah kecocokkannya dengan kulit Anda. Untuk Anda yang baru akan mencoba, Anda bisa memulai dengan serum yang harganya tidak terlalu mahal, kemudian setelah Anda mencobanya, barulah Anda bisa menentukan serum seperti apa yang sebaiknya Anda pakai.

Rekomendasi serum wajah terbaik

Berikut ini adalah serum terbaik yang akan kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah serum yang sesuai dengan kondisi kulit Anda!

7. Bioqua 24K Gold Skin Care

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 74.690

Kembalikan elastisitas wajah Anda dengan serum emas

Mengandung bahan 24K active gold, ekstrak ginseng, kolagen, dan jojoba oil yang berpadu sempurna sebagai serum yang ampuh untuk menjaga kelembapan kulit wajah Anda.

Kandungan emasnya berfungsi untuk membersihkan kotoran dan racun pada kulit wajah, dan baik untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu, emas juga mampu merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih kencang. Produk ini ampuh untuk mengembalikan elastisitas wajah.

6. L’Oreal Revitalift Day Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 215.000

Untuk kulit cantik dan awet muda 

Produk ini menggunakan teknologi terbaru yang mengandung Pro Retinol A untuk merawat kekencangan kulit, serta dilengkapi dengan bahan anti kerutan. Dengan penggunaan yang teratur, garis halus dan noda pada wajah akan tersamar, dan kulit wajah Anda akan nampak lebih cerah alami.

Selain itu, serum ini juga memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB, untuk mencegah penuaan dini. Serum ini dapat meremajakan kulit, dan membuat wajah Anda nampak lebih muda.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan kulit yang cantik, memang prosesnya tidak bisa dilakukan dengan instan. Harus ada kesabaran hingga kita dapat memperoleh hasil yang maksimal. Memilih serum wajah bukanlah hal yang mudah, karena kita harus menyesuaikan dengan kondisi kulit wajah, dan hasil yang ingin kita dapatkan. Pilihlah serum yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan tentunya dengan harga yang juga sesuai dengan kantong Anda. Jangan sampai salah pilih ya!

Sumber

Share your thoughts