AWAS!! Bahaya Memakai Softlens Murah

Lensa kontak atau yang biasa sering disebut softlens menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki masalah dengan penglihatan. Di samping itu, softlens yang dapat mengubah warna mata, juga dapat digunakan untuk menunjang penampilan. Padahal, di balik keindahan yang diberikannya, ada bahaya softlens yang perlu Anda hindari.

Lensa kontak atau softlens adalah silikon yang berbentuk bulat dan cekung, digunakan untuk memperbaiki ketajaman penglihatan. Softlens dapat digunakan untuk rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisme. Untuk menggunaan softlens, diletakkan langsung pada bola mata.

Kenali bahaya softlens murah

Meski softlens dapat merubah warna tampilan mata secara instan, tapi bagi sebagian orang dapat mengalami kesulitan dalam menggunakan softlens. Mulai dari sulit mendapatkan produk softlens yang cocok, hingga tidak dapat menggunakan dan merawatnya dengan baik. Berikut beberapa bahaya softlens yang dapat terjadi :

  • Reaksi alergi terhadap softlens
  • Penglihatan kabur
  • Rasa terbakar, gatal, atau sakit di mata
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Mata merah
  • Peradangan mata yang diikuti rasa sakit

Dalam kondisi serius bahaya softlens juga bisa mengakibatkan kebutaan jika tidak segera diobati. Maka dari itu disarankan untuk berhenti memakai softlens murah jika Anda merasakan beberapa gejala seperti munculnya air mata berlebih, mata terasa perih dan gatal.

Tips cara menggunakan softlens yang aman

1. Ikuti instruksi pada kemasan

Softlens memiliki jenis yang berbeda-beda. Sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan dengan baik instruksi penggunaan yang tertera pada kemasan. Selain instruksi yang tertera, ikuti juga petunjuk yang diberikan oleh dokter.

softlens

2. Cuci softlens sebelum digunakan

Kebersihan softlens sebelum digunakan adalah kunci utama agar tidak mengalami risiko yang terjadi. Sebelum menggunakan softlens, disarankan untuk membersihkan softlens dengan larutan khusus softlens sesuai instruksi penggunaan maupun petunjuk dokter, rutin melakukan pemeriksaan softlens, hindari memakai softlens saat mandi dan berenang, serta hindari menggunakan softlens yang sudah rusak.

mencuci softlens

3. Jangan menggunakan softlens saat tidur

Penggunaan softlens saat tidur dapat meningkatkan risiko munculnya keratitis, yaitu peradangan yang terjadi pada kornea. Pada tingkat tertentu, keratitis ini dapat menyebabkan kebutaan.

melepas softlens saat tidur

4. Rajin membersihkan tempat softlens

Setiap hari setelah penggunaan, bilas tempat penyimpanan softlens, kemudian keringkan dengan membiarkannya terbuka. Setiap satu minggu sekali, cuci bersih tempat penyimpan dengan menggunakan larutan untuk softlens dan gosok secara perlahan. Selain dibilas dan dicuci, ganti juga tempat penyimpanan dengan yang baru tiap sebulan sekali.

Kesimpulan

Banyak ragam warna softlens yang membuat Anda tergoda, namun Anda tetap harus waspada dengan berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan oleh softlens jika tidak menggunakannya dengan hati-hati. Sangat disarankan untuk lebih memperhatikan cara penggunaan dan perawatan softlens yang dianjurkan.

Share your thoughts