Basic Skincare Routine Yang Harus Kamu Ketahui, Apa saja ?

Memilih skincare atau produk perawatan wajah untuk kamu yang baru akan memulai bukan hal yang mudah, karena kamu juga harus melihat kecocokan produk tersebut pada kulitmu. Tetapi sebelumnya apakah kamu sudah tahu arti dari basic skincare routine ? Basic Skincare Routine adalah skincare yang wajib dipakai setiap hari. Kenapa penting ? Karena kulit kita, apapun jenisnya, membutuhkan basic skincare! Kamu bisa saja tidak memakai serum, essence, exfoliating toner, dsb karna itu tidak terlalu dibutuhkan untuk kamu pemula skincare.

Apa saja sih tahapan BASIC SKINCARE ROUTINE ?

Basic Skincare Routine terdiri dari beberapa tahapan yang harus kamu ketahui, apa aja sih ? Yuk kita bahas satu persatu!

1. Cleansing

Cleansing adalah tahapan dari pembersihan, pilih pembersih wajah yang tidak membuat kulitmu terasa ketarik saat kamu memakainya. Kamu membutuhkan cleanser yang bisa untuk membersihkan wajah dari sisa makeup, debu, kotoran, sel kulit mati, dan sisa minyak di wajah. Gunakan lah facial wash yang lembut di pagi hari dan lakukan metode double cleansing di malam hari. Untuk double cleansing dilakukan setelah kalian melakukan first cleansing seperti micellar water, cleansing oil atau cleansing balm untuk membersihkan makeup atau sisa kotoran di wajah terlebih dahulu, setelah itu baru kamu bisa lanjutkan dengan tahapan facial wash untuk membersihkan semua kotoran di muka.

 basic skincare routine

Beli di sini

Wardah White Secret Pure Brightening Cleanser ini mengandung AHA Natural yang efektif bisa untuk membersihkan makeup dan kotoran pada kulit wajah serta mengangkat sel kulit mati. Mengandung Vitamin B3 dan Licorice Extract yang membantu mencerahkan kulit wajah.

2. Toner

Toner adalah produk perawatan yang berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah. Fungsi toner bisa untuk melembabkan kulit, mengatasi jerawat timbul, menghilangkan minyak di kulit, dan yang paling utama fungsi toner itu untuk menyeimbangkan pH kulit. Gunakan lah toner sesuai dengan jenis kulitmu.

 toner cosrx

Beli di sini

Sudah tidak asing lagi buat kamu sama brand skincare satu ini. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 150ml ini mengandung Water, Salix Alba (Willow) Bark Water, Pyrus Malus (Apple) Fruit Water, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Sodium Lactate, Glycolic Acid, Betaine Salicylate, Allantoin, Panthenol, dan Ethyl Hexanediol yang berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran di makeup, mencegah timbulnya komedo, membuat wajah lebih cerah serta memperbaiki dan menghaluskan tekstur wajah. Untuk tekstur toner ini berwarna transparan yang tak jauh beda dari air biasa, sehingga cepat meresap ke dalam kulitmu.

3. Moisturizing

Moisturizing atau pelembab wajah sangat dibutuhkan untuk semua jenis kulit. Moisturizing berfungsi untuk melembabkan kulit kamu setelah melakukan cleansing dan toner. Kamu bisa sesuaikan jenis atau tekstur pelembab sesuai dengan kebutuhan kulit.

 pixy moistrurizer

Beli di sini

Pixy White Aqua Brightening Moisturizer ini sangat direkomendasikan untuk kamu pemula skincare. Pelembab dengan Waterbased Formula yang bisa untuk melembabkan dan melindungi kulit saat beraktivitas sepanjang hari.

Kandungan  utama dari pelembab ini yaitu Hydra Active yang berfungsi untuk menghidrasi, melembabkan sekaligus memberikan kesegaran pada kulit dengan SPF 32PA+++ yang bisa untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

4. Protecting

Setelah kalian melakukan tahapan cleansing, toner, moisturizing pada basic skincare routine, tahapan terakhir adalah protecting. Protecting berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet secara langsung. Protecting sering disebut juga dengan sunscreen. Meski kalian hanya beraktivitas didalam rumah, penggunaan sunscreen sangat penting untuk kulit wajah, karena selain untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB,  juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini.

emina sun protector

Beli di sini

Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ adalah salah satu merk sunscreen yang sangat ringan di kulit sehingga cocok untuk digunakan oleh siapa saja, terutama remaja atau orang yang baru pertama kali mencoba menggunakan sunscreen. Produk ini juga tidak mengandung paraben sehingga aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Bisa dong sunscreen ini menjadi recommendasi untuk rutinitas skincaremu ????

Kesimpulan

Gimana nih girls, tahapan skincare umumnya ada 4. Kuncinya itu kalian mesti rutin dan jangan malas dalam melakukan setiap tahapannya. Tetapi yang paling penting juga harus diimbangi dengan olahraga dan konsumsi makanan bergizi untuk kebutuhan kulit dari dalam juga yaaaa!!

Semoga artikel ini bermanfaat girlsss 🙂

 

 

Share your thoughts