masker kain

Masker Kain Sebabkan Jerawat, Atasi Yuk!

Memasuki masa New Normal seperti ini, kalian sangat diwajibkan untuk menggunakan masker. Sedangkan, penggunaan masker kain setiap hari justru sangat memicu timbulnya jerawat loh. Karena ketika menggunakan masker, sirkulasi napas dan keringat yang menumpuk di sekitar masker dapat memicu lembab.

Kondisi lembab inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Selain lembab, tekstur masker dan penutup wajah juga rentan mengiritasi kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Namun, kamu tidak perlu khawatir  tentunya ada cara untuk mencegah jerawat akibat pemakaian masker kain.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat timbul saat menggunakan masker, Yuk simak!!

Tips Mencegah Jerawat Saat Menggunakan Masker

1. Rajin Mengganti Masker

Cara pertama untuk mencegah timbulnya jerawat yaitu mengganti masker secara berkala. Dan untuk penggunaan masker yang direkomendasikan hanya 6-12 jam saja. Namun, apabila sedang sakit atau beraktivitas di luar ruangan sebaiknya masker diganti lebih sering lagi. Pilihlah masker kain berbahan katun untuk menjaga sirkulasi udara tetap baik.

2. Rajin Mencuci Muka

Meski menggunakan masker, tidak berarti wajah kita jadi selalu bersih dan bebas dari segala kotoran. Oleh karena itu, setelah beraktivitas di luar segera lah cuci muka kalian, karena dengan mencuci muka bakteri yang menempel pada wajah tidak akan menyumbat ke pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

3. Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan bukan hanya mencegah diri dari virus, tetapi bisa juga untuk memastikan tangan dalam kondisi bersih apabila tidak sengaja memegang wajah.

4. Hindari Pemakaian Makeup

Saat menggunakan masker, hindari penggunaan makeup ya girlss. Karena menggunakan makeup seperti foundation atau concelear dan ditutupi oleh masker bisa membuat pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan jerawat timbul di wajah.

Jadi untuk lebih amannya, gunakan makeup yang ringan atau jangan terlalu sering memoleskan makeup pada wajah ya.

5. Gunakan Skincare Yang Non-Comedogenic

Seperti yang kalian tahu, salah satu faktor munculnya jerawat diakibatkan dari komedo yang menyumbat pori-pori. Jadi jika ingin wajah aman dari jerawat, pilihlah produk skincare atau makeup yang berlabel non-comedogenic.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan agar dapat mencegah jerawat tidak timbul saat lebih sering memakai masker kain. Sangat penting untuk menjaga kebersihan dari masker dan sekitar area wajah untuk mencegah jerawat.

Yang paling utama kalian juga harus memperhatikan pola makan dan juga selalu mengkonsumsi air putih untuk menutrisi kulit kalian juga dari dalam.

semoga bermanfaat.

Share your thoughts