Tidur Malam

Begini Triknya Mendapatkan Tidur Berkualitas

Dari perspektif kesehatan dan kebugaran, tidur malam yang baik berkisar antara 7-8 jam dapat membantu kita tetap ramping dengan membantu menjaga sensitivitas insulin. Tidak hanya itu, tidur malam yang cukup juga baik untuk meningkatkan memori dan kinerja otak. Tapi terkadang sulit untuk memenuhi anjuran tersebut apalagi jika ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Tips Dan Trik Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas

Tenangkan Pikiran Anda

Tidur Malam

Anda tidak akan tertidur jika ada perasaan tertekan, khawatir ataupun cemas. Saat otot-otot Anda tegang, ambil nafas dalam-dalam kemudian rasakan dengan tenang. Menenangkan pikiran sebanyak mungkin akan sangat membantu Anda dalam tidur malam.

Mengatur Jadwal Tidur

Tidur Malam

Butuh kedisiplinan untuk melakukannya, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Dengan begitu tubuh akan membangun ritme yang efektif jika Anda menaati pola tidur dengan jadwal yang teratur.

 

 

Lakukan Rutinitas Malam Sederhana

Tidur Malam

Minum teh atau susu hangat, atau membaca buku ringan menjelang tidur. Apapun itu, biasakan diri dengan rutinitas kecil di malam hari yang bertujuan untuk memberi tahu otak Anda bahwa waktu tidur malam sudah dekat. Dengan demikian otak akan mulai mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk bersiap tidur.

 

 

Tidak Makan Malam Dekat Waktu Tidur

Tidur Malam

Proses pencernaan butuh waktu yang tidak sebentar. Langsung tidur sesudah makan bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memicu maag. Dan terkadang juga dapat menimbulkan rasa panas di perut, dada dan tenggorokan. Berilah  jarak yang cukup minimal 2 jam setelah anda selesai makan.

 

 

Buat Kamar Setenang Mungkin Dan Matikan Lampu Kamar

Tidur Malam

Kebisingan telah terbukti menurunkan kualitas tidur secara keseluruhan. Sulit untuk dapat tertidur saat mendengar orang berbicara keras atau ketika bunyi-bunyian yang mengganggu. Termasuk bunyi-bunyian perangkat elektronik. Matikan semua perangkat elektronik dan lampu agar anda dapat tidur dengan tenang dan tidak mengganggu produksi melatonin pada tubuh Anda.

 

Matikan Dan Jauhkan Ponsel

Tidur Malam

Sebuah study kecil dilakukan pada tahun 2007, menemukan bahwa radiasi dari ponsel benar-benar bisa menyebabkan insomnia dan mengganggu kualitas tidur malam. Sebaiknya matikan ponsel anda saat Anda akan tidur. Namun jika memang anda membutuhkan alat komunikasi karena khawatir sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat, cukup jauhkan ponsel dari kasur anda.

Buang Air Kecil Dulu

Tidur Malam

Agar Anda nyaman selama tidur malam, sebaiknya Anda buang air kecil terlebih dahulu. Selain menghindari ngompol selama Anda tertidur, hal ini akan menyehatkan kantung kemih Anda. Sehingga saat Anda tidur nanti, kandung kemih tetap bekerja menampung air seni Anda.

 

 

Bersih-Bersih Badan

Tidur Malam

Bersih-bersih badan tidak selalu bermakna mandi. Bahkan mandi malam tidak menyehatkan untuk jantung Anda pada khususnya. Anda bisa membersihkan muka, tangan dan kaki dengan air segar. Jika Anda habis berpergian, usahakanlah menggunakan sabun. Tidur malam dengan keadaan segar akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

 

 

Pergunakan Pakaian Tidur Yang Nyaman

Tidur Malam

Jangan menggunakan pakaian berbahan berat seperti jeans. Sebaiknya gunakan pakaian rumahan atau baby doll untuk tidur. Selain berbahan ringan dan nyaman, kulit Anda pun juga dapat bernafas. Anda pun dapat tidur malam dengan lebih leluasa dalam bergerak.

 

 

Kesimpulan

Tidur yang berkualitas merupakan bagian tak terelakkan dari gaya hidup sehat karena sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan kebugaran tubuh. Dan kekurangan tidur malam itu tidak menyehatkan. Janganlah keseringan bergadang dan melewatkan waktu tidur malam tanpa alasan yang kuat.  Istirahatkan benar-benar tubuh Anda terutama pikiran. Ajaklah pikiran Anda untuk tidur dan meletakkan semua beban Anda di luar kamar dan jangan lupa berdoa.

Share your thoughts