makanan sehat

10 Makanan Sehat Ini Dapat Mengatasi Rambut Rontok

Memiliki rambut indah dan lebat adalah dambaan setiap orang, khususnya wanita. Namun sering kali masalah kerontokkan mengganggu keindahan rambut dan membuatnya menjadi tipis. Sudah ada banyak cara perawatan rambut rontok yang beredar, tapi mayoritas perawatan tersebut hanya dilakukan dari luar saja. Padahal banyak makanan sehat yang bisa membuat rambut Anda menjadi lebih indah dan lebat. Sekarang saatnya Anda memerhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh untuk merawat rambut agar tetap sehat.

Nah, Anda bisa simak artikel kali ini untuk mengetahui makanan apa saja yang ampuh dan efektif untuk mengatasi kerontokan rambut.

Pengertian rambut rontok

makanan sehat

Rambut rontok atau alopesia adalah penurunan jumlah rambut pada kulit kepala. Sebagian besar orang pernah mengalami rambut rontok. Dalam sehari, masih normal jika seseorang kehilangan hingga 100, bahkan pada beberapa kasus 150 helai rambut. Bila lebih dari itu, rambut akan dikatakan rontok dan menipis yang disebut juga sebagai telogen effluvium.

Penyebab rambut rontok

Ada berbagai macam faktor penyebab terjadinya rambut rontok, yaitu

  • Adanya perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada wanita hamil.
  • Sedang stres atau tertekan, misalnya kehilangan pekerjaan, setelah melahirkan, dan sebagainya.
  • Menderita penyakit tertentu, contohnya selesai menjalani operasi, kanker atau penyakit hati.
  • Memjalani pengobatan tertentu, seperti kemoterapi atau radiasi.
  • Efek samping dari obat yang sedang dikonsumsi, misalnya antikoagulan (obat yang mengurangi kemampuan darah untuk membeku) atau bete-blocker (digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi).
  • Kurang aktifnya kerja kelenjar tiroid.
  • Mengalami anemia parah.
  • Kurangnya asupan protein, zat besi dan vitamin D.
  • Kurangnya melakukan aktivitas fisik atau olahraga.
  • Perawatan rambut yang berlebihan, seperti mewarnai rambut berulang kali atau melakukan rebounding.
  • Beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kepala.
  • Terlalu kencang saat mengikat atau mencepol rambut.

Makanan sehat untuk atasi rambut rontok

Beberapa makanan sehat ini selain enak saat dikonsumsi, juga mampu mengatasi masalah rambut rontok, yaitu sebagai berikut :

Telur

makanan sehat

Tingginya kandungan protein dalam telur berperan sebagai konstituen utama dari rambut. Selain itu telur juga kaya akan vitamin B1, B2 dan B12 serta biotin. Biotin sering digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut.

Kacang almond

makanan sehat

Mengonsumsi kacang almond yang kaya akan magnesium adalah cara efektif mengatasi rambut rontok. Makanlah 4-5 buah setiap hari agar helaian rambut tidak lagi tertinggal di sisirmu. Selain itu, kacang almond juga sangat enak dijadikan snack sehat sehari-hari karena lemak baiknya tidak membuat Anda gemuk.

Salmon

makanan sehat

Selain kaya protein dan vitamin D, ikan salmon juga tinggi akan kandungan omega 3. Jadi, tidak hanya sekedar mencegah kerontokan saja, kandungan-kandungan tersebut juga mampu menjaga kesehatan rambut dengan menjaganya agar terhindar dari kekeringan.

Bayam

makanan sehat

Bayam kaya akan zat besi yang berfungsi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Bayam juga mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi secara maksimal. Tidak hanya vitamin D, sayuran hijau ini juga ada kandungan vitamin A. Kedua vitamin tersebut sering digunakan produsen conditioner sebagai bahan alami produk mereka. Kandungan vitamin tersebut mampu merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi kerontokan.

Wortel

makanan sehat

Sayuran ini tekenal baik untuk merawat kesehatan mata. Namun kenyataannya wortel juga baik untuk meawat kesehatan rambut. Kandungan betakaroten dalam wortel merupakan nutrisi penting untuk mengobati rambut rontok. Minum jus wortel setiap hari untuk sarapan dapat memberikan hasil instan sebagai cara mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuan rambut.

Wheat germ

makanan sehat

Wheat germ adalah salah satu bagian yang terdapat dalam gandum. Bagian ini merupakan bagian inti dari gandum yang kaya akan zat penting, seperti seng yang memengaruhi kesehatan kulit, kepala dan rambut. Rambut rontok parah dapat terjadi karena masalah pada saluran pencernaan karena kekurangan zink. Sertakan bibit wheat germ saat sarapan dengan menaburkan di atas sereal atau mencampurnya dengan yogurt.

Oats

makanan sehat

Oats adalah sumber makanan yang berserat tinggi. Di dalam oats juga mengandung zink dan zat besi yang mampu mengatasi kerontokan rambut. Selain itu juga mengandung asam lemak omega 6 yang baik untuk rambut dan dapat menjadi cara mencegah rambut rontok. Jadi, biasakan untuk menyantap semangkuk oatmeal sebagai saparanmu.

Seafood

makanan sehat

Makanan lezat ini mengandung asam sulfur, lemak dan zink yang mampu menjadi solusi mengatasi rambut rontok secara efektif. Selain menjaga rambut tetap sehat, makanan laut juga baik untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Tauge

makanan sehat

Walaupun ukurannya kecil, tauge kaya akan silika, yakni nutrisi yang menyerap semua vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Silika juga sangat baik untuk kesehatan rambut karena merangsang pertumbuhan rambut dan dapat menjadi cara mencegah kerontokan secara alami. Selain tauge sayuran lain yang kaya silika adalah mentimun dan paprika.

Kenari

makanan sehat

Dikenal sebagai makanan untuk mencegah kerontokan pada rambut karena mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi yang bermanfaat sebagai obat rambut rontok. Selain itu, kenari juga mengandung seng, besi, vitamin B1 dan B6 yang memicu pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok secara efektif.

Kesimpulan

Itulah macam-macam makanan sehat dan enak yang memiliki nutrisi untuk kesehatan rambut sehingga mampu mengatasi rambut rontok. Mudah bukan melakukannya? Selain bisa membuat perut kenyang, juga dapat membuat rambut Kamu tampak lebih indah dan lebat. Selamat makan!

Sumber

 

 

Share your thoughts