cara memutihkan wajah

Cara Memutihkan Wajah Dengan Bleaching, Amankah?!

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik. Salah satu faktor penunjangnya adalah memiliki wajah sehat dan cerah. Bahkan banyak orang menganggap cantik itu saat juga bisa punya wajah putih. Mempunyai wajah putih memang umumnya menjadi dambaan bagi wanita. Namun untuk memilikinya tidaklah mudah. Cara memutihkan wajah dibutuhkan perawatan yang harus dilakukan dengan konsisten untuk memperoleh hasil yang maksimal. Itu sebabnya banyak wanita mencoba berbagai macam cara memutihkan wajah, salah satunya adalah dengan menggunakan bleaching. Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan ini, sebaiknya kamu mengenali terlebih dahulu apa itu bleaching, manfaatnya, dan juga efek sampingnya.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak penjelasannya sampai selesai!

Apa itu bleaching dan manfaatnya?

cara memutihkan wajah

Bleaching adalah proses menghilangkan atau mengurangi pigmen yang berwarna gelap yang diproduksi oleh sel melanosit. Krim tersebut biasanya mengandung bahan-bahan kimia seperti peroksida, amonia, hydroquinone, kojic acid, dan asam azelaic. Melanosit atau melanin sendiri sebenarnya merupakan sel alami yang dikeluarkan untuk melindungi kulit dari dampak buruk terhadap sinar matahari. Namun, kalau terlalu sering dikeluarkan, melanin itu justru akan mengubah warna kulitmu menjadi lebih gelap secara permanen.

Manfaat utama yang akan kamu dapatkan adalah kulit menjadi putih, bersih, dan bersinar seperti yang kamu dambakan. Hal ini diakibatkan dalam krim bleaching terdapat brightener dan lightener yang mengandung AHA serta tretinoin yang berfungsi dalam proses pengelupasan kulit. Selain itu, proses tersebut juga akan membuat pergantian lapisan kulit lama dengan lapisan kulit baru yang segar. Formula hydrogen peroxide dari krim bleaching akan membuat warna bulu tipis di wajahmu menjadi transparan atau pirang.

Tips saat melakukan bleaching atau cara memutihkan wajah

Karena kerasnya krim bleaching, sebaiknya kalau kamu tidak memakainya terlalu rutin untuk mencegah kerusakan kulit dan ikuti tips-tips berikut ini.

Sebelum melakukan bleaching atau cara memutihkan wajah

cara memutihkan wajah

Sebelumnya dilakukan tes sederhana dengan cara mengoleskan sedikit krim bleaching di kulit belakang telinga dan diamkan selama 24 jam. Jika terjadi iritasi, kemerahan, rasa gatal atau panas, itu artinya kamu tidak cocok menggunakannya. Jika sudah seperti itu sebaiknya jangan melakukan bleaching wajah. Namun apabila aman-aman saja, kamu boleh melanjutkan juga mengikuti semua petunjuk dengan benar. Meskipun nantinya akan terasa sedikit gatal, selama tidak melebihi batas wajar artinya krim bleaching sedang bekerja.

Setelah melakukan bleaching atau cara memutihkan wajah

cara memutihkan wajah

Cara memutihkan wajah menggunakan bleaching biasanya berlangsung kurang lebih 20 menit. Setelah selesai dan kulit wajahmu sudah kembali bersih, gunakan sunscreen atau sunblock jika beraktivitas di luar ruangan. Pilih yang memiliki kandungan SPF di atas 30. Namun kamu lebih dianjurkan untuk satu hari setelah melakukan bleaching kamu berdiam diri dulu di rumah karena kulit yang sudah mengalami proses bleaching biasanya menjadi jauh lebih sensitif.

Kamu juga harus tetap menggunakan produk perawatan kulit lainnya secara rutin seperti toner, moisturizer dan jangan menggunakan make up secara berlebihan. Selain itu, kamu tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun wajah jenis batangan terlebih dahulu, jadi gunakanlah sabun cair yang sesuai dengan tipe kulitmu, ya!

Efek samping Bleaching

cara memutihkan wajah

Beberapa efek samping bisa saja terjadi pada kulitmu. Berikut ini beberapa efek sampingnya :

  1. Menyebabkan iritasi seperti gatal-gatal.
  2. Adanya reaksi alergi parah.
  3. Pastikan krim bleaching yang kamu gunakan bebas merkuri. Karena bahan merkuri tersebut memiliki efek jangka panjang dapat menyebabkan kanker, kerusakan hati dan ginjal.
  4. Bau krim bisa menyebabkan kemerahan pada mata.

Kesimpulan

Nah itu tadi hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan cara memutihkan wajah dengan menggunakan bleaching. Tentunya kamu harus memperhatikan banyak hal sebelum melakukan proses bleaching tersebut untuk meminimalisir efek samping. Selamat mencoba!

Sumber

Share your thoughts