cegah virus corona

Hanya Dengan Hal Ini Bisa Cegah Virus Corona!

Baru baru ini kita memang telah dihebohkan soal virus baru yang makin menelan banyak korban di berbagai belahan dunia. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya virus corona. Nah, sebelum membahas lebih lanjut, kita simak dulu yuk pengertian dari virus corona .

Virus corona atau Novel coronavirus (nCoV) adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Virus dari familia coronaviridae ini yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia.  Infeksi dari virus korona sendiri dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti flu, sesak napas, hingga menjadi akut seperti bronkitis, ensefalitis, gastroenteritis, dan hepatitis.

Bahaya Virus Corona

Kenapa bisa dibilang berbahaya ?

Virus ini berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Virus Corona menyerang sistem pernafasan manusia. Selain itu virus ini sangat mudah menyebar menular dari satu inang ke inang lain. Penularan virus ini berawal dari partikel-partikel yang keluar saat bersin atau batuk namun tidak hanya itu ilmuwan membuat sebuah temuan baru terkait virus corona novel (2019-nCoV). Berdasarkan hasil tes terhadap pengidap novel coronavirus ini ternyata virus tidak hanya terdeteksi pada partikel batuk dan bersin saja lho ! tapi juga sampel tinja pasien. Ini berarti, virus corona sangat mungkin menyebar melalui feses yang terkontaminasi. Temuan ini mendukung hasil penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

Angka kematian akibat virus corona di China semakin melonjak. Sementara itu, sejumlah negara seperti Singapura, Malaysia, hingga Thailand melaporkan tambahan kasus warga terinfeksi corona di negara mereka. Tercatat sudah lebih dari 20 negara melaporkan kasus corona.

Dengan makin banyaknya korban yang berjatuhan dan sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah virus corona. Cara pencegahan yang terbaik untuk saat ini adalah menghindari faktor-faktor  yang mengakibatkan kamu terinfeksi virus ini. Yuuk simak tips cara pencegahannya menurut kami

Menjaga Daya Tahan Tubuh

cegah virus corona

Sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda. Beberapa orang gampang sakit karena sistem imun mereka lemah. Banyak sumber mengatakan bahwa sistem kekebalan tubuh terbentuk dan berkembang sesuai dengan lingkungan dan pola hidup seseorang. Jika kamu menerapkan pola hidup sehat, tentu saja sistem kekebalan tubuhmu baik dan gak gampang sakit. Begitu juga sebalikya.

Daya tahan tubuh adalah hal yang paling sederhana yang harus kamu jaga, karena dengan menjaga  daya tahan tubuh kita dapat mencegah terjadinya infeksi yang masuk ke dalam tubuh

Menurut Dirjen P2P Kementrian Kesehatan RI,  Anung Sugihartono, menjelaskan virus corona adalah jenis self limiting disease.“ Virus corona bersifat self-limiting disease. Kita akan sembuh kalau daya tahan tubuh baik” kata Anung Sugihartono selaku  Dirjen P2P Kementrian Kesehatan RI.

Artinya, virus ini akan lumpuh dengan sendirinya dalam tubuh manusia ketika tubuh berada dalam kondisi optimal.

Daya tahan tubuh memang bisa mencegah datangnya berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah- buahan, makanan berprotein dan rutin berolahraga untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuhmu. Namun tidak hanya dari segi makanan lho meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok, meminum alkohol akan membuat daya tahan tubuhmu lebih kuat untuk terhindar dari penyakit.

Jangan Lupa Cuci Tanganmu

cegah virus corona dengan mencuci tangan

Mencuci tangan adalah hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terkena berbagai penyakit. Cuci tanganmu dengar air yang mengalir dan sabun. Pastikan seluruh bagian tangan sudah tercuci dengan bersih, punggung tangan, sela-sela jari dan kuku. Kamu juga bisa menggantikan sabun dengan hand sanitizer lho. Gunakan lah produk hand sanitizer yang mengandung alkohol 60% agar lebih efketif membasmi kuman dan bakteri.

Cucilah tanganmu sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, batuk dan bersin. Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan.

Tidak pergi ke negara terjangkit

Seperti yang kita tahu bahwa virus corona dapat menyebar melalui udara, jika kita berada di lingkungan yang diidentifikasikan sebagai tempat penularan virus corona maka kemungkinan besar kita akan terinfeksi. Oleh sebab itu, janganlah pergi ke tempat terjangkit.

Jaga kebersihan

cegah virus corona

Menjaga kebersihan sebenarnya hal yang paling sederhana yang sangat wajib kita lakukan untuk menghindari dari berbagai penyakit, seperti yang kita tahu bahwa virus corona dapat menular pada hewan oleh karena itu segeralah mencuci tangan hingga bersih setelah kontak dengan hewan. Selalulah jaga kebersihan setelah kita melakukan aktivitas apapun.

Menggunakan masker saat beraktiftas

cegah virus corona

Cara lain yang efektif untuk kamu cegah virus corona adalah menggunakan masker saat beraktifitas karena virus ini menyebar melalui udara. Ada 2 tipe masker yang bisa kamu gunakan untuk menghindari virus corona. Masker Bedah dan masker N95. Masker bedah adalah masker sekali pakai yang sudah umum digunakan. Masker bedah sangat mudah ditemukan walaupun dijual dengan harga yang murah masker ini nyaman digunakan lho.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang memang dirancang untuk menyaring partikel-partikel bahaya di udara agar tidak terhirup oleh manusia. Sebenarnya masker ini yang dianjurkan untuk dipakai sebagai upaya pencegahan terinfeksi dari virus corona, namun masker N95 ini kurang nyaman untuk digunakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

Tips memakai masker dengan benar

Perlu kamu tau ternyata memakai masker jenis apapun tidak bisa asal-asalan lho.  Mengapa ? Karena jika tidak terpasang dengan benar maka akan meninggalkan celah sebabnya mulut dan hidung sama saja tidak terlindungi.  Lalu gimana sih  cara pakai masker yang benar ? Simak Yuk !

  1. Sebelum menggunakan masker pastikan tanganmu bersih terlebih dahulu ya, gunakan sabun atau hand sanitizer
  2. Gunakan masker sesuai/pas dengan wajahmu, tidak kebesaran atau kekecilan
  3. Pastikan tanganmu bersih gunakan sabun atau hand sanitizer sebelum menyentuh masker dan pada saat memasangnya
  4. Untuk masker bedah, sisi hijau di luar  berfungsi untuk menahan air dan lapisan putih di dalam agar saat kamu bersin lapisan puith tersebut dapat menyerap cairan
  5. Bagian atas masker diperkuat biar tidak ada celah, untuk masker yang bertali: posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun-ubun. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher Anda. Untuk masker yang menggunakan karet: Anda hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga. Dengan begitu mulut dan hidung terlindungi dengan baik.
  6. Setelah masker terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker berulang kali
  7. Masker hanya boleh digunakan dalam sekali pemakaian saja, beberapa sumber mengatakan bahwa masker hanya efektif digunakan dalam 3-4 jam atau maksimal satu hari. Buanglah masker bekas pada tempat sampah, setelah itu jangan lupa cuci tangamu dengan sabun ya.

Kesimpulan

Itu dia serangkaian tips yang perlu kamu tahu dan ikuti agar tidak terinfeksi virus corona. Jangan pernah sepelekan hal-hal kecil seperti menjaga kebersihan ternyata menjaga kebersihan adalah termasuk hal yang paling utama untuk mencegah kita dari terkena berbagai penyakit lho. Cegah virus Corona tenyata gampang ya ?

Share your thoughts