konsumsi gula

Konsumsi Gula Bikin Depresi, Kok Bisa Ya ?

Konsumsi gula/ makanan/minuman yang manis-manis emang kadang bikin bisa naikin mood kamu. Namun jika berlebihan, konsumsi gula tidak hanya beresiko untuk kesehatan fisikmu lho namun gangguan mental dan depresi juga dapat terjadi. Terlebih jika kamu mengkonsumsi gula berlebihan dalam jangka waktu yang panjang, tentu akan menimbulkan banyak resiko untuk tubuhmu. Wah ngerii yaa ?

Resiko yang muncul jika mengkonsumsi gula berlebihan

Bikin merasa depresi

konsumsi gula

Lah kok bisa ya ? Hal ini sangat kontradiktif dengan hal yang selama ini beredar. Banyak orang menganggap konsumsi yang manis-manis akan menaikkan mood. Namun ternyata menurut penelitian dan beberapa sumber mengatakan bahwa perubahan gula darah yang terjadi saat makan makanan manis dan munculnya peradangan di tubuh tidaklah baik untuk kesehatan mental.

Sebenarnya gula memiliki efek seperti rokok, alkohol yang dapat menimbulkan kecanduan/ketagihan. Nah saat ini lah hormon dopamin dihasilkan lebih banyak oleh tubuh, justru respon yang ditimbulkan malah sebaliknya. Mood kamu jadi lebih mudah naik turun. Selain itu gula memang diketahui dapat meningkatkan peradangan pada sel-sel di dalam tubuhmu. Ini pula yang diduga mengakibatkan depresi. Jadi jangan banyak-banyak konsumsi gula ya gais. 🙂

Bahaya untuk jantung

konsumsi gula bahaya untuk jantung

Pasti kalian sudah tidak asing dengan opini bahwa konsumsi gula dapat memicu penyakit jantung bukan ? Itu bener banget ! Kok bisa ya ? Karena lonjakan insulin menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, yang berkontribusi terhadap peradangan dinding arteri yang bisa memicu peningkatan risiko penyakit jantung. Ngeri yaa ? Nah apakah kamu termasuk orang yang gemar makan dan minum yang manis-manis ? Jika iya, sebaiknya hindari mulai sekarang !

Proses penuaan kulit lebih cepat

konsumsi gula bikin cepat tua

Tidak hanya wanita, namun laki-laki juga tidak ingin terlihat cepat tua kan ? Oleh karena itu, kurangi makan dan minuman manis yaa. Makanan manis dapat mempercepat proses penuaan kulit karena molekul gula yang dicerna dapat menghancurkan kolagen dan elastin. Ini merupakan protein untuk membuat kulit elastis dan tampak awet muda. Saat kolagen dan elastin rusak, kulit akan kehilangan kekencangannya dan menjadi lebih tua sebelum waktunya.

Gigi Berlubang

konsumsi gula bikin gigi berlubang

Pasti orang tua kita pernah bilang kalau banyak makan permen/coklat nanti gigi akan berlubang. Ini bukan hanya sekedar menakut-nakuti saja lho. Banyak sumber mengatakan bahwa konsumsi makanan dan minum yang mengandung gula puunya efek langsung untuk gigi kita. Gula yang terkandung dalam permen atau coklat akan menempel pada gigi kita dan akan ada suatu reaksi asam terjadi. Nah asam yang ditimbulkan tersebut akan menyerang gigi dan seiring berjalannya waktu membuat gigi berlubang.

Menguras energi lebih cepat

konsumsi gula bikin menguras energi

Makan dan minuman manis memang benar dapat membuat energimu bertambah tapi energi ini juga akan hilang dalam waktu yang singkat. Ini disebabkan oleh makanan yang tinggi gula biasanya tidak mengandung protein, serat, dan lemak. Itulah kenapa makanan manis bisa meningkatkan energi secara tiba-tiba, lalu diikuti dengan turunnya gula darah secara drastis. Agar tidak terjadi, konsumsilah sumber karbohidrat dengan kandungan gula yang rendah dan tinggi serat.

Takaran yang tepat dalam mengkonsumsi gula

Soal bahaya konsumsi gula emang udah gak asing lagi kan. Seperti hal yang disebutkan diatas, itu adalah beberapa resiko jika kamu mengkonsumsi gula secara berlebihan. Intinya gak baik deh unutk kesehatan kamu ! Lalu gimana ya takaran yang pas agar mengkonsumsi gula tidak berlebihan?

Memang tidak ada aturan mengenai asupan gula harian, namun ada batasan yang disarankan soal berapa banyak gula tambahan yang aman dikonsumsi setiap hari. Yang dimaksud gula tambahan adalah gula yang diproses (gula pasir) maupun gula alami yang ditambahkan ke dalam makanan untuk menambahkan rasa manis.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh.

Kesimpulan :

Makan dan minum yang manis-manis emang enak banget yaa. Sayangnya ada bahaya yang menunggu jika kita tidak bisa me-ngeremnya.  Konsumsi makanan manis itu gakpapa kokk, asal tau batasnya. Daripada mengkonsumsi makan dan minuman yang manis-manis yang dapat membahayakan tubuh, kamu bisa menggantinya dengan makan buah-buah. Manis nya dapet sehatnya juga dapet deh!

Share your thoughts