Hemat Ala Anak Kos, Cara Ini Pastinya Akan Membuat Kamu Lebih Mudah Mengatur Keuangan

Semua permasalahan anak kos itu tak lepas dari kesalahan dalam mengelola keuangan. Berbagai kebiasaan yang tanpa disadari sebenarnya adalah boros ini menjadi salah satu penyebab keuangan berantakan. Mari simak tips-tips kebiasaan hemat, mengatur keuangan anak kos supaya punya uang lebih banyak di akhir bulan.

Mencatat Rencana Pengeluaran Rutin Untuk Sebulan

Pertama-tama catatlah pengeluaran yang mau tidak mau harus dikeluarkan seperti:

  • Biaya sewa kos
  • Makan setiap hari
  • Pulsa dan kuota
  • Perlengkapan pribadi (sabun mandi, shampoo, dan sebagainya)
  • Transportasi
  • Dll

Dengan catatan ini, keuangan anak kos akan lebih terarah penggunaannya.

Belanja Bulanan Sekaligus

Belanja rutin bulanan dilakukan secara kecil-kecil alias mencicil memang terasa ringan. Tapi sejatinya tidak demikian pada akhirnya. Justru yang ada bisa membuat anggaran belanja rutin kamu malah membengkak tanpa disadari. Untuk itu, hindari bolak-balik berbelanja kebutuhan bulanan. Sebab ini bisa membuat keuangan anak kos menjadi boros. Lakukan kegiatan belanja bulanan sekaligus, dimana kamu membeli semua kebutuhan selama sebulan penuh hanya satu kali saja.

Cari Tempat Makan Yang Murah

Sering kali anak kos kehabisan uang di tengah bulan sebenarnya bukan karena belanja. Saat kamu cek lagi barang-barang di kosan, kamu lihat gak ada yang baru. Jadi ke mana uangnya? Setelah diintrospeksi, ternyata kamu malah sering makan atau sekadar nongkrong di tempat mahal. Pilih tempat makan yang murah. Intinya, jangan sampai kamu di akhir bulan harus makan mi instan setiap hari.

Jangan Menunda Melakukan Pembayaran

Sangat tepat jika kamu selalu membayar semua tagihan seperti uang kos atau uang kuliah secara tepat waktu. Begitu orang tua mengirim uang atau kamu baru saja menerima gaji, maka segeralah membayarkannya untuk uang sewa kosan. Bukan hanya mendidik rasa tanggung jawab dan disiplin, namun tindakan ini juga akan menghindarkan kamu dari sejumlah masalah yang mungkin terjadi di luar perhitungan keuangan anak kos.

Menabung Uang Receh

Jangan remehkan uang receh. Walaupun nilainya kecil, mengumpulkan uang receh setiap hari bisa menjadi pertolongan pertama keuangan anak kos di akhir bulan. Dibandingkan menabung dengan nominal besar, tentu lebih mudah mengumpulkan uang logam seribuan setiap hari. Kalau sampai akhir bulan keuanganmu aman, tabungan receh ini bisa dilanjutkan.

Bawa Air Minum Sendiri

Biasakan diri untuk selalu membawa air minum sendiri, agar kamu tidak perlu selalu membelinya di luar. Biar air mineral terbilang cukup murah, tapi sejatinya ini bisa menghemat keuangan anak kos untuk keperluan lebih penting lainnya. Mending bawa tumbler sendiri. Kalau pun air minum yang kamu bawa habis saat masih di luar, kamu masih bisa isi ulang gratis ke warteg terdekat pas makan siang.

Menggunakan Waktu Luang Untuk Mencari Tambahan Uang

Anak kos,terutama mahasiswa biasanya punya waktu luang yang lebih banyak dibandingkan saat kamu sekolah dulu.Waktu luang ini salah satunya bisa digunakan untuk cari tambahan uang. Kamu bisa jualan online kecil-kecilan. Kamu juga bisa menjadi penulis artikel misalnya. Selain mendapatkan uang tambahan, kamu juga jadi semakin pintar karena banyak membaca referensi.

Kesimpulan

Mengatur keuangan anak kos tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Terutama jika kamu memiliki kebiasaan boros dalam membelanjakan uang bulanan. Biasakan hemat dan disiplin dalam mengatur keuangan, termasuk dengan menerapkan sejumlah kebiasaan baik ketika membelanjakannya. Ini akan membantu kamu lebih mudah menjalani harimu setiap bulannya.

Share your thoughts