imunitas

Imunitas Tubuh Meningkat Saat Pandemi, Begini Caranya!

Imunitas adalah mekanisme tubuh manusia untuk melawan atau memusnahkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh, benda asing tersebut berupa bakteri dan virus. Untuk itu meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh sangatlah penting, karena dapat melindungi diri dari serangan penyakit, salah satunya Covid-19. Terlebih lagi perkembangan virus Covid-19 yang terus bermutasi dan menghasilkan varian baru seperti, alfa, beta, delta, gamma, lamda dan kappa. Beberapa varian tersebut dapat menular lebih mudah dan menimbulan gejala yang lebih parah. Oleh karena itu, perlu meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Berikut Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Olahraga Teratur

imunitas

Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih segar, olahraga secara teratur mampu meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga membuat seseorang tidak mudah terserang penyakit. Olahraga tidak harus secara berlebihan, yang terpenting dalam berolahraga adalah konsistensi. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan seperti jogging, bersepeda, senam aerobik atau yoga. Karena menurut penelitian olahraga yang berlebihan dengan intensitas tinggi justru dapat menurunkan imunitas tubuh.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh, karena saat beristirahat tubuh melakukan banyak pemulihan sehingga dapat menjaga imunitas tubuh. Untuk itu perlu menjaga kualitas tidur yaitu 7-9 jam per hari untuk dewasa, sedangkan untuk remaja 8-10 jam per hari.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

imunitas

Cara selanjutnya dengan mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang. Namun, utamakan makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral dan antioksidan. Makanan bergizi yang dapat dikonsumsi antara lain buah, sayuran, ikan, telur, serta kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang kedelai. Selain itu, mengonsumsi rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, temulawak dan kunyit juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

4. Konsumsi Vitamin

imunitas

Mengonsumsi makanan bergizi memang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga dapat mengonsumsi vitamin seperti vitamin C yang dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh, serta vitamin D dan E. Karena menurut penelitian mengonsumsi vitamin D dengan kadar 10-25 mikrogram per hari dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan akut. Sedangkan mengonsumsi vitamin E dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi, bakteri dan virus.

5. Tidak Stres

Selain tubuh, pikiran juga berpengaruh dalam menjaga kesehatan mental maupun fisik seseorang. Perasaan cemas, stres, dan depresi diketahui dapat menurunkan imunitas tubuh. Seperti pandemi covid-19 saat ini yang tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, perlu melakukan berbagai kegiatan yang bersifat positif seperti berolahraga, berkebun, memasak dan lain sebagainya. Karena melakukan aktivitas fisik, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi ras khawatir dan memperbaiki mood anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi. Dengan begini imunitas tubuh tetap terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit. Stay safe and healty 🙂

Share your thoughts