softlens

Softlens Untuk Pemula yang Aman dan Nyaman

Bagi sebagian orang yang memiliki mata minus terkadang merasa terganggu dengan penggunaan kacamata, terlebih lagi saat ingin menggunakan makeup dan bulu mata palsu. Oleh karena itu, sebagian orang memilih menggunakan softlens atau lensa kontak, karena selain sebagai alat bantu penglihatan juga dapat menunjang penampilan penggunanya. Namun perlu kamu ketahui juga cara memilih softlens yang aman dan nyaman, khususnya untuk pemula. Karena jika salah memilih akan berdampak buruk untuk mata. Lantas bagaimana cara memilihnya ? Yuk simak penjelasan berikut!

Cara Memilih Softlens untuk Pemula

1. Sesuaikan Minus

Untuk kamu yang memiliki mata minus, sebaiknya sesuaikan minus pada softlens dengan minus pada mata. Namun, jika tidak mengetahui kondisi terbaru mata kamu yang perlu kamu lakukan adalah memeriksakan minus ke dokter mata. Karena kalau minus tidak sesuai menyebabkan pusing dan tidak nyaman, sehingga dapat mengganggu aktivitas harianmu.

2. Diameter

softlens

Ukuran bola mata setiap orang berbeda-beda, begitu pula dengan lensa kontak. Diameter yang berbeda bertujuan untuk memberikan referensi bagi penggunanya. Namun, diameter juga dapat mempengaruhi kenyamanan penggunanya. Untuk itu perlu menyesuaikan diameter softlens dengan ukuran bola mata atau setidaknya mendekati. Misalnya untuk pemula sebaiknya gunakan diameter yang berukuran standar atau 14 milimeter.

3. Base Curve

softlens

Base curve merupakan ukuran kelengkungan softlens. Pada umumnya base curve berukuran 8,6 hingga 9,00 milimeter. Semakin kecil ukuran base curve, maka semakin ketat saat digunakan. Namun, jika base curve terlalu longgar juga tidak baik. Untuk itu pilihlah base curve yang sesuai agar nyaman saat digunakan.

4. Warna

blank

Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan softlens, sebaiknya gunakanlah yang bening. Namun, jika ingin menggunakan yang berwarna, pilihlah warna dan motif yang natural, seperti warna coklat, hitam atau abu-abu. Meskipun natural, penggunaan warna tersebut dapat menunjang penampilanmu.

5. Memiliki Izin

blank

Softlens atau lensa kontak tergolong ke dalam alat kesehatan. Menurut Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 106 ayat 1, bahwa setiap alat kesehatan atau produk farmasi harus memiliki izin edar. Untuk itu pendistribusiannya juga perlu terdaftar di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, seperti softlens Ageha yang sudah memiliki izin Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sehingga sudah dipastikan aman dan nyaman untuk digunakan.

softlens

Beli di sini

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa cara memilih softlens yang aman dan nyaman untuk pemula. Untuk kesehatan mata pastinya jangan coba-coba ya, agar kesehatan matamu tetap terjaga.

 

Share your thoughts