kadaluarsa makeup

Ups Bahaya ! Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Makeup mu

Kadaluarsa makeup seringkali dianggap sepele. Bahkan sebagian wanita tidak peduli dengan kadaluarsa makeup mereka. Setiap item makeup mempunyai masa pakai berbeda dan tanda kadaluarsa yang berbeda pula.

Terkadang jika salah satu makeup yang jarang digunakan seperti eyeshadow akan terbengkalai begitu saja, giliran ingin waktunya dipakai eh kadaluarsanya sudah lewat. Eits, jangan dipaksakan memakai eyeshadow yang sudah kadaluarsa itu ya! Karena menggunakan makeup yang sudah terlewat kadaluarsanya bisa berbahaya lho, alih alih merawat malah menjadi merusak.

Ini Pertanda Bahwa Makeupmu Kadaluarsa

1. Lipstik

kadaluarsa makeup

Wanita emang suka banget mengoleksi lipstik, dengan alasan warna yang dipunya hanya itu itu saja. Nah kebiasaan seperti ini bikin lipstik-lipstik tersebut hanya menumpuk tidak terawat dan tidak diperhatikan tanggal kadaluarsanya. Masa pakai lipstik adalah selama 2 tahun. Lipstik yang sudah kadaluarsa akan terlihat berbeda saat dipakai, dari aroma dan tekstur tidak lagi sama. Lipstik yang sudah kadaluarsa akan terasa kesat dan tidak mudah diaplikasikan ke bibir. Lipstik mengandung minyak akan berbau seiring berjalannya waktu. Eitss tapi jangan keburu dibuang!

Lipstik yang kadaluarsa ini masih bisa dimanfaatkan lho ladies. Manfaatkan warna warna lipstikmu menjadi tinted lip balm. Tenang saja, ini tidak akan berbahaya untuk bibir kamu kok, malah kamu akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus yaitu melembabkan bibir dan membertikan warna cerah alami. Caranya gampang banget ! cukup campurkan lipstik dengan petroleum jelly dan coconut oil. Lalu, biarkan sampai mengering, jadi deh lip balm baru.

2. Maskara

kosmetik kadaluarsa

Selanjutnya adalah maskara. Masa pakai maskara hanya 2-3 bulan. Maskara yang kadaluarsa akan terasa keras, menggumpal dan terkadang berbau aneh. Pemakaian maskara yang buka tutup menyebabkan menjadi sarang bakteri yang mengumpul seiring berjalannya waktu. Tidak heran jika kamu sering mengeluhkan mata iritasi, memerah, bahkan bintitan boleh jadi maskara mu yang sudah kadaluarsa. Segera di cek ya ladies!

Maskara yang sudah kadaluarsa ini tetap bisa kamu memanfaatkan brush nya lho. Cuci bersih terlebih dahulu, lalu brush dari maskara bisa kamu gunakan untuk merapikan alis dan merapikan gumpalan di bulu mata.

3. Foundation, Concealer

makeup

Umumnya masa pakai fondation atau concealer hanya 6 bulan dari pertama kali dibuka. Karena  umumnya bahan dasarnya berupa air, hal ini menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Produk yang sudah kadaluarsa komponen cairannya akan terpisah dan warnanya akan memudar, terkadang akan memunculkan bau tak sedap.

Jika sering ditutup karena jarang digunakan foundation atau concealer mempunyai masa pakai yang lebih lama yakni, 1 tahun. Simpanlah pada tempat yang kering jauh dari lembab dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

4. Bedak, Eyeshadow Padat

eyeshadow

Bedak dan segala macam produk kecantikan yang padat akan berubah tekstur nya menjadi kering dan menjadi serbuk kasar ketika kadaluarsa. Masa pakainya tidak lebih dari 2 tahun. Untuk eyeshadow masa pakainya hanya kurang dari satu tahun. Bedak yang sudah kadaluarsa jangan mencoba untuk tetap digunakan ya ladies karena akan membuat kulitmu berjerawat dan iritasi.

Sedangkan eyeshadow yang sudah kadaluarsa bisa tetap kamu manfaatkan menjadi kutek. Campurkan eyeshadow dengan top coat taruh di wadah untuk mencampurkannya. Kamu bisa mengkreasikan berbagai warna eyeshadow menjadi warna kutek yang cantik.

5. Kutek

kutek kadaluarsa

Jika kamu menjadi salah satu orang yang berpikir bahwa kutek tidak mempunyai tanggal kadaluarsa berarti kamu salah besar! Siapa bilang kutek tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Kutek mempunyai masa pakai yakni 1-2 tahun. Jika cairan kutek sudah menggumpal, dan cairan nya telah terpisah tidak tercampur lagi setelah dikocok atau diaduk itu menjadi tanda bahwa kutekmu sudah kadaluarsa. Memakai kutek yang sudah kadaluarsa akan merusak kukumu bahkan dapat membuat kukumu iriasi. Tapi kutek yang sudah kadaluarsa bukan berarti sudah tidak bisa dimanfaatkan. Kamu bisa memakainya untuk cat lukis.

6. Kuas Makeup

brush makeup

Saat bulu-bulu sudah mulai kusut dan tidak beraturan, rontok atau bentuknya berubah. Kuas makeup akan bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Namun tetap perhatikan kebersihannya. Cucilah kuas 2 minggu sekali, atau kamu juga bisa gunakan brush sanitizer khusus yang bisa kamu gunakan setiap kali sesudah memakainya. Letakkan kuas bulu-bulunya menghadap keatas agar tidak berubah bentuk.

Bahaya Pakai Makeup Kadaluarsa

1. Muncul Jerawat

Muncul Jerawat adalah bahaya yang paling mudah ditemui. Bakteri serta kandungan yang ada dalam produk makeup bisa beresiko untuk kulit wajahmu. Misalnya saat memakai foundation yang sudah kadaluarsa. Foundation yang sudah kadaluarsa akan menggumpal, dan pada saat digunakan tidak akan menyatu dengan baik dengan kulit wajahmu dan akan mengumpul pada lapisa teratas di kulit wajahmu. Alhasil minyak yang ada pada produk kecantikan yang sudah kadaluarsa ini akan menyumbar pori kulit wajahmu sehingga akan menimbulkan jerawat. Maka dari itu jangan gunakan produk kecantikan yang sudah kadaluarsa ya ladies!

2. Masalah Mata

Jika kamu menggunakan produk kecantikan yang sudah kadaluarsa itu akan menimbulkan masalah di area matamu. Ini disebabkan karena penumpukan bakteri yang ada disekitar kelopak mata atau bulu matamu. Yang nantinya akan membuat matamu perih, berair memerah, bahkan bisa menimbulkan bisul atau jerawat di area mata kamu lho ladies!

3. Iritasi Kulit

Resiko dari penggunaan produk kecantikan kadaluarsa adalah iritasi kulit. Kandungan bakteri yang tinggi pada produk kadaluarsa akan berbahaya untuk kulit wajahmu. Sebabnya kulitmu akan muncul bintik-bintik merah dan kulit wajah akan mengelupas. Wah repot juga ya kalau sampai terjadi, maka dari itu ladies jangan malas untuk selalu cek makeupmu.

4. Pembengkakan Bibir

Apakah kamu sudah bisa membayangkan bagaimana kalau bibirmu bengkak ? Ngeri kan ? Nah bahaya lainnya dari menggunakan produk yang kadaluarsa adalah timbulnya masalah pada bibir kamu.  Bibir akan terasa kasar, sangat kering, pecah-pecah dan membengkak jika kamu menggunakan lipstik yang kadaluarsa. Oleh karena itu, selalu perhatikan produk produk makeup yang kamu pakai ya.

Kesimpulan :

Punya banyak makeup  seringkali bikin perempuan malas untuk merawat dan memperhatikan  tanggal kadaluarsanya. Hal ini sangat beresiko untuk kulit wajahmu jika kamu memaksakan untuk memakai makeup yang kadaluarsa itu. Alih-alih  ingin menjadi cantik malah bikin kulit wajah rusak. Oleh karena itu ladies, biasakan teliti dalam merawat dan menggunakan makeup kalian ya.

Share your thoughts