fungsi ceramide pada produk skincare

Ketahui Yuk Fungsi Ceramide Yang Ada Pada Produk Skincare

Fungsi Ceramide Pada Produk Skincare – Salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah dengan menggunakan skincare. Komponen ceramide pada ingredient produk perawatan kulit pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu pengguna skincare. Ceramide dianggap menawarkan beberapa keuntungan untuk kecantikan, itu adalah salah satu senyawa yang paling sering digunakan dalam produk perawatan kulit. 

Apa Itu Ceramide?

Ceramide adalah lipid yang membentuk sekitar 50% lapisan kulit terluar untuk membentuk penghalang kulit alami. Ceramide pada dasarnya memiliki fungsi untuk menyatukan sel-sel kulit kita untuk menjaga skin barrier  kita tetap utuh dan sehat. Kulit secara alami mengandung ceramide. Namun, kamu juga bisa mendapatkan ceramide dari sumber lain lho. Misalnya pada makanan nabati, bahkan kamu bisa mendapatkannya dari produk perawatan kulit. Biasanya ceramides hadir dalam produk perawatan kulit dalam bentuk toner, pencuci muka, serum, dan pelembab. Sebagian besar ceramide yang ditemukan dalam produk perawatan kulit adalah sintetis. 

Fungsi Dan Manfaat Ceramide Pada Produk Skincare

Ceramide pada skincare memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Ceramide membantu membentuk lapisan kulit terluar untuk mencegah dan melindungi kelembapan kulit. Oleh karena itu, kulit menjadi kencang, lembap, dan fleksibel. Ceramide juga membantu melindungi tubuh dari racun, bakteri dari lingkungan. Selain itu, ceramide juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kulit. 

Fungsi Ceramide Pada Produk Skincare (Menjaga Kelembapan Kulit)

fungsi ceramide pada produk skincare

Agar kulit tampak cantik, muda, dan bercahaya, menghidrasi kulit sangat penting. Ceramide ini memiliki fungsi untuk menjaga kadar air kulit, membuatnya tetap lembab sepanjang hari. Oleh karena jangan kamu anggap remeh ceramide ini yaa. 

Fungsi Ceramide Pada Produk Skincare (Mengurangi Efek Penuaan)

fungsi ceramide pada produk skincare

Saat bertambah usia kondisi kulit kamu akan mengalami penurunan. Dimulai dari produksi kolagen alami yang mulai menurun, kemudian akan mengakibatkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan diwajah. Kemampuan ceramide untuk menahan air dapat membantu menghentikan hilangnya kelembapan kulit, serta meminimalkan munculnya kerutan dan garis-garis halus pada kulit. Ceramide juga meningkatkan produksi keratinosit, yang membuat keratin. Sehingga meremajakan skin barrier dan mengurangi tanda penuaan. 

Fungsi Ceramide Pada Produk Skincare (Menjaga Skin Barrier Dari Kerusakan)

fungsi ceramide pada produk skincare

Proses penuaan, eksfoliasi yang berlebihan, dan faktor lainnya dapat menyebabkan lapisan skin barrier menipis atau menghilang. Pengelupasan kulit dan kekeringan adalah salah satu dampak dari rusaknya skin barrier. Tapi tidak perlu khawatir, karena lapisan skin barrier kamu dapat dikembalikan ke keadaan semula dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide.  

Fungsi Ceramide Pada Produk Skincare (Melindungi Dari Paparan Sinar UV)

Paparan sinar matahari dalam jangka panjang dapat membahayakan kulit. membuat pigmentasi kulit, kerutan, dan garis halus lebih jelas. Hal ini dapat kamu atasi dengan menggunakan pelembab dan tabir surya yang mengandung ceramide yang dapat memberikan perlindungan UV terbaik bagi kulit. Produk perawatan kulit yang mengandung ceramide juga menghidrasi kulit lebih efektif, mendukung pembaruan sel yang sehat, dan melawan hiperpigmentasi dan kemerahan. 

Kesimpulan

Ceramide sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit dan membatasi masuknya patogen ke dalam tubuh. Kadar ceramide dalam tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia kamu. Oleh karena itu kamu harus selalu menjaga kadar ceramide pada kulit. Dengan menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide atau mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga kadar ceramide pada kulit. 

Share your thoughts