komedo putih

Komedo Putih Muncul Di Wajah, Ketahui Penyebabnya!

Komedo putih atau disebut dengan “Whitehead” adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak dan bakteri terperangkap di  dalam pori-pori. Folikel-folikel rambut juga ikut terperangkap, sehingga disebut juga dengan komedo tertutup.

Komedo sendiri adalah jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, komedo bisa muncul dibagian tubuh manapun, namun umumnya di hidung, dagu, dan kening (atau yang disebut dengan “Zona T”). Komedo terkadang tampak menyerupai jerawat pasir.

Siapapun bisa berpeluang memiliki komedo putih, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Meskipun pada masa remaja tidak pernah mengalami masalah pada kulit, tetapi setiap orang tetap bisa berpotensi memiliki masalah itu ketika dewasa , tergantung pola hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Faktor-Faktor Penyebabnya

Kira-kira apa sih yang menjadi penyebab komedo putih muncul di hidung dan area wajah lainnya ? Yuk simak berikut ini!!

1. Produksi Minyak Berlebih

Ketika wajah memproduksi minyak berlebih, entah karena faktor hormonal ataupun tidak, ini akan membuat kotoran semakin mudah menempel dan dapat menyumbat pori-pori. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya komedo putih pada wajah. Tipsnya, gunakan pembersih wajah yang di formulasikan khusus untuk kulit berminyak, batasi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak minum air putih.

2. Gaya Hidup Buruk

Memiliki gaya hidup yang tidak sehat dapat berpengaruh terhadap munculnya komedo. Misalnya jam tidur yang tidak teratur dan malas menjaga kebersihan badan serta lingkungan. Selain itu, komedo putih juga dapat dipicu dari makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, dan kurangnya asupan air setiap harinya.

Nah, untuk itu aturlah waktu tidur serta perbanyak konsumsi buah dan sayur. Penuhi juga kebutuhan air setiap harinya, minimal 8 gelas untuk menjaga kelembapan pada kulit dan mencegah tumbuhnya masalah tersebut.

3. Penggunaan Makeup Terlalu Sering

Terlalu sering mengaplikasikan makeup ternyata dapat meningkatkan potensi munculnya komedo putih pada wajah. Menggunakan makeup yang berlebihan dapat menganggu kebebasan kulit untuk bernafas dan dapat menyumbat pori-pori. Alhasil, komedo putih akan lebih mudah tumbuh di wajah.

4. Cuaca Buruk

Polusi, debu, dan terpapar sinar matahari juga memberikan pengaruh negatif pada kulit. Seperti munculnya komedo putih di sekitar area hidung. Umumnya, orang-orang yang tinggal di daerah dengan cuaca yang panas akan lebih rentan memiliki masalah komedo. Pasalnya, cuaca yang panas, biasanya diikuti dengan polusi dan debu yang merupakan musuh bagi kulit.

5. Sering Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat tidak hanya dapat meninggalkan bekas, tetapi juga memicu timbulnya komedo putih pada wajah. Hal ini dikarenakan folikel pada kulit tersebut bisa saja pecah saat kamu memencet jerawat. Akibatnya, muncullah komedo itu.

6. Penggunaan Produk Pembersih Wajah Yang Kurang Tepat

Sebaiknya kamu menghindari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam pembersih wajah seperti isopropyl myristate dan propylene glycol yang justru memicu timbulnya komedo pada wajah. Jadi, pilihlah produk pembersih wajah yang mampu membersihkan wajah hingga ke pori-pori untuk meminimalisir munculnya komedo.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab tumbuhnya komedo putih pada area wajah. Jadi, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah yah, dear!

 

 

 

Share your thoughts