kopi

Kopi Untuk Keramas Jadi Tren di TikTok, Yuk Intip Manfaatnya!

Kopi merupakan minuman hasil seduhan dari biji kopi yang saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Cita rasanya yang khas membuat minuman ini disukai banyak orang. Kandungan kafein yang ada di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan fokus, membuat mata terjaga dan bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Nah, belakangan ini tengah ramai penggunaan kopi bubuk yang dicampur dengan shampoo untuk keramas. Namun, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai tren hair care tersebut sebaiknya ketahui terlebih dahulu manfaat kopi untuk kesehatan rambut. Yuk intip!

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut

1. Mengurangi Rambut Rontok

kopi

Kandungan kafein pada kopi dapat merangsang pertumbuhan dan mengurangi kerontokan rambut. Oleh karena itu, perlu mengaplikasikan formulasi kafein pada rambut dan kulit kepala secara teratur. Sehingga dapat menurunkan risiko rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

kopi

Matriks rambut adalah bagian penting dari struktur folikel rambut. Matriks menghasilkan keratin yang merupakan protein utama pertumbuhan rambut. Sel matriks dalam pertumbuhan rambut yang sehat dapat membelah diri setiap 39 jam. Kandungan kafein di dalam kopi mampu merangsang sel-sel matriks untuk membelah diri, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, kafein sendiri merupakan stimulan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut yang dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan lebuh kuat. Antioksidan dalam kopi juga dapat membantu mempertahankan kelembapan, mencegah hilangnya air trans epidermis, dan merangsang produksi sel rambut yang sehat.

3. Membuat Rambut Sehat Berkilau

kopi

Kandungan flavonoid dalam kopi merupakan antioksidan yang berperan mendorong regenerasi rambut. Selain itu, juga dapat membuat batang rambut menjadi lebih halus, menghasilkan rambut yang lembut, mudah terurai, mempertahankan kelembapan pada rambut, dan membantu menutrisi sampai akar rambut. Sehingga membuat rambut tampak sehat dan berkilau.

4. Menggelapkan Warna Rambut

Untuk mengatasi warna rambut yang tampak memudar, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan kopi. Caranya cukup mudah yaitu mengoleskannya pada rambut yang warnanya sudah memudar, warna rambut yang memudar tersebut lama kelamaan akan menjadi gelap kembali. Karena warnanya yang gelap dapat berfungsi sebagai pewarna rambut alami.

5. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Kopi dapat digunakan sebagai masker untuk menjadi solusi apabila rambut terasa kotor dan berminyak. Karena dapat berfungsi untuk membersihkan secara mendalam sekaligus dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga kulit kepala maupun rambut menjadi bersih dan segar.

6. Menyeimbangkan pH Rambut

Menurut penelitian, rambut dan kulit kepala secara alami bersifat asam. Untuk mengukur keasaman suatu zat menggunakan skala pH, semakin rendah nilai pH maka semakin asam suatu zat. Jika nilai pH di bawah 7,0 bersifat asam, sedangkan pH di atas 7.0 bersifat basa. Serat rambut memiliki pH 3,67 dan kulit kepala memiliki pH 5,5. Apabila menggunakan produk rambut yang memiliki pH lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Oleh karena itu, kamu dapat mengoleskan kopi ke rambut secara teratur. Karena dengan mengoleskannya secara teratur dapat membantu menyeimbangkan pH rambut dan kulit kepala, sehingga dapat menurunkan risiko kerusakan pada rambut.

Apakah Aman Mencampur Kopi dan Shampoo ?

Sebenarnya mengenai tren hair care tersebut tidak ada salahnya, karena kopi memiliki pH yang bersifat asam, sehingga dapat menjaga keseimbangan pH kulit kepala. Namun, perlu kamu ketahui penggunaan kopi yang dicampur dengan shampoo tidak boleh terlalu sering. Karena terlalu sering menggunakannya, membuat kulit kepala akan tereksfoliasi secara terus menerus yang menimbulkan mikrotrauma, iritasi dan kulit kepala menjadi lebih sensitif.

Kesimpulan

Nah, sesuai penjelasan di atas, kopi memilik beberapapa manfaat untuk kesehatan rambut. Akan tetapi, kopi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut jika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, batasi jumlah pemakaiannya dan hentikan penggunaan apabila terjadi reaksi iritasi serta periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share your thoughts