Manfaat keratin untuk rambut

Catat Yuk! Manfaat Keratin, Membantu Rambut agar Lebih Kuat dan Sehat

Keratin memiliki berbagai manfaat bagi rambut kita. Keratin adalah protein pelindung yang terdapat di rambut, kulit, dan kuku. Sebanyak 90% susunan rambut kita sebenarnya terdiri dari keratin lho!  

Keratin ada di dalam bulu, tanduk, dan wol hewan. Protein ini bisa menjadi kandungan kosmetik rambut. Ini karena kemampuannya dalam membantu memperkuat rambut dan membuatnya terlihat lebih sehat.  

Apa itu Keratin? 

Manfaat Keratin untuk Rambut

Tahukah kamu bahwa keratin membentuk struktur alami rambut? Fungsi keratin adalah untuk mengatur kekuatan dan kesehatan rambut.  

Di samping itu, keratin mampu membentuk perisai di sekitar rambut sehingga ketika kita mengoptimalkannya, rambut akan menjadi lebih kuat dan sehat.  

Dengan keratin, rambut kamu akan menjadi lebih lembut, halus, dan berkilau. Bahkan keratin mampu melindungi rambut terlepas dari jenis tekstur dan bentuk rambut kamu lho!

Berkat fungsi dan manfaatnya, keratin iklaim sebagai bahan perawatan yang paling optimal dalam menguatkan rambut. Kandungan ini dianggap menghasilkan tampilan sehat dan berkilau.  

Keratin pada umumnya digunakan sebagai bahan perawatan di salon. Namun, belakangan ini banyak brand mulai meluncurkan produk kemasan untuk perawatan rambut keratin untuk dilakukan mandiri di rumah.  

Produk ini terdiri dari shampoo, conditioner, hair cream, serum, dan produk perawatan rambut lain yang mengandung keratin. Manfaat yang ditawarkan umumnya adalah sebagai produk yang dapat melindungi, memperbaiki, dan memperkuat rambut yang rusak akibat aktivitas dan stress sehari-hari.  

Produk mengandung keratin bisa membantu rambut supaya lebih mudah ditata. Ini karena beberapa produk dengan keratin berfungsi sebagai perawatan smoothing ala salon dan bertahan dalam beberapa waktu sampai rambut dicuci kembali. Sebab itu, kamu sekarang bisa melakukan perawatan keratin sendiri di rumah. 

 Manfaat Keratin untuk Rambut 

Manfaat produk mengandung keratin

Apa saja manfaat keratin untuk rambut? Yuk simak daftar di bawah ini!

  1. Memperkuat rambut

Perawatan keratin bisa memperkuat rambut kamu dan mengurangi kerusakan. Ini karena perlindungan dari keratin bekerja dengan menggantikan keratin yang hilang dari batang rambut kamu.  

Keratin bisa membantu rambut kamu untuk tumbuh lebih kuat dan memberi tampilan yang tebal, sehat, dan lembut sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi mengalami kerusakan dan kerontokan.  

  1. Rambut jadi lebih halus

Keratin berfungsi untuk memperhalus sel-sel di tempat tumbuhnya rambut (folikel) supaya tidak mudah kusut. Oleh karena itu, perawatan keratin cocok untuk kamu yang sering mengalami rambut kusut, terutama rambut yang panjang dan bergelombang atau keriting.  

Melalui perawatan keratin, kamu tidak perlu khawatir lagi. Ini karena kamu bisa dengan mudah mengatasi rambut kusut serta rambut bercabang yang mengkhawatirkan.  

  1. Menjaga kelembapan kulit kepala

Rambut yang sering terpapar faktor lingkungan, seperti polusi, sinar matahari, bahan kimia, dan debu bisa lebih rentan patah dan rusak loh! Terlebih bagi kamu yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan. 

Hal ini karena faktor-faktor tersebut menyerap kelembapan dari rambut kamu. Selain itu, keratin di rambut kamu jadi berkurang sehingga membuatnya terlihat kusam dan kering.  

Melalui perawatan keratin, kamu bisa mengembalikan keratin yang hilang dari rambut kamu lho! Dengan begitu, kelembapan rambut kamu akan terjaga lebih lama.  

  1. Rambut berkilau

Perawatan keratin identik sebagai produk untuk rambut berkilau.  Salah satu alasan utama mengapa orang melakukan perawatan keratin adalah untuk mendapatkan rambut mulus dan berkilau khas salon.

Keratin adalah protein dalam rambut yang mampu menjaga tekstur rambut kamu agar tetap berkilau. Saat rambut Anda kehabisan keratin, rambut cenderung menjadi kusam dan rusak. Jadi alasan utama di balik mendapatkan perawatan keratin untuk rambut Anda adalah untuk mengembalikan kilau yang berkilau. 

Sifatnya yang melembutkan membuat rambut lebih mudah diatur. Manfaat tersebut akan sangat terasa pada rambut yang keriting dan tebal.  

  1. Mencegah rambut rontok

Keratin mampu meminimalisir kerontokan rambut sehingga rambut kamu bisa tumbuh dengan lebih cepat. Akar dan batang rambut jadi lebih kuat dari sebelumnya. 

Gunakan keratin saat keramas agar rambut kamu tidak rapuh ketika disisir saat rambut mulai kering.  

Kesimpulan  

Manfaat perawatan keratin untuk rambut

Keratin adalah kandungan yang memiliki banyak manfaat untuk rambut yang lebih sehat. Melalui perawatan keratin, rambut kamu bisa jadi lebih halus dan kuat. 

Berbagai produk perawatan rambut kini banyak tersedia di supermarket dan marketplace daring. Karena itulah, mulai saat ini kamu sudah bisa mencoba perawatan keratin di rumah dengan harga yang lebih terjangkau dari pada perawatan di salon.  

Share your thoughts