wajah glowing

Perawatan Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Bisa Dicoba!

Selain jerawat, pemilik jenis kulit berminyak juga sering mengeluhkan pori-pori wajah yang tampak besar. Penyebabnya pun beragam, bisa karena faktor genetik atau penumpukan debu di kelenjar kulit. Untuk dapat mengecilkan pori-pori, beberapa cewek memilih dengan menutupi menggunakan make up yang tebal. Padahal, make up justru membuat pori-pori di wajah tersumbat dan membuatnya jadi makin terlihat.

Agar pori-pori di wajah tidak menganggu penampilanmu, sebaiknya kamu mulai melakukan perawatan yang benar. Berikut perawatan wajah yang bisa kamu lakukan, yuk simak girlss!

Perawatan Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

1. Menghapus make up sebelum tidur

mengecilkan pori-pori wajah

Meski terkesan sepele, wajib hukumnya untuk menghapus make up sebelum tidur. Karena, make up yang masih menempel bisa menyebabkan bakteri dan minyak menumpuk pada pori-pori. Selain itu, bahan kimia yang terkandung dalam make up juga berpotensi menimbulkan gejala alergi dan peradangan. Maka dari itu bersihkan dahulu make up di wajah sebelum tidur.

2. Gunakan serum

serum untuk mengecilkan pori-pori

Kalau kulitmu sedikit berjerawat, gunakan serum yang mengandung Retinol atau Retinyl Palmitate. Sebab, kandungan tersebut bisa membantu memaksimalkan regenerasi sel kulit wajah. Jika lapisan kulit mati sudah dibersihkan dan terangkat, lapisan kulit baru akan membuat pori-pori di wajah tampak lebih kecil.

3. Rutin menggunakan clay mask 

tips mengecilkan pori-pori

Mengecilkan pori-pori juga bisa kamu atasi dengan rutin menggunakan clay mask. Selain mampu mengangkat kotoran dan debu, clay mask juga bisa menyerap minyak yang menyumbat pori-pori. Nutrisi dari masker berbahan dasar clay ini dapat diserap oleh kulit saat mengaplikasinnya ke wajah. Jadi, saat kamu memakai masker ini tidak boleh mendiamkannya sampai kering, karna bisa membuat kulitmu jadi kering juga.

4. Eksfoliasi kulit wajah

exfoliating untuk mengecilkan pori-pori

Cara mengecilkan pori-pori di wajah dengan melakukan eksfoliasi. Lakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub yang lembut, karena scrub bermanik-manik cenderung terlalu agresif pada kulit dan dapat menyebabkan kerusakan pori-pori wajah bahkan bisa menyebabkan peradangan.

5. Gunakan sunscreen setiap hari

tips mengecilkan pori-pori yang besar

Memakai tabir surya atau sunscreen juga bisa menjadi salah satu caranya. Paparan sinar UV dapat memecah dan merusak kolagen di kulit, termasuk kolagen yang melindungi dinding pori-pori. Dengan kata lain, paparan UV dapat menyebabkan pori-pori membesar. Maka penggunaan tabir surya atau sunscreen dengan spektrum luas SPF 30 atau lebih adalah langkah yang penting dilakukan dalam rutinitas perawatan kulit kamu.

6. Lakukan chemical peeling

treatmen mengecilkan pori

Mungkin sesekali kamu harus mencoba melakukan perawatan chemical peeling di klinik kecantikan yang terpercaya. Meski menggunakan bahan kimia, namun metode ini aman digunakan untuk merawat pori-porimu yang besar. Cara kerjanya pun bervariasi, tergantung jenis bahan kimia yang digunakan. Selain untuk mengatasi masalah tersebut di wajah, perawatan chemical peeling bisa juga untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat.  Jika kamu melakukan perawatan ini secara bertahap dan berkelanjutan akan membuat kulit wajah kamu jadi lebih muda dan sehat.

Kesimpulan

Tidak sulit bukan untuk mengecilkan pori-pori di wajah yang tampak besar ? Jika kamu menginginkan wajah yang halus, yuk mulai merawat dari sekarang dear. Masukkan beberapa perawatan diatas dalam rutinitas skincare harianmu. Tidak harus mahal, pilih saja produk atau perawatan yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Share your thoughts