warna bibir gelap

Penyebab Bibir Kamu Tampak Lebih Gelap Dan Solusinya

Warna bibir gelap tidak sekedar karena penggunaan kosmetik yang salah, namun banyak sebab akibat yang bisa jadi  selama ini dikarenakan oleh kebiasaan sepele. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan bibir berwarna gelap, apalagi untuk kaum hawa hal ini menjadi masalah serius.

Karena untuk mereka hal tersebut mengurangi poin penampilan hingga rasa percaya diri. Bibir merona alami memang menjadi impian banyak orang. Namun tahukah Anda apa sebab bibir menjadi berwarna gelap ? Yuk simak lebih lanjut

Penyebab Bibir Berwarna Gelap

Jika Anda merasa sudah melakukan perawatan tapi tidak berhasil, boleh jadi kebiasaan sepele yang membuat bibir Anda menghitam sebagai berikut :

Tidak membersihkan sisa lipstik dengan sempurna

Malas membersihkan sisa lipstik setelah seharian beraktifitas menjadi salah satu penyebab besar bibir menghitam. Bahan kimia yang terkandung pada lipstik dapat mengubah pigmen bibir menjadi gelap.

Kandungan pada lipstik

Sebelum memutuskan untuk memilih lipstik yang ingin Anda beli perhatikan baik-baik kandungan nya. Karena memungkinkan untuk beberapa orang alergi dengan salah satu kandungan kimia yang ada. Sebaiknya Anda menghindari lipstik yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara.

Kulit bibir relatif sensitif pada bahan kimia yang tidak cocok, apalagi digunakan pada jangka waktu yang lama dapat membuat warna bibir menghitam.

Perawatan yang tidak tepat

Merasa bibir sudah dirawat namun tidak berhasil, bisa jadi perawatan yang Anda lakukan tidak tepat. Kulit bibir sangat sensitif, dan mudah kering. Efeknya kulit bibir menjadi pecah-pecah dan dapat menimbulkan luka. Pada saat seperti itu tidak sedikit orang yang gatal untuk mengelupas kulit kering, dan menjilat atau bahkan menggigit bibir agar tidak kering. Cara itu justru membuat lapisan kulit pelindung menjadi lebih rusak, dan pigment berubah menjadi gelap. Anda dapat menggunakan madu saat dirumah, dan selalu sedia lip balm saat bepergian.

Terpapar sinar UV

Sama seperti anggota tubuh lainnya, bibir juga memerlukan perlindungan ekstra dan perawatan yang sebanding. Saat beraktifitas di luar ruangan paparan sinar matahari berpengaruh pada kesehatan kulit bibir lho. Gunakanlah lipbalm yang mengandung SPF. Hal ini sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit bibir Anda.

Merokok

Kebiasaan merokok memang tidak baik dilakukan banyak orang. Kandungan nikotin dan benzyprene dalam rokok tembakau dapat mendorong produksi melanin di dalam kulit. Ini yang mengakibatkan bibir menjadi kering dan lebih gelap.

Selain itu, merokok jug memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

Terlalu sering mengkonsumsi kafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat mengubah warna bibir menjadi lebih gelap. Kafein memiliki sifat diuretik, dimana penderitanya akan mengalami sering buang air kecil.

Dan terlalu sering buang air kecil mengakibatkan Anda mengalami dehidrasi. Karena cairan tubuh terus keluar melalui urin, maka meyebabkan bibir pecah-pecah, tidak sehat, pucat, dan lebih gelap.

Keturunan biologis

Tidak hanya faktor-faktor di atas yang bisa bikin bibir menghitam, jika keluarga Anda cenderung memiliki warna kulit bibir yang gelap, kemungkinan besar keturunannya akan memiliki warna bibir yang gelap juga.

Solusi Mencerahkan Bibir Secara Alami

Bibir yang sehat adalah bibir yang mempunyai warna cerah alami. Selain pertanda mempunyai kesehatan yang baik, bibir cerah juga menambah pesona wajah seseorang, terutama untuk kaum wanita.

Jika Anda memiliki bibir yang gelap, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk membuatnya menjadi cerah kembali.

Jeruk nipis

jeruki nipis

Jeruk nipis ini memiliki sifat antimelanin, dimana antimelanin ini dapat membantu menghambat proses perubahan warna pada bibir sehingga membuat bibir tampak lebih cerah.

Caranya cukup mudah, hanya mencampurkan ke dalam mangkuk 1,5 sdt jeruk nipis cair, 1 sdt madu dan 1 sdt gliserin. Setelah tercampur, oleskan secara rutin pada bibir sebelum tidur, lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih

Minyak zaitun

minyak zaitun untuk bibir gelap

Tidak asing lagi bahwa minyak zaitun mempunyai kaya manfaat yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya untuk bahan kosmetik. Kandungan dari minyak zaitun yang memiliki lemak tak jenuh yang tinggi, asam oleik dan polifenol. Menggunakan minyak zaitun mampu menjadi solusi masalah bibirmu.

Caranya, campurkan minyak zaitun dengan sebanyak satu sendok teh, lalu oleskan pada bibir yang sudah bersih, diamkan hingga beberapa menit, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

Madu

madu untuk kulit bibir hitam

Madu memiliki kandungan seperti  vitamin B, vitamin C, kalsium, natrium, zat besi, fosfor, kalium, glukosa, magnesium serta folat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.. kandungan glukosa dan fruktosa dapat merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. Hal ini mampu mencerahkan warna kulit bibi Anda secara alami. Campurkan madu dengan gula, gosokkan perlahan agar sel kulit mati terangkat.

Pasta gigi

pasta gigi unutk bibir hitam

Selain mengandung agen abrasif untuk membersihkan kotoran gigi, pasta gigi juga mengandung flouride dan mint yang mampu memerahkan warna bibir. Namun jika digunakan dalam jangka waktu yang lama akan membuat bibir kering dan pecah-pecah karena pasta gigi mengandung detergen (sodium sulfat). Oleh karena itu jangan menggunakan pasta gigi terlalu sering untuk memerahkan bibir ya.

Es batu

es batu

Sifat dingin yang ada pada es batu akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan yang besar akan membuat bibir nampak merah.  Cukup rutin mengoleskan es batu di area bibirmu, maka bibirmu akan cerah alami.

Susu

susu untuk bibir gelap

Siapa bilang susu hanya sebuah minuman ? ternyata susu juga mempunyai manfaat lain lho. Dengan kandungan asam laktat susu mampu memudarkan noda hitam di bibir. Dengan rutin mengoleskan susu murni pada bibir, bibir gelap Anda akan cerah kembali.

Buah Delima

buah delima untuk bibir gelap

Dengan kandungan Polifenol nya, buah delima mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai pengangkat radikal bebas. Untuk mencerahkan bibir dengan buah delima, blender buah delima lalu oleskan pada bibir Anda.

Alpukat

alpukat

Mempunyai lebih dari 25 nutrisi, alpukat adalah salah satu buah yang sangat berperan penting bagi tubuh. Antioksidan dan vitamin sangat baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu alpukat juga termasuk salah satu solusi bibir gelap Anda. Untuk membuat bibir cerah alami dengan alpukat caranya cukup mudah. Pertama, haluskan alpukat secukupnya. Kedua, oleskan adonan tersebut ke permukaan bibir. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Rekomendasi Lipstik Untuk Bibir Hitam Anda

pixy lip cream

Beli Disini 

Produk Lip Cream dari Pixy ini bisa menjadi solusi yang tepatunutk Anda yang masih bingung dalam memilih warna lipstik untuk daily activity Anda. Gak perlu khawatir lagi dengan bibir gelap, warna warna natural akan lebih cocok untuk menutupi bibir gelap dan tidak terkesan berlebihan

Kesimpulan :

Ternyata tidak hanya kulit tubuh yang memerlukan perhatian tetapi kulit bibir juga perlu dirawat. Banyak sekali sebab akibat bibir menghitam, dari mulai pemakaian lipstik yang tidak memperhatikan kandungan nya, hingga kebiasaan sepele yang selama ini tidak kita sadari dapat mengakibatkan kulit bibir menjadi gelap.

Untuk kaum wanita cukup mudah untuk menutupi bibir gelap dengan menggunakan lipstik. Namun daripada menutupi nya alangkah lebih baik untuk mengubah bibir yang menghitam menjadi cerah secara alami bukan ? setelah berhasil membuat bibir cerah alami, jangan lupa untuk dirawat ya!

Share your thoughts