Tips Merawat Rambut di Rumah, Anti Ribet

Tips Merawat Rambut di Rumah – Rambut kusut, bercabang dan kering memang bikin kesel. Apalagi rambut sebagai mahkota perempuan. Merawat rambut jadi salah satu kebiasaan yang harus dilakukan untuk mencegah rambut semakin rusak.  

Namun terkadang ada perasaan malas karena harus pergi ke salon hanya untuk melakukan perawatan rambut. Kini merawat rambut tak perlu repot-repot ke salon. Selain menghabiskan uang, perawatan rambut di salon juga memakan banyak waktu. 

Kamu bisa loh merawat rambut di rumah tanpa repot dan ribet. Bisa sambil rebahan bahkan melakukan pekerjaan rumah lainnya.  

Di artikel ini, Florent Beauty bagikan tips merawat rambut di rumah.  

Pakai Masker Rambut

Kamu bisa secara rutin menggunakan masker rambut. Tak perlu mengeluarkan uang banyak, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker rambut. Misalnya, menggunakan masker lidah buaya yang ada di teras rumah. Selain lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan masker alami dari buah alpukat.  

Caranya, kamu bisa mengambil daging dari lidah buaya dan alpukat. Kemudian oleskan ke seluruh rambut sampai ujung akar. Lakukan seperti saat sedang keramas.  

Kamu bisa melakukan perawatan rambut menggunakan bahan alami ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Masker rambut dari bahan alami akan membuat rambut semakin kuat dan tidak mudah rontok.  

Vitamin Rambut

Setelah menggunakan masker rambut dari bahan alami, kamu juga perlu mengaplikasikan vitamin rambut. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk membantu mengurangi atau mencegah kerontokkan rambut.  

Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

tips merawat rambut

Memilih sampo untuk rambut juga perlu diperhatikan. Sampo yang tidak cocok dengan permasalahan rambut justru bisa semakin merusak rambut. Pilihlah sampo dengan jenis rambut. 

Misalnya, rambut kasar sebaiknya menggunakan sampo yang dapat melembutkan dan mengurangi kusut. Kemudian, untuk rambut berminyak, sebaiknya menggunakan sampo lembut khusus keramas sehari-hari.  

Perlu diperhatikan untuk rambut berwarna, pilih sampo yang kuat dengan asam ekstrak dan asam amino. Untuk rambut kering, perlu sampo yang mengandung gilserin dan kolagen yang membuat rambut tetap lembap.

Waktu Mencuci Rambut

Jangan terlalu sering mencuci rambut atau keramas, namun jangan sampai lupa untuk keramas. Lebih baik, keramas dengan sampo selama dua hari sekali.  

Sebab, jika terlalu sering keramas akan menjadikan rambut rusak, kering, bahkan menghilangkan minyak alami yang ada di rambut.  

Stop Menggosok Rambut Pakai Handuk

tips merawat rambut

Setelah keramas, kebiasaan yang sering dilakukan adalah mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan cara menggosoknya. Stop! Sebaiknya kebiasaan itu jangan dilakukan lagi. Rambut basah sehabis keramas akan lebih rentan mengalami kerusakan.  

Maka dari itu, sebaiknya jangan menggosok rambut dengan handuk atau menyisirnya. Lebih baik biarkan rambut kering dengan sendirinya. Hal ini untuk mencegah rambut menjadi mudah patah dan rontok yang berlebihan.  

Kesimpulan

Nah, itulah tips merawat rambut di rumah tanpa perlu repot-repot ke salon. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan alami dan memilih sampo yang sesuai dengan permasalahan rambutmu. Tak hanya itu, kamu perlu menghentikan kebiasaan buruk seperti mengeringkan rambut menggunakan handuk.  

Bagaimana? Tips dari Florent Beauty sangat mudah untuk diaplikasikan sehari-hari kan?  

Share your thoughts