Yoghurt Sebagai Masker Wajah Dan Manfaatnya Untuk Kecantikan

Fermentasi susu segar atau yang sering kita sebut dengan nama yoghurt ini punya banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit wajah. Tak hanya bagus untuk pencernaan, yoghurt juga bisa digunakan sebagai masker wajah dan tentunya sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit. Kandungan nutrisi dalam masker yoghurt baik untuk membantu proses peremajaan kulit.

Dalam masker yoghurt, ada kandungan Zinc, Kalsium, Vitamin B, dan Asam Laktat. Kombinasi nutrisi ini sudah lengkap untuk melakukan regenerasi kulit, menyembuhkan jerawat, hingga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Dan Cara Buat Masker Wajah Alami Dari Yoghurt

1. Melembapkan kulit wajah

yoghurt

Yoghurt mempunyai kandungan Lactic Acid yang bisa membantu melembabkan kulit yang lelah, kusam, dan hilangnya vitalitas. Cara membuat masker ini pun sangat mudah sekali, siapkan yoghurt plain lalu aplikasikan merata ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas lah dengan air hangat. Gunakan masker ini 5x dalam seminggu.

2. Mencerahkan kulit wajah

yoghurt

Yoghurt dengan campuran bumbu rempah, yaitu kunyit. Adanya Asam Laktat di dalam yoghurt juga bisa menghambat produksi enzim yang disebut dengan Tyrosinase. Enzim ini bertugas memproduksi melanin yang menyebabkan penggelapan pada kulit. Sedangkan kunyit mempunyai komponen bioaktif yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Cara membuat masker dengan campuran kunyit :

  1. Siapkan bubuk kunyit 1 sendok makan dan yoghurt plain secukupnya, campurkan keduanya pada mangkok.
  2. Aduk hingga merata, dan oleskan ke wajah.
  3. Diamkan 15-20 menit.
  4. Bilas dengan air hangat.

3. Mencegah penuaan dini

yoghurt

Banyak perempuan diluar sana yang menginginkan tetap awet muda dan kencang pada kulitnya. Hal ini bisa kamu atasi dengan menggunakan yoghurt. Ada kandungan Antioksidan yang ampuh untuk mencegah radikal bebas perusak kulit. Di dalamnya pun juga terdapat kandungan Asam Laktat yang berfungsi mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

Cara membuat maskernya cukup aplikasikan saja ke wajah selama 15 menit, lalu bilas lah dengan air hangat. Gunakan masker ini 2-3x seminggu.

4. Mengatasi bruntusan, flek hitam dan juga bekas jerawat

Kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan membuat campuran masker dari yoghurt dan madu. Kandungan Zinc yang ada di dalamnya dipercaya bisa membantu menghilangkan bruntusan, bekas luka atau bekas jerawat yang membandel, dan mencegah timbulnya flek hitam. Sedangkan pada madu mempunyai kandungan antioksidan yang bisa membantu membersihkan wajah dan meratakan warna kulit.

Cara membuat masker campuran yoghurt dan madu :

  1. Siapkan 2 sendok makan yoghurt dan juga 1 sendok makan madu, masukkan keduanya ke dalam mangkok.
  2. Aduk hingga merata, lalu oleskan pada wajah.
  3. Diamkan selama 15-25 menit (tergantung kondisi wajah, jika memiliki bruntusan yang banyak maka 25 menit dan jika kondisi wajah hanya ada bekas jerawat dan flek hitam maka 15 menit cukup).
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Gunakan masker ini 3-4 kali dalam seminggu secara rutin.

5. Membantu mengangkat sel kulit mati

Kamu juga bisa membuat campuran masker alami ini dengan bahan dapur yaitu garam. Manfaat lain dari Asam Laktat dan Lactad Acid dalam yoghurt sebagai eksfoliator alami, yang bisa mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit yang lebih baik tentunya lebih sehat. Sedangkan garam mengandung Mineral yang sangat dibutuhkan wajah. Campuran keduanya ini bisa kamu gunakan juga sebagai scrub wajah. Cara membuat scrub wajah pun cukup mudah, berikut caranya :

  1. Siapkan yoghurt 2 sendok makan dan garam 1/2 sendok makan, campurkan keduanya.
  2. Aduk rata dan tunggu sampai 10 menit.
  3. Lalu gosok dan pijat wajah secara perlahan agar sel kulit mati terangkat.
  4. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Kesimpulan

Nahh itu beberapa manfaat dari yoghurt sebagai campuran masker untuk merawat kulit wajah secara alami. Kamu bisa manfaatkan waktu luangmu di masa pandemi seperti ini untuk tetap menjaga dan merawat wajah dengan baik.

Selamat mencoba 🙂

Share your thoughts