Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

Kulit wajah kamu masih bermasalah padahal sudah rajin menggunakan skincare? Bisa saja itu ciri-ciri skin barrier kamu rusak, kamu perlu waspada yaa.. 

Fungsi Skin Barrier Bagi Kulit

Skin barrier atau lapisan pelindung paling luar pada kulit ini berfungsi untuk menjaga kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti polusi, kotoran, sinar matahari dan lainnya.  Artinya, masalah kulit akan bermunculan jika skin barrier kamu bermasalah.  

Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak 

Skin barrier memiiki fungsi yang sangat penting bagi kulit kamu. Oleh karena itu, kamu harus waspada dengan beberapa tanda skin barrier bermasalah. Berikut ini ciri-ciri skin barrier rusak yang wajib kamu tahu : 

Peradangan kulit

Warna kulit kemerahan adalah ciri paling mudah dikenali dalam kasus rusaknya skin barrier. Iritasi pada kulit sendiri biasanya karena penggunaan skincare seperti acids, retinol, vitamin C, dan butiran scrub.

ciri-ciri skin barrier rusak

Kulit gatal

Kulit kamu terasa gatal? Kamu perlu waspada, karena kulit yang gatal juga merupakan ciri-ciri skin barrier yang bermasalah. Penyebabnya adalah karena menipisnya skin barrier kita sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalam kulit.  

ciri-ciri skin barrier rusak

Kulit kusam dan kering

Skin barrier yang rusak tidak mampu melakukan regenerasi sel kulit seperti biasanya karena kadar kelembapan alami pada kulit yang menurun. Akibatnya kulit kalian akan kering, kusam, dan bersisik. 

ciri-ciri skin barrier rusak

Hiperpigmentasi

Ciri-ciri yang satu ini sekilas terlihat seperti bekas luka bakar, tapi itu bukan luka bakar yaa. Hiperpigmentasi ini disebabkan karena sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sehingga memunculkan melasma atau bercak gelap di area wajah, biasanya di daerah pipi atau dahi. 

ciri-ciri skin barrier rusak

Proses Regenerasi Kulit yang Lambat

Melemahnya pelindung kulit alami ditandai dengan proses regenerasi kulit yang lebih lama, karena kurang maksimal pelindung kulit melakukan tugasnya. Misalnya luka ringan di kulit yang harusnya bisa sembuh dalam waktu sebentar bisa membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. 

Kesimpulan

Kulit adalah bagian tubuh terpenting yang perlu kamu lindungi. Saat kulit kamu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda seperti yang sudah dijelaskan diatas. Ada baiknya kamu lebih memperhatikan kesehatan kulitmu yaa.  

Baca Juga :

Share your thoughts